Cara Masuk BIOS Laptop Dell Windows 8 dan 10 Pake F2

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagaimana cara masuk BIOS laptop Dell? Agar dapat masuk BIOS di laptop Dell ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, salah satunya yaitu dengan menggunakan tombol F2 dan menggunakan menu setting di laptop Dell yang kalian gunakan.

Kedua cara tersebut cukup efektif digunakan untuk masuk ke BIOS di laptop Dell, tetapi ada cara khusus yang diperlukan jika laptop Dell yang kalian gunakan menggunakan OS Windows 8. Agar kalian lebih memahami, kalian bisa simak penjelasan di bawah ini.

Cara Masuk BIOS Laptop Dell

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan agar bisa masuk ke DIOS di laptop Dell selain OS yang digunakan Windows 8. Berikut Penjelasan lebih rinci dari masing-masing cara masuk BIOS laptop Dell tersebut.

1. Cara Masuk BIOS Laptop Dell Lewat F2

Cara pertama yang bisa kalian lakukan agar dapat masuk ke menu di BIOS di laptop Dell adalah menggunakan tombol Keyboard F2. Cara ini dapat kalian lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah merestart laptop Dell yang kalian gunakan.
  • Setelah proses restart dilakukan dan laptop sedang dalam proses booting, kalian tinggal menekan tombol F2 pada keyboard secara terus menerus hingga masuk ke BIOS.
  • Jika kalian berhasil, kalian akan langsung di bawa masuk ke BIOS. Namun jika tidak, kalian akan di bawa ke layar desktop.

Jika kalian selalu mengalami kegagalan pada proses ini, bisa dipastikan laptop yang kalian gunakan laptop Dell keluaran terbaru, dan biasanya laptop Dell dengan keluaran terbaru memerlukan kombinasi yang berbeda. Kombinasi tombol keyboard yang di perlukan biasanya tombol delete + F10.

Kalian bisa menerapkan penggantian tombol tersebut jika terus mengalami kegagalan dan di rasa laptop Dell yang digunakan merupakan keluaran terbaru. Selain itu jika kalian masih menggunakan Windows 7 ke bawah pada laptop Dell yang digunakan, kalian memerlukan tombol yang berbeda.

Tombol kombinasi yang di perlukan untuk laptop Dell yang menggunakan Windows 7 ke bawah adalah menggunakan kombinasi tombol F4 atau F9. Kalian bisa mencobanya, karena setiap type laptop Dell memiliki kombinasi yang berbeda beda.

2. Cara Masuk BIOS Dell Windows 10

Cara kedua yang bisa kalian gunakan untuk masuk BIOS di laptop Dell adalah menggunakan menu Setting yang ada di laptop Dell kalian. Cara ini hanya dapat kalian gunakan jika laptop Dell yang kalian gunakan sudah menggunakan OS di atas windows 8, yaitu windows 11, windows 10 dan lainnya.

Agar kalian lebih memahami mengenai langkah-langkahnya, mari simak langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah masuk ke menu setting di laptop Dell kalian, yaitu dengan cara klik “Start” lalu klik “Setting” atau kalian bisa tekan tombol windows di keyboard dan klik “Setting”.
  • Setelah masuk ke menu setting, kalian tinggal klik “Update and Security”.
  • Selanjutnya kalian tinggal klik menu “Recovery” yang berada di bagian sisi kiri.
  • Kemudian klik “Restart Now”.
  • Setelah itu kalian tinggal menunggu proses restart selesai dilakukan.
  • Jika proses restart selesai dilakukan maka akan muncul beberapa pilihan, kalian tinggal klik “Troubleshot”.
  • Setelah itu kalian tinggal klik “Advanced Option”.
  • Lalu kalian tinggal klik lagi “UEFI Firmware Setting”.
  • Langkah terakhir yang harus kalian lakukan tinggal klik “Restart Now”.
  • Selanjutnya kalian tinggal menunggu hingga sistem BIOS terbuka dan dapat kalian akses.

3. Cara Masuk BIOS Laptop Dell Windows 8

Jika kalian pengguna Windows 8 di laptop Dell, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut agar dapat masuk BIOS di laptop Dell yang kalian gunakan. Mengapa penjelasan di atas mengkhususkan pada versi ini? itu dikarenakan OS yang satu ini berbeda dengan versi dibawah atau di atasnya.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyalakan laptop Dell yang digunakan.
  • Langkah berikutnya yang harus kalian lakukan adalah menekan kombinasi tombol “Windows + C”.
  • Setelah itu kalian tinggal langsung masuk ke menu “Setting”.
  • Nah setelah masuk menu setting, kalian tinggal klik “Change PC Setting”.
  • Selanjutnya, kalian tinggal klik opsi “General”.
  • Kemudian kalian tinggal klik lagi “Advance Startup”.
  • Langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah klik “Restart Now”.
  • Setelah itu kalian tinggal menunggu proses restart selesai dilakukan dan kalian masuk ke sistem BIOS.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Cara Masuk BIOS Laptop Dell)

Bagaimana Cara Masuk BIOS Laptop Dell?

Agar dapat masuk BIOS di laptop Dell ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, salah satunya yaitu dengan menggunakan tombol F2 dan menggunakan menu setting di laptop Dell yang kalian gunakan.

Apa Kombinasi Tombol untuk Laptop Dell Keluaran Terbaru?

biasanya laptop Dell dengan keluaran terbaru memerlukan kombinasi yang berbeda. Kombinasi tombol keyboard yang di perlukan biasanya tombol delete + F10.

Apa Kombinasi Tombol untuk OS di bawah Windows 7?

Tombol kombinasi yang di perlukan untuk laptop Dell yang menggunakan Windows 7 ke bawah adalah menggunakan kombinasi tombol F4 atau F9.

Bagaimana Cara Menggunakan Kombinasi Tombol untuk Masuk BIOS?

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah merestart laptop Dell yang kalian gunakan.
Setelah proses restart dilakukan dan laptop sedang dalam proses booting, kalian tinggal menekan tombol F2 pada keyboard secara terus menerus hingga masuk ke BIOS.
Jika kalian berhasil, kalian akan langsung di bawa masuk ke BIOS. Namun jika tidak, kalian akan di bawa ke layar desktop.

Artikel Menarik Lainnya: