Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar Online

Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar Online

Gambar dibuat dengan Canva

Nah, seperti yang telah kita ketahui bahwa cara pembayaran listrik ini dibagi dua ada listrik prabayar dan listrik pascabayar. Prabayar sendiri listrik yang pembayarannya di awal bulan sedangkan pasca bayar pembayaran di akhir dalam bentuk tagihan.

Lantas bagaimana cara melihat nomor meteran listrik pasca bayar? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana caranya secara lengkap baik secara offline maupun online simak sampai akhir ya!

Apa Itu ID Meteran Listrik Pasca Bayar?

Pelanggan PLN pasti sudah tidak asing lagi dengan nomor ID nomor pelanggan atau ID meteran baik pengguna pasca bayar dan prabayar memiliki nomor ID tersebut.

Jadi ID meteran listrik pasca bayar dan prabayar ini adalah sejumlah nomor yang dimiliki oleh masing-masing pengguna listrik. Dan pihak PLN akan memberi tahu nomor ID di awal saat pemasangan meteran baru. Jadi, setiap pelanggan memiliki nomor berbeda.

Dan nomor tersebut biasanya tertera pada meteran listrik yang terpasang sehingga kamu bisa mengeceknya secara manual saat dibutuhkan. Begitu pulsa saat lupa cara manual pertama yang paling mudah adalah mengecek di meteran.

Manfaat Mengetahui ID Pelanggan PLN

Nah, sebelum beranjak ke pembahasan mengenai cara melihat nomor meteran listrik pasca bayar mari kita simak dulu apa saja manfaat mengetahui ID pelanggan PLN tersebut begini penjelasannya.

Sebagai informasi, ID Pelanggan PLN digunakan untuk melakukan pembayaran listrik. Pada jenis listrik pasca bayar, nomor ini digunakan untuk membayar tagihan setiap bulan sesuai tanggal yang ditentukan.

Sementara, pada listri prabayar ID pelanggan PLN berfungsi untuk membeli token listrik. Oleh sebab itu, kamu perlu mengingat nomor ID pelanggan PLN atau mengeceknya secara berkala.

Pasalnya, nomor ini dibutuhkan hampir setiap bulan untuk melakukan transaksi. Setelah itu, nomor ID pelanggan PLN juga berfungsi untuk mengecek informasi pelanggan PLN. Seperti nama, daya listrik yang terpasang, jumlah kwh dan lain sebagainya.

Kamu juga akan diminta menyebutkan nomor ID pelangan jika melakukan permohonan atau pengaduan ke pihak PLN contohnya seperti pengurangan dan penambahan daya, perbaiki kerusakan, terjadinya error, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana cara melihat nomor meteran listrik pasca bayar ketika kamu mengalami lupa? Begini cara cek nya kamu bisa memilih menggunakan cara offline atau cara online. Dan pilihlah apa yang menurut kamu paling mudah.

Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar

Nah, perlu kamu ketahui ada dua cara untuk cara melihat nomor meteran listrik pasca bayar kamu bisa menggunakan cara offline atau juga cara online, begini penjelasan lengkapnya yaitu:

1. Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar Offline

Bagi kamu yang belum melek digital mungkin merasa sedikit repot untuk mengecek nomor meteran listrik pasca bayar. Namun, tidak perlu bingung kamu masih bisa melakukan cek dengan cara-cara berikut ini.

1.1 Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar Lewat Struk PLN

Nah, setiap pelanggan pastinya memiliki struk pembayaran tagihan pasca bayar maupun pembelian token listrik pasca bayar secara offline. Kamu akan mendapatkan sebuah struk pembelian.

Nah, di struk tersebut itu tertulis dengan jelas informasi pelanggan listrik mulai dari nama serta ID pelanggan/ nomor meteran listrik yang kamu butuhkan.

1.2 Cara Cek Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar Lewat Call Center

Opsi selanjutnya jika menggunakan cara offline untuk cara melihat nomor meteran listrik pasca bayar kamu bisa memanfaatkan call center PLN di 123 untuk mendapatkan nomor meteran secara cepat.

Call center ini tersedia 24 jam setiap hari untuk melayani kebutuhan dan keluhan pelanggan. Akan tetapi, cara ini tidak gratis kamu dikenakan sejumlah pulsa saat menelpon dengan ponsel yang kamu miliki.

Dan besaran biayanya tergantung jenis operator atau provider yang kamu gunakan dan lama waktu menelpon yang kamu gunakan. Jadi, pastikan pulsa mencukupi jika ingin menggunakan cara ini.

2. Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar Secara Online

Nah, jika cara-cara di atas merupakan cara melihat nomor meteran listrik pasca bayar secara offline mari kita bahas bagaimana cara melihat menggunakan cara online. Untuk lebih jelasnya kamu bisa beberapa caranya di bawah ini.

2.1 Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar lewat Aplikasi

PLN juga menyediakan aplikasi PLN Mobile yang memudahkan pelanggan untuk melakukan berbagai transaksi termasuk mengetahui nomor meteran listrik yang lupa, berikut beberapa cara cek ID pelanggan PLN melalui aplikasi, diantaranya:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah unduh aplikasi PLN mobile melalui App Store atau pun melalui play store
  • Kemudian kamu bisa buka aplikasi juga sudah terinstal dan lakukan login dan pendaftaran
  • Jika sudah terdaftar, kamu bisa pilih menu “Pelanggan”
  • Lalu setelah itu kamu bisa cek nomor ID pelanggan kamu
  • Dan selesai

Di aplikasi PLN mobile ini kamu juga bisa melihat informasi terkait listrik yang digunakan, seperti jumlah pemakaian listrik, nama pemilik rekening, dan biaya tagihan listrik lainnya.

2.2 Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Paca Bayar Melalui Website

PLN merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang energi listrik. Sebagai perusahaan penyedia listrik terbesar di Indonesia. Dan kini PLN memiliki laman website yang menjadi acuan informasi.

Dan berikut cara melihat nomor meteran listrik pasca bayar melalui website resmi PLN, berikut caranya:

  • Langkah pertama kamu bisa aktifkan dulu jaringan internet kamu
  • Kemudian kamu bisa buka browser dan ketikan laman https://portal.pln.co.id/
  • Kemudian amu bisa lakukan “Login” dengan akun email dan kata sandi
  • Jika belum punya akun lakukan pendaftaran terlebih dahulu
  • Setelah itu, pilih menu dan cek ID pelanggan PLN dengan nama pemilik meteran
  • Maka akan muncul nomor meteran listrik pasca bayar kamu

2.3 Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar lewat e-Commerce

Jika menggunakan cara ini cukup mudah kamu bisa melakukan pengecekan di bukti pembayaran e-commerce jika kamu pernah melakukan pembayaran listrik melalui e-commerce sebelumnya.

Dan di pembayaran tagihan tersebutlah terdapat nomor meteran listrik Pasaca bayar yang kamu butuhkan jika kamu mengalami lupa.

2.4 Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar di Sosial Media

Terakhir untuk cara melihat nomor meteran listrik pasca bayar secara online kamu bisa memanfaatkan sosial media. dan berikut beberapa langkah cara yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Buka Twitter PLN @pln_123
  • Kemudian kamu sampaikan permohonan cek ID pelanggan bia direct message (DM)
  • Tulisan nama, alamat rumah, dan nomor telepon
  • Sebutkan jenis eperluan nomor ID pelanggan atau nomor meteran listrik pasca bayar
  • Dan tunggu admin membalas permohonan cek ID pelanggan yang kamu ajukan.

FAQ| Pertanyaan Seputar cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar

Dimana letak nomor listrik pasca bayar?

Pada bagian bawah barcode akan ada 11 hingga 12 digit angka dan itulah nomor meteran listrik pasca bayar kamu.

Kenapa nomor meteran listrik pasca bayar tidak ditemukan?

Nomor pelanggan salah, atau tidak sesuai atau PLN tidak terdaftar.

Angka di meteran listrik menunjukan apa?

Jumlah listrik yang digunakan per hari.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: