Cara Membuat Grafik di Excel Dengan Banyak Data [Gampang]

Cara Membuat Grafik di Excel Dengan Banyak Data

Membuat Grafik tentunya mudah di lakukan di Microsoft Excel karena di dalamnya sudah di sediakan fitur pendukung untuk membuat grafik. Selain itu juga Excel bisa di gunakan sebagai mesin otomatis penghitung yang cepat.

Maka banyak sekali lembaga atau perusahaan yang menggunakannya sebagai pencatat data yang relevan dan di percaya, serta dapat bekerja dengan cara otomatis maka tak akan sulit pula membuat grafis di microsoft excel.

Namun nyatanya masih banyak yang tidak tahu Cara membuat grafik di Excel dengan banyak data. Nah, jadi untuk kamu yang belum mengerti atau memahami pasti maka bisa kamu pelajari di artikel ini.

Cara Membuat Grafik di Excel Dengan Banyak Data

Langsung saja berikut ini langkah langkah tentang cara membuat grafik di excel dengan banyak data.

1. Kumpulkan data

Langkah awal tentunya kumpulkan data yang akan kamu buat grafik, misal jika sebuah perusahaan akan ingin mengetahui ketercapaian target pasar maka tentunya data penjualan perbulan yang di kumpulkan dengan jenis produk dan lain sebagainya.

2. Buat Kolom sesuai dengan kebutuhan

Setelah data terkumpul maka langkah selanjutnya yaitu membuat tabel di microsoft excel untuk mengumpulkan data, dan berikut ini cara membuat tabel di excel

  • Pertama tentunya masuk ke microsoft excel
  • Lalu isi data sesuai dengan apa yang di butuhkan informasinya
  • Lalu blok tabel yang di gunakan
  • Silahkan sesuaikan atau bisa modifikasi dengan penambahan warna kolom atau jenis kolom yang kamu sukai

3. Pilih Insert pada menu Bar

Memilih insert pada menu bar gunanya yaitu untuk membuka beberapa jenis Grafik yang unik dan bagus atau yang sesuai dengan grafik yang kamu butuhkan. Namun kamu harus ingat saat insert pastikan data di excel masih di block.

4. Pilih Jenis Grafik yang kamu inginkan

Setelah klik insert maka akan muncul berbagai pilihan jenis grafik. Namun jika belum puas dengan tampilan grafik yang muncul kamu bisa klik All Chart di tampilan Insert dan akan banyak jenis grafik yang muncul.

Maka silahkan sesuaikan pilihan mu dengan grafik yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Posisikan Grafik

Setelah klik grafik yang sesuai dengan kebutuhan kamu maka selanjutnya posisikan grafik jang sampai dalam posisi tumpang tindih atau pada tempat yang kurang cocok di tampilan. Maka kamu pindahkan posisinya.

Untuk memindahkan grafik sangat mudah yaitu dengan cara mengarahkan kursor ke bagian grafik lalu klik tekan dan geser. Posisikan pada tempat yang nyaman

6. Tentunkan Judul Grafik

Terakhir Agar lebuh mudah di pahami tentunya Judul adalah hal yang penting untuk di isi. Untuk itu tentukan judul grafik yang sesuai dengan data yang kamu tulis. Jika sekiranya kamu bisa save As. atau Juga bisa dengan CTRL + S.

Agar data tersimpan dengan aman dan di buka saat di butuhkan.

Cara Mengubah Bentuk dan Value Pada Grafik

Cara Mengubah Bentuk dan Value Pada Grafik tentunya akan sangat mudah dilakukan jika data dan tabel telah siap untuk di membuat grafik yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Maka langkah langkahnya yaitu:

1. Siapkan Tabel

Tentunya jika tabel sudah siap maka akan mudah untuk membuat dan mengubah bentuk grafik yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Block Tabel Excel

Lalu blok Tabel yang akan di buat kan grafik nya agar grafik sesuai dengan perintah data dan muncul grafik sesuai dengan volume nya masing masing.

3. Pilih Menu Insert

Setelah kamu blok tabel selanjutnya pilih menu insert di bagian atas layar dan akan muncul berbagai jenis grafik disana silahkan kamu pilih yang sesuai dengan grafik yang kamu butuhkan.

4. Pilih All Chart

Namun jika ingin lebih banyak lagi pilihan grafik maka kamu bisa klik All Chart agar muncul grafik yang lebih banyak lagi sesuai dengan tema grafik nya, silahkan tentukan grafik nya dan lanjut pada langkah selanjutnya.

5. Klik Bentuk Grafik yang kamu inginkan

Meng klik bentuk grafik artinya kamu sudah punya pilihan, dan silahkan klik, jika hasilnya masih tidak sesuai kamu bisa pilih lagi bentuk grafik yang lain.

6. Tempatkan di tempat yang pas dan Save

Terakhir tempatkan posisi Grafik yang sesuai dalam posisinya jangan sampai terlihat tumpang tindih atau sulit memberikan penjelasan pada orang lain karena posisi yang tumpang tindih pada grafik.

Cara Mengubah Warna Pada Grafik Excel

Cara mengubah warna pada grafik excel mudah sekali, yaitu dengan cara manual atau otomatis. Dan berikut ini cara merubah nya.

Dengan cara otomatis:

  • Setelah grafik muncul dengan warna bawaan
  • Pilih format chart style/ atau gambar pena lukis di bagian kanan atas grafik
  • Lalu akan muncul banyak warna
  • dan silahkan pilih

Namun cara ini untuk warna yang sama pada batang grafik

Ke dua Dengan cara manual atau membuat warna pada batang berbeda beda. Yaitu dengan cara:

  • Setelah Grafik siap
  • Klik kanan salah satu batang yang akan kamu ubah warnanya
  • Lalu pilih format data point
  • Lalu pilih fill & Line dengan simbol gambar ember tumpah
  • Di menu fill centang pada very color by point
  • Jika warna ingin di rubah maka di menu bar pilih Design
  • lalu pilih Change Color
  • Dan pilih jenis warna yang kamu sukai

Jenis Jenis Grafik di Microsoft Excel

Berikut ini beberapa jenis grafik yang bisa di rekomendasi kan untuk pilihan grafik dengan bentuk nya, agar kamu memahami saat akan menentukan jenis grafik yang sesuai.

1. Grafik Area Chart

Atau diagram batang yang bentuknya panjang seperti sebuah batang. Dan data akan mudah di pahami karena bisa di tentukan dengan tinggi rendahnya batang koordinat X dan Y sebagai kategori.

2. Grafik Column Bar Chart

Merupakan bentuk diagram titik titik yang menyambung, namun bentuknya menyerupai diagram batang dan penelaahan nya pun di tentukan oleh tinggi rendahnya batang tersebut dengan koordinat X dan Y

3. Hierarchy Chart

JIka pilih Hierarchy Chart maka kamu akan menemukan banyak sekali pilihan Grafik. di antaranya Waterfall, Funnel, Stock, dan Radar. Tinggal kamu pilih yang sesuai. Selain itu juga kamu akan mendapatkan dengan bentuk 3 dimensi.

4. Pie or Doughnut

Merupakan jenis grafik yang melingkar yang menyerupai Kue Pie. Untuk menelaah tinggi rendahnya volume pendapatan atau data maka kamu bisa bedakan dengan ukuran besar kecilnya potongan pie tersebut.

5. Combo Chart

Combo Chart sering di gunakan untuk menyorot perbedaan informasi. Grafik ini sebaiknya dipakai ketika jenis nilai atau kategori memiliki jumlah yang cukup banyak. Dan ada beberapa pilihan grafik yaitu Clustered Column Line, Line on Secondary Axis dan Stacked Area

6. Grafik Statistic Chart

Grafik Statistic Chart atau lebih dikenal dengan grafik Histogram. namun di excel di kenal dengan jenis Box dan Whisker. Menuangkan data yang lebih kompleks dan menyajikan data secara signifikan.

Akhir Kata

Nah itulah pembahasan mengenai Cara Membuat Grafik di Excel Dengan Banyak Data dan pastinya akan sangat gampang sekali di praktek kan dan akan selalu ter ingat. Semoga dengan informasi ini bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: