Cara Cek Imei HP Vivo Melalui Kardus, Pengaturan dan Dial

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Imei ini merupakan identitas sebuah perangkat yang ada pada ponsel. Deretan nomor unik ini menjadi kode untuk menjadi ciri bahwa sebuah ponsel merupakan produk asli bikinan pabrik.

Lantas bagaimana cara cek Imei HP Vivo? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan caranya secara lengkap.

Apa Itu Imei HP Vivo?

Jadi, Imei HP Vivo adalah merupakan kependekan dari International Mobile Quipment Identity. Dan nomor Imei Vivo ini terdiri dari 15 digit. Yang dihasilkan dari Type Allocation Code oleh Global System for Mobile Associatiation.

Dan semua perangkat HP, komputer, Tablet, yang berbasis Subscriber Identification Module pasti ada memiliki IMEI-nya.

Dan sayang banget kan kalau kamu beli HP mahal-mahal eh malah nomor Imei nya tidak terdaftar kan itu rugi bisa jadi kamu membeli HP yang ilegal atau bajakan kan ngeri juga ya?

Fungsi Imei HP Vivo

Nah, sebelum beranjak ke cara cek Imei HP Vivo alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu apa sih fungsi dari Imei HP Vivo ini. dan berikut beberapa fungsi dari nomor Imei, diantaranya adalah:

Setiap HP Vivo yang di produksi di negara asalnya dan diimpor ke Indonesia, seharusnya punya nomor Imei yang sah. Dan ini menandakan HP Vivo yang masuk ke Indonesia secara resmi jadi statusnya legal.

HP Vivo yang masuk via black market mungkin saja memiliki nomor IMEI hanya saja nomornya belum tentu terdaftar di Kementrian Perindustrian RI dan di pastikan itu merupakan barang selundupan.

2. Memastikan HP Vivo Bisa Pakai Jaringan di Indonesia

Selanjutnya HP Vivo yang masuk ke Indonesia via jalur resmi akan dapat nomor IMEI dan sudah pasti bisa menggunakan berbagai layanan operator seluler yang ada di Indonesia. Dan sedangkan HP Vivo yang tidak memiliki nomor IMEI tidak menerima sinyal dari layanan operator kita.

Dan peraturan ini sesuai dengan Mentri Komunikasi dan Informatika nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Alat dan Perangkat Telekomunikasi yang tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler Identifikasi IMEI.

3. Identifikasi Unit HP Vivo

Fungsi selanjutnya dari kode IMEI ini adalah HP Vivo yang satu dengan yang lain sudah berbeda, walaupun tipenya sama dan varian warnanya juga sama persis. Untuk menandakan bahwa tiap unit HP unik dan berbeda dari unit yang lain, maka digunakanlah nomor IMEI.

Cara Cek IMEI HP Vivo

Nah, sekarang mari kita bahas inti dari pembahasan kita kali ini yaitu cara cek IMEI HP Vivo. Dan ternyata cara cek IMEI HP Vivo ini ada cukup banyak dan untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

1. Cara Cek IMEI HP Vivo Lewat Kardus Kemasan

Nah, untuk cara cek IMEI HP Vivo paling mudah kamu bisa mengecek di bagian kardus kemasan HP Vivo jika kamu menyimpan boks kemasan HP Vivo kamu kamu bisa cek bagian belakang yang ada barcode.

Di salah satu barcode pasti ada nomor IMEI HP dual SIM maka akan ada dua IMEI sedangkan yang single maka hanya terdapat satu IMEI saja.

2. Cara Cek IMEI HP Vivo Melalui Pengaturan

Dan untuk cara cek IMEI HP Vivo selanjutnya selain dari kemasan kamu juga bisa cek melalui pengaturan, dan berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bsia mauk ke pengaturan atau settings
  • Selanjutnya kamu scrol dan temukan sub menu pengaturan lain atau “Other Settings”
  • Setelah itu, kamu bisa klik sub menu tentang ponsel atau About Phone
  • Di sini maka akan muncul nomor IMEI di layar

3. Cara Cek IMEi HP Vivo lewat Kode Dial Up

Cara selanjutnya kamu bisa cara cek IMEI HP Vivo menggunakan kode dial up dan berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa buka menu telepon
  • Selanjutnya kamu bisa ketik kode *#06#
  • Kemudian klik simbol telepon atau call
  • Dan tunggu sebentar saja dan nomor IMEI akan muncul di layar HP kamu

Dan untuk HP Vivo dengan fitur dual SIM, maka info yang keluar berupa dua nomor IMEI sekaligus yaitu IMEI 1 dan IMEI 2 sedangkan untuk HP Vivo dengan satu kartu maka yang keluar hanya satu IMEI saja.

4. Cara Cek IMEI HP Vivo di Situs Kemenprin

Cara cek IMEI HP Vivo juga bisa dilakukan di situs resmi Kemenprin untuk memastikan HP kamu telah terdaftar atau enggak, begini caranya:

  • Langkah pertama kamu bisa masuk ke laman kemenprin di browser
  • Masukkan nomor IMEI HP Vivo
  • IMEI yang terdaftar akan muncul info lengkap HP
  • IMEI yang tidak terdaftar akan muncul notifikasi “Nomor IMEI Tidak Terdaftar”

5. Cara Cek IMEI HP Vivo di Situs IMEI.info

  • Masuk ke laman IMEI.info
  • Masukkan nomor IMEI HP Vivo
  • IMEI yang terdaptar akan muncul info lengkap HP
  • IMEI yang enggak terdaftar akan muncul notifikasi “Nomor IMEI tidak terdaftar”

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Cek IMEI HP Vivo

Dimana letak IMEI HP Vivo?

Jika lihat secara fisik IMEI HP Vivo hanya bisa kamu lihat di kemasan HP Vivo.

Apa saja situ cek IMEI online?

Kamu bisa mengecek keaslian IMEI di Imei.kemenprin.go.id atau di situs IMEI.info

Bagaimana jika IMEI tidak terdaftar?

Maka HP tidak bisa melakukan atau menerima panggilan, terhubung ke internet operator dan layanan lainnya meski sudah membeli kartu SIM.

Artikel Menarik Lainnya: