Cara Membuat Subtitle di PC dan Handphone Mudah Banget

Cara Membuat Subtitle di PC dan Handphone Mudah Banget

Cara membuat subtitle baik di sebuah filem atau video tentunya bukan hal yang mudah karena tak banyak orang yang memikirkan hal ini sehingga tak banyak pula orang mengetahuinya.

Namun seiring dengan perkembangan zaman dengan di iringi munculnya para konten kreator sebagai editing sebuah filem atau video menuntut mereka harus memahami filem tau video asing tentunya dengan membaca sebuah subtitle.

Karena subtitle bisa diartikan sebagai terjemah dari sebuah filem. Nah, untuk membuat subtitle jika kamu sebagai konten kreator video atau filem kamu bisa pelajari di artikel ini. Pelajari sampai akhir materi nya dan praktek kan.

Tentang Subtitle

Dikutip dari jasa-translate.com Untuk konten video, makna dari subtitle adalah garis teks di bagian bawah layar yang menerjemahkan dialog yang di ucapkan ke dalam bahasa lain.

Selain itu juga subtitle memiliki beberapa asal dalam teks sebagai alat aksesibilitas untuk tuli. Tentunya dengan adanya subtitle para penonton video atau filem meski dengan bahasa asing tetap bisa di pahami.

Setelah kamu memahami tentang subtitle maka langkah selanjutnya cara membuat subtitle dengan menggunakan media laptop, komputer, atau juga HP. Dan dibawah ini bisa kamu pelajari.

Cara Buat Subtitle Film Pada Komputer/ Laptop Menggunakan Notepad

Notepad adalah cara paling mudah untuk membuat subtitle. Program notepad ini bisa kamu gunakan pada komputer/ laptop.

Subtitle yang akan kita buat kali ini dalam format subRip (srt). Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Mulailah dari baris pertama dengan angka 1
  • Masukan waktu mulai dan berakhirnya subtitle, dalam format jam: menit: detik, milidetik. Contoh: 00:00:40,000
  • Selanjutnya tulis teks subtitle di bawahnya
  • Beri ruang atau spasi untuk menulis subtitle kedua
  • Ulangi langkah di atas untuk subtitle lainnya atau selanjutnya

Cara Buat Subtitle Video di Komputer/ Laptop Menggunakan Aegisub

Untuk membuat subtitle juga bisa menggunakan bantuan software aegisub, cara ini berbeda dengan notepad, kelebihannya aplikasi ini bisa dengan mudah memberikan efek subtitle, seperti warna dan bentuk font.

Berikut langkah-langkah membuat subtitle di aegisub:

  • Buka Video. Buka software aegisub, kemudian pilih menu “Video”>”Open Video”. Pilih video yang ingin kamu subtitle. Jangan lupa untuk menyertakan audio dalam video dengan cara klik menu audio>buka audio dari video.
  • Mengatur Tampilan. Selanjutnya kamu bisa menyesuaikan warna tampilan seperti ukuran dan gaya font subtitle. Cukup klik menu subtitle dan pilih “style Manager”. kemudian sesuaikan tampilan font agar mudah dibaca.
  • Tulis subtitle. Langkah selanjutnya memasukkan subtitle, dengan cara klik bagian awal subtitle yang ingin kamu tampilkan di kotak “Audio” atau Audio Box, lalu klik kanan di akhir subtitle, lalu masukan teks di bagian “Kotak edit” atau edit box. klik enter untuk menyimpannya.
  • Atur posisi subtitle. Subtitle juga harus di sesuaikan dengan durasi video, untuk mengatur posisi subtitle nya cukup klik pada “Video Box” lalu pilih di mana kamu ingin menampilkan teks subtitle nya, pastikan durasi nya benar.
  • Simpan subtitle. Langkah terakhir menyimpan subtitle, caranya cukup klik menu “File”>”Save Subtitle”, atau langsung tekan CTRL + S pada keyboard.

Cara Menterjemah kan Subtitle Bahasa Asing

Sebagai konten creator yang bergelut dalam bidang filem atau video yang tentunya biasanya filem atau video menarik dan paling banyak peminatnya yaitu filem dengan bahasa asing maka agar di pahami oleh pecinta filem dalam bahasa kita.

Dengan adanya subtitle translate bahasa tentunya akan memudahkan para creator untuk memberikan arti dari bahasa asing yang kurang memahaminya, atau bisa diberikan pada mereka yang memiliki keterbatasan pendengaran.

Maka akan sangat penting subtitle dalam menterjemah bahasa asing. Untuk itu berikut cara merubah subtitle bahasa asing ke bahasa Indonesia:

  • Buka file subtitle di Notepad dan salin semuanya
  • Buka Google Terjemah atau Translate, lalu terjemahkan salinan ke dalam bahasa yang di inginkan
  • Salin terjemah lagi dan simpan di jendela notepad baru
  • Lalu klik menu “Edit”>”Replace”
  • Tulis di kolom Find What” >,di kolom “Replace With” >, lalu pilih tombol Replace A11.
  • Simpan file dalam format .srt dan encoding UTF-8

Cara Buat Subtitle di Handphone

Biasanya banyak orang yang menggunakan komputer/laptop untuk membuat subtitle bahasa indonesia, namun dizaman canggih ini terdapat aplikasi di hp android untuk membuat subtitle bahasa indonesia

Berikut cara membuat subtitle di hp Android:

  • pertama-tama instal Easy Subtitles melalui playstore di ponsel mu
  • Selanjutnya, buka aplikasi yang di install
  • Masukkan video yang ingin kamu edit atau tambahkan subtitle
  • kamu dapat mengatur subtitle sesuai dengan keinginanmu
  • Selesai

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat subtitle. silahkan gunakan cara membuat subtitle yang menurut kamu paling mudah dan gampang serta sesuai dengan kebutuhan.

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat untuk kamu selaku pembaca dan dapat direalisasikan disaat kamu membutuhkan tentang materi ini terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: