Cara Membalikkan Layar Laptop dengan Fitur Rotasi

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara membalikkan layar laptop ini ternyata cukup mudah loh kamu bisa menggunakan beberapa cara bisa menggunakan tombol pintasan, atau menggunakan fitur lainnya dan tentunya cara ini membantu banget jika kamu membutuhkan cara ini karena suatu alasan.

Kamu bisa simak beberapa langkah cara membalikkan layar laptop pada artikel ini secara lengkap dan juga apa alasan perlu membalikkan layar laptop, yuk simak artikel ini sampai selesai untuk menemukan informasi lengkapnya.

Fitur Rotasi di Laptop

Tak banyak yang tahu kalau tampilan layar di komputer atau laptop dapat di bolak balik sesuka hati kamu bisa melakukan hal ini dengan cukup mudah. tidak ribet seperti tutorial yang akan kami bagikan dalam kesempatan kali ini.

Ternyata beberapa laptop ini memiliki fitur rotasi pengaturan tampilan windows loh. Dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk memutar monitor atau menampilkan seluruh gambar ke salah satu dari empat orientasi saat diaktifkan.

Namun, perlu dipahami juga fitur rotasi ini juga mungkin tidak tersedia jika produsen komputer yang kamu gunakan telah menonaktifkan fitur ini sehingga tidak bisa melakukan cara membalikkan layar laptop seperti yang kamu inginkan.

Alasan Membalikkan Layar Laptop

Adanya fitur rotasi atau membalikkan layar pada sistem operasi komputer atau laptop tentu saja memiliki tujuan atau alasan umum kenapa ada fitur ini. dan berikut beberapa alasan utama kenapa perlu cara membalikkan layar laptop, diantaranya adalah:

1. Melihat Gambar dari Perspektif Lain

Banyak gambar yang kadang memberikan banyak perspektif untuk melihatnya. Gambar yang dibuat biasanya ditujukan untuk memberikan makna lain bahwa sudut pandang yang berbeda akan menghasilkan interprestasi yang berbeda.

Contohnya adalah gambar orang yang jika dilihat biasa akan berbeda hasilnya jika gambar tersebut diputar. Biasanya gambar jenis ini adalah ilusi dua wajah. Dan untuk melihat perspektif ini. Kamu tentunya harus memutar gambar 180 derajat tapi tak ada salahnya juga memutar pada tampilan gambar.

2. Iseng Saja

Alasan selanjutnya kamu perlu cara membalikkan layar laptop karena iseng saja tanpa ada alasan yang jelas sekedar di balik layarnya dan diputar balik lagi. selain iseng tentunya alasan lainnya ingin menjahili teman seperti halnya keisengan di HP android.

Tapi saya ingatkan kembali jangan sampai isengnya kamu kelewat batas dan membuat teman kamu marah ya. wajar saja agar tidak ada yang kecewa dan terluka.

3. Ingin Tahu

Selanjutnya alasan paling umum dilakukan orang ketika menemukan hal baru adalah mencobanya dan itu termasuk dengan cara membalikkan layar laptop dimana kamu sangat ingin tahu dan coba-coba untuk melakukannya tanpa ada tujuan atau alasan jelas.

4. Melatih Pergerakan Perbedaan Kursor

Ketika layar diputar, maka pergerakan kursor mouse akan melakukan hal sebaliknya. Ketika layar sudah terbalik. Mouse yang digerakan kanan akan menghasilkan kursor bergerak ke kiri.

Mouse digerakkan ke bawah kursor mouse malah bergerak ke atas dan hal ini sama berlakunya sebaliknya. Dan tujuannya adalah untuk beda arah untuk melatih pergerakan tangan kita siapa tahu nanti ada tes mengharuskan pergerakan dengan arah sebaliknya.

Cara Membalikkan Layar Laptop

Nah, berikut mari kita bahas beberapa cara membalikkan layar laptop dengan berbagai cara atau metode dan berikut beberapa penjelasan lengkapnya.

1. Menggunakan Kombinasi Keyboard

Cara membalikkan layar laptop yang pertama kamu bisa menggunakan kombinasi tombol yang ada di keyboard. Untuk membalikkan layar cukup tekan tombol CTRL+ ALT+Arrow (Tanda arah panah).

Berikut beberapa keterangan yang perlu kamu ketahui untuk cara membalikkan layar laptop, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa klik CTRL+ Alt+ arah bawah, kombinasi ini untuk membalikkan tampilan layar
  • CTRL+Alt+ arah atas ini merupakan kombinasi untuk mengembalikan tampilan layar ke semula
  • CTRL+ Alt + Arah Kiri, kombinasi ini untuk membalik tampilan layar ke kiri sebesar 90*
  • CTRL+Alt ke arahh kanan kombinasi ini untuk membalik tampilan layar ke kanan sebesar 90*

2. Cara Membalikkan Layar Laptop Menggunakan Pengaturan Display Settings

Nah, untuk cara selanjutnya kamu bisa menggunakan cara membalikkan layar laptop dengan pengaturan settings dan ini sangat cocok untuk windows 10, pengaturan membalik layar ada di bagian display settings begini caranya:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah klik kanan di layar utama laptop yang kamu miliki
  • Selanjutnya kamu bisa pilih display setting
  • Dan kemudian pada bagian orientation
  • Ada 4 pilihan yang tersedia dan untuk membalikan layar kamu bisa pilih mode “Landscape (flipped)
  • Dan layar akan terbalik 180 derajat atau terbalik
  • Dan selesai

3. Menggunakan Grafic Option

Selanjutnya untuk cara membalikkan layar laptop kamu bisa menggunakan grafic option. Namun, cara ini hanya berfungsi untuk komputer atau laptop yang menggunakan chipset intel.

Dan umumnya laptop yang memakai prosesor intel dengan grafis terintegrasi dari intel caranya cukup mudah, berikut beberapa langkah cara yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah pastikan laptop kamu dalam keadaan hidup
  • Selanjutnya kamu bisa klik kanan pada layar dan mirip seperti cara sebelumnya
  • Dan kemuian kamu bisa pilih “Grafic Option”
  • Setelah itu kamu bisa pilih “Rotate”
  • Dan pilihlah “Rotate 180 degrees” untuk memutar layar secara terbalik
  • Dan lihatlah layar laptop kamu akan terbalik 180 derajat

4. Menggunakan AMD Catalyst

Berikut langkah-langkah cara membalikkan layar laptop menggunakan AMD Catalyst, begini caranya:

  • Langkah pertama kamu bisa klik kanan sama dengan cara sebelumnya di laptop kamu
  • Setelah itu, kamu bisa masuk pilihan software AMD Catalyst dengan klik kanan di layar
  • Kemudian kamu bisa pilih “Common Display Tasks” dan pilih “Rotate Dekstop”
  • Dan selesai

Jika kamu tidak menemukan menunya kamu bisa melakukan update driver terlebih dahulu agar fitur tersebut bisa digunakan dan akan kamu bisa manfaatkan untuk cara membalikkan layar laptop.

5. Menggunakan Nvidia Control Panel

Cara lainnya bisa dilakukan bila komputer atau laptop yang kamu miliki memakai kartu grafis Nvidia. Dan caranya cukup mudah, begini caranya:

  • Langkah pertama kkamu bisa masuk ke Nvidia control panel dengan cara klik kanan i layar
  • Setelah itu kamu bisa pilih bagian “Rotate display”
  • Dan nanti akan tersedia pilihan rotasi yang kamu inginkan

Akhir kata

Demikian beberapa ulasan mengenai cara membalikkan layar laptop ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih untuk bisa menggunakan cara ini beserta dijelaskan jug apa saja alasan perlu membalik layar laptop semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Membalikkan Layar Laptop

Apakah cara membalikkan layar laptop ini bisa untuk semua windows?

Tidak, cara ini hanya berguna untuk beberapa windows yang support saja.

Jika layar miring namanya apa?

Ini dinamakan layar tanja karena desainnya yang miring.

Apakah di laptop ada rotasi otomatis?

Tidak, laptop perlu beberapa langkah untuk bisa menggunakan fitur rotasi.

Artikel Menarik Lainnya: