Cara Cek No NPWP Melalui Website, Aplikasi DJP dan Kantor

Cara Cek No NPWP Melalui Website, Aplikasi DJP dan Kantor

Cara Cek No NPWP kamu dapat melakukannya dengan berbagai cara tentunya dengan cara-cara yang begitu mudah dan praktis.

Jika kamu orang yang berpenghasilan wajib pajak sudah tidak angsing lagi dengan NPWP karena penghasilan dengan ketentuan tersebut wajib membayar pajaknya, lalu bagaimana jika lupa nomor NPWP yang kamu miliki, tenang saja kami Media Mustakim akan membahasnya dalam artikel kali ini.

Fungsi Mengecek No NPWP

Karena Fungsi NPWP merupakan suatu kewajiban untuk setiap orang yang berpenghasilan nya dengan jumlah lebih dari 54.000.000 pertahun penghasilannya wajib dikenakan pajak, lalu bagaimana dengan orang yang sudah memiliki NPWP namun penghasilannya kurang dari nominal tersebut.

Tidak semua orang yang memiliki NPWP penghasilannya dikenakn pajak, sehingga mungkin saja apakah NPWP kamu yang dimiliki masih aktif atau tidak, NPWP bisa saja di nonaktifkan jika NPWP dinilai memenuhi syarat untuk di non aktifkan. Atau bisa saja orang Wajib Pajak meminta me non aktifkannya karena dengan alasan tertentu.

Oleh karena itu ada kalanya kamu harus tau apa sih fungsinya meng cek nomor NPWP ? dengan tahu cara meng cek nomor NPWP kamu akan mengetahui apakah NPWP kamu masih aktif atau bahkan tidak. Dengan begitu jika NPWP masih aktif pasti penghasilan kamu memenuhi persyaratan penghasilan kena pajak.

Syarat Cek No NPWP

Karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam meng cek Nomor NPWP tentu saja kamu harus memperhatikan syarat-syaratnya. Syarat yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan pengecekan nomor NPWP. Untuk syarat-syaratnya dapat diperhatikan dalam poin-poin yang kami tulis berikut di bawah ini;

  • Syarat Pertama siapakan KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang kamu miliki
  • Siapakan HP atau komputer serta data Internet jika ingin melakukan pengeekan secara online
  • Kemudian Ketahui website resmi atau aplikasi resmi yang ingin kamu gunakan dalam meng cek Nomor NPWP jika ingin melakukan pengecekan secara oline
  • Jika pengecekan ingin dilakukan secara offline atau telpon maka amu harus mengetahui nomor layanan kantor ditjen Pajak

Cara Cek No NPWP dengan Mudah

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan jika ingin meng cek NPWP yang kamu miliki mash aktif atau tidaknya, Dalam pengecekan NPWP ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, Namun jika kamu lupa nomor NPWP yang kamu miliki serta email yang didaftarkan kamu dapat meng ceknya dengan menggunakan NIK KTP dan nomor Kartu Keluarga.

langsung saja untuk cara-caranya, kamu dapat memperhatikan pada poin-poin yang kami tulis berikut di bawah ini.

1. Cara Cek No NPWP Melalui Website

Dalam melakukan pengecekan NPWP melalui website maka kamu harus mempersiapkan HP/ Komputer serta kuota internet. Berikut merupakan cara meng cek NPWP yang kamu miliki dengan menggunakan NIK KTP dan nomor KK. Untuk caranya dapat diperhatikan dalam langkah-langkah berikut di bawah ini;

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengunjungi website resmi ditjen pajak yaitu ” ereg.pajak.co.id ”
  • Setelah masuk ke website maka langkah selanjutnya yaitu kamu akan diminta memasukan nommor NPWP, untuk memasukan nomor NPWP maka gunakan NIK KTP dan No Kartu Keluarga (KK) yang kamu miliki.
  • Kemudian sistem penelususan akan menemukan data NPWP yang kamu miliki
  • Jika Identits NPWP tidak ditemukan, seperti nama Nomor NPWP dan sebagainya atau tidak muncul apapun sama sekali dapat dipastikan NPWP yang kamu miliki sudah tidak aktif.

Jika kamu kamu mengetahui nomor NPWP namun ingin meng cekt status NPWP nya dapat diperhatikan pada langkah-langkah berikut dalam website resmi ereg.pajak.co.id DJP.

  • Buka web ereg.co.id pada komputer atau hp yang kamu miliki
  • kemudian Login dengan memasukan nmor NPWP atau menggunakan email serta pasword nya selain itu jika kamu belum memiliki akun maka dapat daftar terlebih dahulu
  • Jika sudah memasukan nomor NPWP atau email yang di daftarkan dan pasword nya sudah benar, tetapi tidak ada data identitas sama sekali maka no NPWP kamu sudah tidak aktif.

2. Cara Cek No NPWP Menggunakan Aplikasi DJP

Cara selanjutnya yaitu meng cek nomor NPWP deng menggunakan Aplikasi DJP, untuk caranya dapat diperhatikan dalam langkah-langkah berikut di bawah ini;

  • Langkah pertama yaitu buka aplikasi DJP yang kamu milliki atau kamu dapat mendownloadnya dari googgle playstore dan menginstalnya.
  • Setelah apliasi terbuka maka kamu masuk dengan memasukan nomor NPWP dan kata sandi yang telah di daftarkan
  • Setelah itu maka akan muncul identitas-identias NPWP yang kamu miliki
  • Jika tidak muncul maka NPWP yang kamu miliki sudah tidak aktif atau bahkan belum aktif

3. Cara Cek No NPWP di Kantor Pelayanan Pajak

Tentunya dalam pengecekan di kantor pelayanan pajak akan lebih efektif karena segala ssuatu yang ingin kamu tanyakan atau ajukan akan dapat dilaksanakan. Selain itu dalam pengecekan NPWP kamu dapat menelpon nya pada nomor resmi kantor pelayanan pajak yang ada di daerah kamu.

Jika kamu ingin melakukan pengecekan nomor NPWP yang kamu miliki tentunya kamu harus menyeiapkan dokumen data yang sama dengan yang telah didaftarkan sebelumnya dalam pembuatan NPWP itu sendiri yaitu seperti KTP dan KK.

FAQ | Seputar Cara Cek No NPWP

Berikut dibawah ini merupakan pertanyaan seputar Cara Cek Nomor NPWP.

Apakah nomor NPWP yang sudah tidak aktif dapat diaktifkan lagi ?

Untuk NPWP yang sudah tidak aktif dengan status NPWP non aktif sementara maka NPWP tersebut dapat diaktifkan kembali tetapi jika NPWP dengan status DE atau pernah meminta penghapusan nomor NPWP maka NPWP trsebut tidak dapat di aktifkan lagi.

Apakah orang yang pernah meminta penghapusan NPWP dapat membuat NPWP yang baru ?

Jika orang yang pernah meminta penghapusan nomor NPWP, namun dikemudian hari orang tersebut berpenghasilan wajib dikenakan pajak maka orang tersebut dapat mengajukan atau membuat NPWP yang baru.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: