Cara Memperbaiki Lampu Led Mati Total Tanpa Solder [Mudah]

Cara Memperbaiki Lampu Led Mati Total Tanpa Solder

Jangan dulu buang atau ganti yang baru jika kamu mengalami lampu Led di rumah mati, karena kini kamu bisa pelajari cara memperbaiki lampu led mati total tanpa solder3

Lampu led merupakan lampu keluaran terbaru setelah lampu bohlam, dan jika kita perhatikan banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan jika menggunakan lampu Led di rumah.

Yaitu tahan lama, irit pada daya listrik dan tentunya bisa di perbaiki kembali dengan alat sederhana dan tanpa biaya. Penasaran cara perbaiki lampu Led? Pelajari materi ini sampai selesai.

Cara Memperbaiki Lampu Led Mati Total Tanpa Solder

Matinya lampu led karena berbagai faktor dan Gejala yang terjadi pada lampu Led. Biasanya karena tegangan tinggi, tegangan listrik tidak stabil dan lainnya. yang menyebabkan salah satu elemen lampu rusak.

Maka agar bisa memperbaikinya, kamu harus mengetahui elemen yang rusak. agar tidak salah dalam perbaikan. Dan kita akan bisa mendeteksi kerusakan elemen dari gejala pada lampu seperti:

1. Jika lampu Total Mati

Nah jika ini terjadi lampu total Mati yang awal kamu cek dengan periksa resistor Lampu dengan cara:

  • Siapkan alat perbaikan: Avometer Multitester, elemen Solder, dan pinset
  • Buka casing lampu LED dengan di putar
  • Lakukan pengecekan pada micro LED satu per satu, menggunakan avometer, jika saat cek jarum avometer tidak bergerak artinya ada sambungan yang putus.
  • Agar tidak lupa tandai yang putus tersebut
  • lalu lepas elemen bodi dengan mesin lampu yang rusak
  • Posisi kan elemen yang rusak untuk menyambung kan dengan alat solder dan bantu dengan pinset agar panas solder tidak menyentuh tangan
  • Jangan sampai terbalik saat melakukan pemasangan (antara positif dan Negatif)
  • Lalu masukan komponen dalam ke dalam bodi lampu
  • dan tes lampu tersebut

2. Rusak pada Bagian Elco atau Kapasitor

Jika cara di atas tidak efektif maka kamu bisa lanjut pada cara yang ke dua yaitu dengan cek bagian Elco atau Kapasitor pada lampu led. dan itu bisa ketahuan dengan cek menggunakan avometer.

Artinya jika saat cek jarum avometer tidak bergerak maka jelas sekali bahwa elco kamu rusak. Maka bisa kamu ganti dengan yang baru, namun harus seimbang dengan ukuran yang sudah rusak.

atau bisa juga cari lampu led lain yang sama rusak dan ambil bagian elemen elco nya.

3. lampu tiba tiba Mati saat menyala (Jeglek)

Tak aneh jika kejadian tiba tiba lampu mati di rumah, dan ini karena salah satu elemen yang rusak. dan kamu bisa perbaiki dengan mengganti elemen yang rusak tersebut.

Dan kerusakannya biasanya terjadi di bagian Dioda Bridge yang berfungsi untuk mengarahkan arus bolak balik menjadi arus searah. Maka kamu bisa ganti pada elemen tersebut

4. Lampu Led Redup Karena bagian aki Lemah

Sering kali lampu redup namun tidak mati baik karena sudah lama pemakaian atau juga karena memang rusak saat di beli. Namun jangan dulu khawatir kamu bisa cek pada bagian aki kering.

Karena yang menyebabkan lampu redup karena bagian aki yang lemah dan menyebabkan nyala lampu tidak stabil. Maka bisa kamu ganti bagian tersebut namun dengan ukuran yang sama.

5. lampu Redup Cek Bagian Dioda Bridge

Lampu redup bisa di sebabkan karena bagian dioda bridge yang rusak atau karena bagian resistor nya yang rusak. Namun jika bagian dioda bridge yang rusak terpaksa kamu harus ganti Lampu led yang baru.

Namun jika hanya bagian resistor yang rusak kamu bisa perbaiki di rumah dengan menggunakan alat AVometer, Solder dan Pinset yaitu mengganti resistor nya.

6. Rusak Pada salah satu Lampu

Jika kendala ini yang terjadi maka kamu akan mudah memperbaikinya yaitu hanya dengan menggunakan obeng. Dan lakukan cara berikut ini

  • Congkel lampu LED yang rusak
  • Sambungkan kedua kaki LED yang mati dengan kabel
  • Maka lampu LED akan hidup seperti semula

7. Memperbaiki Lampu LED tanpa Solder

Memperbaiki lampu Led yang mati total dengan tidak menggunakan solder caranya sangat mudah sekali, kamu bisa gunakan pemanas yang lain seperti setrikaan atau di kompor dan lainnya.

Dan caranya cukup mudah yaitu:

  • Buka lampu yang mati total
  • Lalu tes satu persatu lampu dengan Apometer
  • Jika ada satu lampu yang tidak berfungsi maka akan apometer tidak akan bergerak
  • jika semua sudah di cek dan mengetahui elemen lampu yang rusak maka siapkan lampu penggantinya
  • Lalu siapkan alat pemanas kita gunakan saja setrikaan
  • Nyala kan setrikaan tunggu sampai pasan
  • tempel bagian elemen lampu bagian belaka nya tepat pada lampu yang rusak tunggu sampai lampu yang rusak bisa di copot
  • dan setelah di copot kamu ganti dengan lampu yang baru
  • Tunggu sampai dingin
  • Jika sudah dingin maka kamu tes lampu yang telah kamu perbaiki

Penyebab Lampu Led Mati Total

Beberapa Faktor yang menyebabkan lampu lend Mati, diantaranya:

1. Tegangan Listrik Yang Tinggi

Biasanya di sebabkan karena tegangan listrik yang tinggi sehingga membuat elemen pada lampu tidak mampu menopang tegangan yang masuk sehingga merusak pada bagian elemen.

2. Tidak Stabil Tegangan Listrik

Jika ada perbaikan listrik biasanya membuat listrik tidak stabil atau ada gangguan pada listrik bisa menyebabkan tegangan listrik kurang sementara lampu dalam keadaan stopkontak On

3. Sering Hidup Mati Pada Lampu

Atau bisa di sebabkan juga karena selalu memainkan stop kontak lampu dengan mati hidup mati hal ini juga menjadi salah satu penyebab kematian pada lampu Led

4. Sering Mati dan Nyala Mendadak saat Posisi Stop kontak ON

Terkadang suka ada lampu yang hidup lalu mati mendadak yang di sebabkan karena lampu mati namun hidup kembali, biasanya jika terjadi demikian menyebabkan lampu cepat rusak.

5. Terkena Petir

Terakhir tak jarang jika akibat dari hebatnya tegangan petir yang menyambar membuat peralatan elektronik rumah rusak sampai pada lampu juga rusak.

Kesimpulan

Demikian uraian mengenai Cara Memperbaiki Lampu Led Mati Total Tanpa Solder [Mudah].

Jika kita perhatikan cara perbaikan listrik di atas jika kita tidak gunakan solder tetap kita membutuhkan alat untuk memanaskan saat mencopot atau menyambung kan bagian elemen yang rusak.

Dan untuk memperbaikinya kamu harus mengetahui dulu gejala yang timbul pada lampu serta memiliki alat cek arus listrik seperti Apometer atau sejenisnya.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: