Cara Cetak Rekening Koran BRI Online Dan Offline (Mudah)

Cara Cetak Rekening Koran BRI Online dan Offline (Mudah)

Cara Cetak Rekening Koran BRI Online dan Offline (Mudah)

Rekening koran merupakan salah satu istilah dalam perbankan saat melakukan pencetakan rekening. Namun, perlu diketahui bahwa pencetakan rekening dilakukan tidak sama seperti biasanya.

Ada beberapa ketentuan dan tahapan. Bagi kamu yang belum mengetahui cara cetak rekening koran BRI kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena akan tim Mustakim Media jelaskan secara lengkap caranya.

Syarat Cetak Rekening Koran BRI

Nah, perlu kamu ketahui bahwa rekening koran ini di beberapa waktu bisa di butuhkan sehingga kamu memerlukan cetak rekening koran tersebut. Namun, sebelum melakukan cara cetak rekening koran BRI kamu perlu mempersiapkan persyaratan terlebih dahulu.

Kamu perlu memebawa beberapa persyaratan dokumen sebagai bukti bahwa kamu memang merupakan nasabah dari Bank BRI. lantas apa saja syarat yang perlu di bawa jika ingin melakukan cetak rekening koran BRI? ini penjelasannya:

1. Buku Rekening yang Asli

Nah, untuk syarat yang pertama untuk melakukan cara cetak rekening koran BRI kamu perlu membawa rekening tabungan yang asli untuk melakukan transaksi. Maka syarat untuk melakukan cetak rekening harus milik sendiri.

Sebagai bukti bahwa yang akan melakukan pencetakan adalah pemiliknya asli. Maka, orang yang melakukan pencetakan wajib membawa buku tabungan asli.

2. KTP

KTP adalah tanda pengenal yang sah dan diakui dimana saja dokumen tersebut digunakan. Termasuk saat melakukan cetak rekening koran BRI pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen KTP telah disiapkan dengan baik.

Karena dokumen tersebut menjadi tanda pengenal yang sah. Jika lupa membawa KTP sebaga tanda pengenal maka dokumen lainnya yang bisa dijadikan tanda pengenal seperti paspor atau SIM.

3. Kartu Debit

Untuk lebih meyakinkan bahwa pemilik rekening tersebut adalah sama dengan KTP yang dimiliki. Maka dokumen pendukung lainnya juga akan diminta untuk ditunjukan dan hal ini perlu dilakukan untuk menghindari tindak penipuan.

Oleh karena itu, pastikan kartu debit telah disiapkan dengan baik untuk ditunjukan kepada petugas. Selanjutnya bisa berikan bukti kartu debit tersebut ke CS yang bersangkutan.

4. Biaya Administrasi

Selain menyiapkan berbagai macam dokumen penting di atas jangan lupa untuk menyiapkan biaya administrasi pencetakan rekening koran.

Untuk biayanya sendiri tentunya setiap bank memiliki kebijakan masing-masing dan ketentuan sendiri jadi biayanya akan berbeda-beda. Untuk BRI sendiri biaya cetak rekening koran ini di butuhkan biaya sebesar Rp.5.000,-  per kali pencetakan.

Nah, itulah beberapa syarat yang perlu kamu penuhi untuk bisa melakukan cara cetak rekening koran BRI jadi, pastikan semua syarat telah terpenuhi agar pencetakan rekening koran kamu akan segera di proses.

Cara Cetak Rekening Koran BRI Ke Kantor Cabang

Jadi, rekening koran merupakan lembaran kertas yang berisi ringkasan informasi mengenai debit dan juga kredit dari rekening tertentu. Dan dengan adanya informasi tersebut tentu akan memudahkan dalam melakukan pelacakan data uang masuk atau pun keluar.

Sehingga kegiatan melakukan pencetakan rekening koran sangat bermanfaat tersebut dan akan menggunakannya untuk kebutuhan tertentu. Sehingga tentunya kegiatan mencetak rekening koran sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki rekening tersebut.

Dan beberapa langkah bagaimana cara cetak rekening koran BRI, diantaranya kamu bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Siapkan Buku Tabungan (buku rekening)

Nah, untuk langkah yang pertama dalam melakukan pencetakan rekening koran kamu perlu menyiapkan buku tabungan yang dimiliki. Adanya buku tabungan ini bisa bisa menjadi bukti bahwa orang yang akan melakukan pencetakan rekening adalah pemilik aslinya.

2. Membawa Identitas Diri

Nah, selain membawa buku tabungan untuk cara cetak rekening koran BRI kamu juga perlu membawa identitas diri yaitu Kartu Tanda Penduduk atau pun tanda pengenal lainnya yang sah dan diakui.

3. Menuju Kantor Cabang Bank BRI

Setelah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan dalam melakukan pencetakan. Dan langkah selanjutnya adalah menuju kantor cabang bank terdekat dari tempat tinggal kamu. Selanjutnya kamu bisa mengambil nomor antrian.

4. Menuju Customer Service

Setelah kamu mendapatkan nomor antrian kamu bisa menuju meja CS untuk bisa mendapatkan layanan. Setelah kamu berada di hadapan CS kamu bisa sampaikan apa maksud dan tujuan kamu datang ke sana.

5. Proses Cetak

Setelah CS mendengarkan dan mengetahui apa maksud dan tujuan kamu datang kesana nanti pihak bank akan memproses dan mencetak rekening koran yang kamu minta.

Namun, dalam kondisi tertentu proses pencetakan tersebut membutuhkan waktu beberapa hari sehingga terkadang pihak bank meminta waktu beberapa hari untuk mencetaknya. Namun, jika dalam keadaan memungkinkan maka proses cetak tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Nah, itulah beberapa langkah untuk cara cetak rekening koran BRI melalui kantor cabang terdekat. Selain itu, kamu juga bisa mencetak rekening Bank BRI menggunakan internet banking BRI.

Cara Cetak Rekening Koran BRI Lewat Internet Banking

Bank BRI juga merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia juga melakukan hal yang sama. semua itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada nasabah. Apalagi jika melihat perkembangan internet yang begitu cepat di hampir semua aspek kehidupan.

Untuk informasi kamu juga bisa melakukan pencetakan rekening koran Bank BRI menggunakan internet banking, begini caranya:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah login pada aplikasi atau internet banking yang disediakan oleh BRI
  • Selanjutnya bisa klik menu “Rekening” untuk membuka rekening yang dimiliki
  • Pilih mutasi rekening untuk melihat data mutasi yang telah dilakukan
  • Pilih rekeningmu untuk melanjutkan pencetakan
  • Tentukan periode yang ingin dicetak setelah membuka menu rekeningmu
  • Riwayat transaksi akan muncul secara otomatis lengkap
  • Kemudian klik “Cetak” jika ingin melakukan pencetakan rekening koran BRI
  • Tunggu beberapa saat hingga file yang diinginkan berhasil di download

Itulah beberapa langkah cara cetak rekening koran BRI melalui internet banking atau mobile banking BRI bagaimana cukup mudah bukan? kamu bisa ikuti langkah-langkah di atas.

Fungsi dari Pencetakan Rekening Koran BRI

Nah, berikut beberapa fungsi kenapa perlu melakukan cara cetak rekening koran BRI. ada beberapa fungsi yang perlu kamu ketahui diantaranya:

  • Pertama rekening koran BRI bisa digunakan untuk pengajuan Visa ketika akan melakukan kunjungan ke luar negeri
  • Selanjutnya untuk melacak berbagai macam kegiatan transfer atau kirim pada rekening
  • Pada permasalahan tertentu bahkan cetak rekening koran ini bisa dijadikan barang bukti sebagai informasi yang cukup lengkap dan sangat jelas
  • Tidak hanya itu, fungsi dari cetak rekening koran BRI juga berfungsi untuk salah satu syarat yang harus terpenuhi ketika akan melakukan pinjaman
  • Sebagai persyaratan lelang
  • Untuk melakukan audit keuangan

FAQ | Pertanyaan Seputar Cara Cetak rekening Koran BRI

Ada berapa cara cetak rekening koran BRI?

Jadi, cara cetak rekening koran BRI  ini ada dua cara pertama kamu bisa menggunakan cara offline dengan mengunjungi kantor cabang BRI terdekat dan secara online melalui internet banking atau BRImo.

Apa print buku tabungan BRI bisa dimana saja?

Hanya bisa dilakukan melalui kantor cabang BRI di seluruh Indonesia.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: