Cara Mematikan Laptop Lewat Keyboard Windows 10, 11

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Ada beberapa cara mematikan laptop lewat keyboard agar lebih praktis. Selama ini, masih banyak yang belum tahu cara mematikan perangkat dengan keyboard, orang-orang masih sering mematikan perangkat lewat menu start.

Cara-cara yang akan dijelaskan ini bisa kamu gunakan pada laptop ASUS, Lenovo, Acer, Axioo, dll.

Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mematikan Laptop

Kalau laptop tidak nge-freeze sebaiknya matikan laptop sesuai aturan. Kamu bisa memaksa mematikan perangkat lewat tombol power namun tidak boleh dilakukan terlalu sering supaya tidak terjadi kerusakan pada perangkat.

Sebelum paham cara mematikan laptop dengan keyboard, coba perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Harus Tutup Program yang Sedang Berjalan

Sebelum mematikan laptop, pastikan seluruh aplikasi yang tadinya sedang dibuka telah ditutup. Hal ini untuk menghindari permasalahan aplikasi jadi corrupt serta masalah lainnya.

2. Cabut Flashdisk atau CD yang Sedang Terpasang pada Perangkat

Kalau kamu menghubungkan perangkat eksternal pada laptop, lepaskan semuanya sebelum perangkat dimatikan.

3. Pastikan Perangkat Sudah Dimatikan Sebelum Menutup Layar

Sebelum melipat layar laptop, pastikan perangkat sudah dimatikan sempurna.

Dampak Asal-asalan Mematikan Laptop

Jangan mematikan laptop denga asal-asalan kalau tidak terjadi nge-freeze atau hang karena bisa mengakibatkan beberapa masalah.

1. Dapat Menyebabkan RAM Rusak

Dampak yang pertama dapat menyebabkan RAM bersamalah sehingga data bisa hilang atau laptop bisa mengalami black screen.

2. Menyebabkan Prosesor Rusak

Selain menimbulkan pada masalah RAM, mematikan laptop sembarangan bisa menyebabkan prosesor rusak. Oleh sebab itu, kamu harus paham cara mematikan laptop lewat keyboard supaya lebih efisien.

3. Terjadinya Gangguan Registry

Data-data internal di dalam laptop bisa hilang kalau kamu asal mematikan perangkat. Padahal, saat proses shutdown, data di dalam laptop akan di registrasi ulang. Jika memaksa mematikan laptop, proses registry akan terlewat sehingga data tidak tersimpan dengan sempurna.

4. Hard Disk dapat Mengalami Bad Sector

Selain itu, dampak lainnya dapat menyebabkan bad sector pada hard disk. Komponen hard disk bisa mengalami masalah saat memproses data sehingga harus berhati-hati.

Cara Shutdown Laptop Lewat Keyboard

Cara mematikan laptop lewat keyboard sangat mudah, kamu bisa menggunakan beberapa kombinasi tombol keyboard. Berikut ini cara-cara lengkap untuk mematikan perangkat.

1. Tekan ALT+F4+Enter

Tak hanya berfungsi untuk shutdown laptop, tombol kombinasi ALT+4 juga bisa menutup program windows yang sedang berjalan. Kini tidak perlu mengarahkan kursor ke tanda X untuk keluar dari program.

Jika ada beberapa program yang sedang dibuka, tekan tombol ALT+F4 untuk menutupnya. Kalau semua program sudah ditutup, langsung tekan Alt+F4 di bagian desktop. Setelah itu tekan Enter untuk konfirmasi tindakan.

Selain digunakan untuk mematikan laptop lewat keyboard, tombol kombinasi ALT+F4 bisa untuk restart, sleep, sign out, dan masih banyak lagi.

2. Matikan dengan Tombol Windows

Selain menggunakan tombol Alt+F4, kamu juga dapat mematikan laptop dengan bantuan tombol windows. Cara-caranya sangat mudah, kamu bisa menekan tombol windows. Cara-caranya sangat mudah.

  • Tutup semua program yang sedang berjalan
  • Di desktop tekan tombol windows
  • Setelah itu kamu akan melihat ikon “Power”
  • Klik tombol “Power” lalu pilih “Shutdown”
  • Setelah itu, laptop akan mati

3. Gunakan Keyboard Kombinasi Ctrl+Alt+Del

Cara mematikan laptop lewat keyboard lainnya menggunakan tombol Ctrl+Alt+Del. Tombol ini bisa digunakan di seluruh jenis laptop. Kalau kamu menggunakan tombol untuk mematikan laptop pastinya lebih fleksibel.

Untuk mematikan laptop dengan tombol Ctrl+Alt+Del, maka tutup semua jendela aplikasi yang masih terbuka. Setelah itu baru tekan tombol Ctrl+Alt+Del agar laptop mati.

4. Tekan Tombol Kombinasi Windows+X

Cara mematikan laptop lewat keyboard sangat mudah, salah satunya bisa menekan tombol windows+X. Metode ini dapat digunakan pada laptop dengan sistem operasi windows 10.

Setelah menekan tombol kombinasi windows+X, kamu akan melihat opsi shut down atau sign out. Klik tanda panah di bagian opsi tersebut lalu pilih shutdown. Laptop wajib dimatikan setelah digunakan supaya tidak terjadi overheat.

5. Matikan Laptop dengan Menekan Tombol Windows+U

Cara mematikan laptop lewat keyboard yang berikutnya bisa menggunakan tombol windows+U+U. Setelah menekan tombol-tombol tersebut, perangkat akan dimatikan dan bisa dinyalakan lagi dengan menekan tombol power.

6. Matikan Perangkat dengan Windows+R

Berikutnya kamu bisa coba mematikan laptop hanya dengan modal keyboard. Sebelum itu tutup program terlebih dahulu bisa dengan menekan alt+f4. Setelah semua program ditutup tekan tombol windows+R.

Kalau menu “Run” sudah aktif, ketik perintah “shutdown/s” lalu tekan enter setelah itu laptop akan dimatikan. Laptop dapat dinyalakan kembali kalau dibutuhkan untuk bekerja atau belajar.

Cara Mematikan Laptop Hang dengan Keyboard

Cara-cara berikut ini dapat kamu gunakan kalau laptop mengalami hang hingga tidak bisa digunakan sama sekali. Berikut ini cara mematikan laptop lewat keyboard kalau terjadi hang.

1. Tekan Tombol Power

Walaupun dilarang mematikan laptop secara paksa, tapi ini sangat efektif untuk mengatasi nge-freeze pada perangkat. Setelah itu, laptop dapat digunakan lagi dengan nyaman. Biasanya, terjadi hang pada perangkat akibat fan atau kipas rusak, selain itu ada juga kerusakan pada hard disk.

2. Tutup Program Lewat Taskbar

Kalau masih ada program yang sedang berjalan tapi laptop langsung hang, kamu bisa atasi hal itu dengan menutupnya lewat taskbar.

Caranya arahkan kursor pada program kemudian klik program tersebut hingga menampilkan tanda “close windows” kalau sudah tinggal klik opsi tersebut.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Mematikan Laptop Lewat Keyboard

Bagaimana Cara Mematikan Laptop Windows 10, 11 Lewat Keyboard?

Kamu bisa menggunakan tombol Alt+F4 atau Ctrl+Alt+Delete cara tersebut sudah paling mudah untuk shutdown laptop tanpa bantuan mouse atau touchpad.

Bagaimana Cara Mematikan Laptop Lenovo, ASUS, Acer dengan Keyboard?

Kamu dapat mematikannya dengan tombol Alt+F4 atau menekan tombol windows+X. Setelah itu perangkat akan sukses dimatikan.

Apa Saja Tanda Kalau Perangkat Mengalami Kerusakan karena Sering Dimatikan Sembarangan?

Kalau kamu terlalu sering mematikan paksa laptop dengan menekan lama tombol power, biasanya perangkat akan rusak. Hal itu ditandai dengan hang hingga black screen.

Artikel Menarik Lainnya: