8 Cara Melihat Jumlah Kata Di Word, Google Doc, WPS

8 Cara Melihat Jumlah Kata di Word, Google Doc, WPS

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagaimana cara melihat jumlah kata di word tanpa menghitungnya satu per satu? Caranya sangat mudah, aplikasi tersebut memiliki fitur word count yang dapat memudahkan penggunanya mengetahui total kata yang telah diketik.

Saat ini aplikasi word cukup beragam mulai dari microsoft office word, google docs, hingga WPS office. Simak cara melihat jumlah kata di Word, Google Docs, hingga WPS office.

Cara Melihat Jumlah Kata Di Word PC, MacOS, Android

Sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan, aplikasi Word memiliki berbagai fitur salah satunya penghitung kata. Bagi kamu yang belum familiar dengan aplikasi ini, kenali cara melihat jumlah kata di word melalui informasi berikut.

1. Cara Melihat Jumlah Kata di Word Windows

Microsoft Office Word paling sering digunakan di perangkat komputer dengan sistem Windows. Berikut ini cara melihat jumlah kata lewat sistem operasi windows.

  • Buka software Microsoft Office Word di perangkat kamu
  • Setelah itu pilih opsi “Review” di bagian menu bar
  • Untuk melihat jumlah kata di word windows, kamu bisa pilih opsi “Word Count” yang terletak di bagian proofing
  • Setelah klik opsi “Word Count” kamu akan melihat total kata yang telah kamu tulis di aplikasi word
  • Word Count juga menampilkan jumlah kata, karakter, halaman, paragraf, hingga baris

2. Cara Melihat Jumlah Kata di Word Mac

Microsoft Office Word tak hanya familiar digunakan di windows, tapi juga dapat digunakan pada sistem Mac. Kalau kamu salah satu penggunanya, pahami cara melihat jumlah kata di word berikut ini.

  • Buka halaman dokumen word di perangkat Macbook
  • Pilih menu recent document atau open other document
  • Setelah itu, pilih menu tools lalu kamu akan menemukan menu dropdown, pilih menu word count pada menu tersebut
  • Setelah itu jumlah kata dari tulisan yang kamu buat akan ditampilkan

3. Cara Melihat Jumlah Kata di Word Android

Aplikasi Microsoft Office Word tak hanya tersedia untuk komputer, kamu bisa menggunakannya melalui handphone. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini di perangkat Android hingga IOS.

Bagi kamu yang menggunakan aplikasi ini di handphone, kenali cara melihat jumlah kata di word pada handphone. Inilah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Akses aplikasi Microsoft Word melalui Android atau iPhone
  • Pilih salah satu file dokumen yang ingin kamu cek jumlah kata-nya
  • Pilih opsi edit (Logo A) setelah itu klik tanda panah atas dan bawah di bagian beranda
  • Cari menu “Tinjau” kemudian pilih menu “Hitungan Kata”
  • Sama seperti melihat jumlah kata di komputer, fitur “hitungan kata” di aplikasi word menampilkan jumlah halaman, kata, hingga karakter

4. Cara Melihat Jumlah Kata di Word Online

Ada juga cara melihat jumlah kata di word versi lebih cepat yakni melihatnya dalam keadaan sedang mengetik. Kamu juga bisa langsung melihat jumlah kata dengan cara klik fitur “word” yang ada di pojok kiri bawah.

Pada menu word sudah terlihat total kata pada tulisan yang telah diketik. Kalau mau lebih lengkap, tinggal klik menu “word” nanti akan ditampilkan informasinya secara detail.

Cara Melihat Jumlah Kata Google Docs

Tak hanya memahami cara melihat jumlah kata di word, kamu juga harus tahu cara mengetahui total kata di Google Docs. Aplikasi pengolah kata cukup beragam, orang-orang sering menggunakan Google Docs sebagai pilihan alternatif.

Bagi kamu yang menggunakan Google Docs di perangkat Android maupun komputer gunakan cara ini untuk mengetahui jumlah kata.

1. Cara Melihat Jumlah Kata di Google Docs Laptop

Untuk memeriksa jumlah kata di Google Docs versi PC kamu harus membuka file-nya terlebih dahulu. Setelah file ditampilkan pilih menu “alat” setelah itu jumlah kata pada dokumen akan ditampilkan.

Kamu juga bisa mengatur opsi untuk menampilkan jumlah kata ketika sedang mengetik. Selain melalui menu “alat” kamu bisa lebih cepat mengetahui jumlah kata Google Docs dengan tekan ctrl+shift+c.

2. Cara Mengetahui Jumlah Kata di Google Docs Hp

Untuk memeriksa jumlah kata pada Google Docs handphone caranya sangat mudah. Pertama-tama buka Google Docs lalu pilih salah satu file yang ingin kamu periksa. Untuk memeriksa jumlah kata pilihlah tanda titik tiga di pojok kanan atas.

Setelah itu, kamu akan melihat opsi “Jumlah Kata” klik opsi tersebut untuk menampilkan total kata dan karakter. Menu Word Count pada Google Docs tidak menampilkan jumlah paragraf maupun baris pada dokumen yang dibuat.

Cara Melihat Jumlah Kata di WPS Office

Selain menggunakan Microsoft Office Word, orang-orang mulai menggunakan aplikasi alternatif seperti WPS Office. Aplikasi tersebut tersedia untuk Android, IOS, MacOS, hingga Windows.

Bagi kamu yang menggunakan WPS Office dan ingin mengetahui cara melihat jumlah kata, simak cara-caranya berikut ini.

1. Cara Melihat Jumlah Kata di WPS Office Windows atau MacOS

Sebenarnya melihat jumlah kata di WPS Office sama saja dengan aplikasi Word. Kamu bisa membuka halaman baru di aplikasi tersebut kemudian cari menu review lalu ke word count.

Selain itu, pengguna bisa langsung mengakses menu “word” di bagian pojok kiri bawah kalau mau lebih cepat mengetahui jumlah kata. Caranya sangat mudah dan pengguna bisa tahu total kata, karakter, paragraf, serta halaman.

2. Cara Melihat Jumlah Kata di WPS Office Android

Untuk pengguna WPS Android, kamu bisa memeriksa jumlah kata dengan sangat mudah. Pertama-tama buka dulu dokumen yang ingin diperiksa. Kamu bisa buka menu “Beranda” setelah itu pilih “Lihat” lalu klik “Jumlah Kata”.

Selain itu, WPS juga menampilkan jumlah kata di bagian bawah dokumen tepatnya pada menu “Teks Lengkap”. Pada menu tersebut, kamu dapat melihat jumlah kata, karakter (dengan spasi/tidak), lalu catatan kaki.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Melihat Jumlah Kata di Word, Google Docs, WPS

Apakah Jumlah Baris dan Paragraf Dapat Diperiksa pada Google Docs dan WPS?

Setelah diperiksa, Google Docs dan WPS Android tidak menampilkan jumlah paragraf maupun baris dari isi dokumen. Sementara itu, kalau membuka WPS versi PC kamu bisa mengetahui jumlah paragraf hingga halaman.

Apa Perbedaan Word, Google Docs, dan WPS?

Semua aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama yakni untuk mengolah kata menjadi dokumen. Hanya saja WPS dan Google Docs tersedia untuk semua sistem operasi sedangkan Word hanya untuk Mac dan Windows saja.

Bagaimana Cara Melihat Sebagian Jumlah Kata di Word?

Caranya sangat mudah, kamu bisa blok tulisan di paragraf tertentu yang ingin kamu lihat. Setelah di blok pilih menu “word” di sebelah kiri nanti akan ditampilkan jumlahnya.

Apakah Melihat Jumlah Kata di Word, Google Docs, dan WPS Dapat Dibantu Situs Tertentu?

Bisa, kamu dapat memeriksa jumlah kata pada dokumen dengan menyalinnya ke situs Word Counter atau pada situs pemeriksaan plagiat.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: