Cara Menambah Widget di Oppo dengan Mudah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara menambahkan Widget di Oppo itu ternyata cukup mudah dan akan kami jelaskan selengkapnya pada artikel ini. umumnya fitur yang ada pada widget adalah jam, tanggal dan lainnya.

Dan pada kesempatan kali ini hanya akan di bahas mengenai cara menambah Widget di Oppo, akan dijelaskan Widget apa saja, cara menambah dan menghapusnya. Simak sampai akhir ya!

Seputar Widget di HP Oppo

Sebelum beranjak ke cara menambah Widget di Oppo alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu seputar Widget itu apa dan beberapa Widget yang sering digunakan berikut penjelasan lengkapnya.

Widget di Hp Oppo ini bisa digunakan untuk mengakses fitur seperti Google Search, WA, Instagram dan lainnnya. Semakin banyak aplikasi yang ada pada perangkat, widget juga akan bertambah.

Jadi, widget ini merupakan elemen graphical user interface yang menyediakan cara khusus bagi para pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi.

Tak hanya terdapat pada web, widget juga ada pada sistem operasi android, iPhone, windows, dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis widget yang paling sering digunakan sebagai berikut:

  • Widget dekstop: yaitu alat interaktif yang diunduh ke dekstop komputer dan bisa berupa mesin pencari, aplikasi, cuaca, jam dan lainnya.
  • 2. Widget seluler: hampir sama seperi widget dekstop tetapi di sesuaikan dengan teknologi seluler.
  • Widget seluler: widget ini merupakan bagian kode yang diterjemahkan ke dalam fungsionalitas atau konten dan yang diprogram dari JavaScript, Flash, Silverlight, dan windows media player.
  • Widget fisik: ini adalh mekanisme yang mengintegrasikan fungsi khas widget, seperti alaram, cuaca, dan lainnya.

Widget Apa Saja yang Bisa Ditampilkan di HP Oppo?

Sebelumnya telah kita ketahui bahwa widget yang ditampilkan cukup banyak seperti jam, kalender, kolom penelusuran Google, jam dunia, perkiraan cuaca, maps, bingkai foto email dan lainnya.

Semuanya merupakan widget bawaan yang sudah disediakan oleh pihak resmi Oppo. Pengguna bisa memilih mana sajakah widget yang di favoritkan dan dimanfaatkan untuk keperluan mobilitas dan dimanfaatkan untuk keperluan mobilitas dalam aktivitas sehari-hari.

Seperti misalnya untuk widget ini akan bisa menampilkan cuaca di layar dengan Oppo. Yang tidak sedikit pengguna yang menganggap remeh keberadaan dari widget pada Hp yang digunakan.

Ternyata widget ini cukup membantu aktivitas yang dilakukan sehari-hari terutama widget perkiraan cuaca hari ini. tujuannya agar pengguna bisa lebih waspada ketika bepergian karena bisa mengetahui prediksi cuaca. Begitu pula dengan widget jam.

Dan ini menjadi salah satu widget yang paling banyak digunakan untuk menampilkan jam di HP Oppo.

Cara Menambah Widget di Oppo

Bagi kamu yang belum mengetahuinya widget ini merupakan sebuah pintasan fungsi dari beberapa aplikasi yang di buat dengan tampilan semenarik mungkin agar dapat mempercantik tampilan dari Home Screen sebuah smartphone.

Meskipun widget hal yang menarik tapi sebagian dari pengguna Oppo terutama mereka yang masih pemula belum tahu cara menambah dan menggunakannya. Dan berikut beberapa langkah cara menambah widget di Oppo, diantaranya adalah:

1. Cara menambahkan widget di Oppo Home Screen

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka kunci layar di HP Oppo yang kamu miliki
  • Selanjutnya pada saat sudah berada di halaman Home Screen kamu bisa cubit layar denga dua jari
  • Dan selanjutnya kamu bisa pilih menu widget yang muncul di bagian bawah
  • Dan cari dan pilih widget dari aplikasi yang kamu inginkan
  • Dan selanjutnya widget yang dipilih akan dimunculkan di halaman previwe widget
  • Kemudian kamu masih dapat memilih widget lain denan masuk ke menu widgets jika perlu
  • Selanjutnya tekan tombol Done di bagian kanan atas dan apabila telah selesai
  • Selanjutnya widget akan berada di halaman “Home Screen Oppo”

2. Cara Menambahkan Widget di Oppo Lock Screen

Selain di home screen kamu juga bisa memunculkan widget di lock screen dan berikut beberapa langkah yang perlu kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa geser layar ke kiri atau kanan menuju lock screen
  • Dan kemudian tekan dan tahan area kosong di lock screen
  • Selanjutnya kamu bisa tekan dan tahan area kosong di lock screen
  • Kemudian kamu bisa pilih “Widget” untuk melihat widget yang tersedia
  • Dan kemudian kamu pilih widget yang kamu inginkan
  • Dan setelah itu, seret widget ke lokasi yang diinginkan pada lock screen

Dan perlu kamu catat di bawah ini tidak semua aplikasi yang di instal di HP Oppo akan memiliki widget karena hal tersebut merupakan inisiatif dan developer pengembang aplikasi masing-masing.

Cara Menghapus Widget di Home Screen

Selain mengetahui cara menambah widget di Oppo kamu yang sudah bosan dengan widget di layar utama maka bisa dihapus dengan mudah. dan untuk menghapusnya sendiri tidak berbeda jauh dengan cara menampilkan widget di HP Oppo.

Dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti jika kamu sudah membutuhkan widget lagi kamu bisa menghapusnya, begini caranya:

  • Langkah pertama kamu bisa pastikan terlebih dahulu masuk di halaman layar utama atau home screen
  • Langkah selanjutnya adalah kamu bisa memilih widget yang ingin kamu hapus dan tekan kemudian tahan widget tersebut selama dua detik
  • Kemudian setelah itu kamu arahkan pada kotaka sampah sampai berwarna merah
  • Selanjutnya lepaskan dan widget tersebut sudah tak akan tampil lagi di layar HP Oppo yang kamu miliki

Nah, jadi widget ini bisa dihapus dan juga ditampilkan kamu bisa menyesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan mengenai widget dan caranya telah kami jelaskan di atas sana ya.

Tips dan Trik untuk Memaksimalkan Performa Widget di Oppo

Nah, selain perlu menambahkan dan menghapus widget ada beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan performa widget di Oppo dan berikut beberapa tips dan trik yang bisa kamu maksimalkan dalam menggunakan widget di HP Oppo, diantaranya:

  • Pertama gunakanlah widget yang penting dan sering digunakan
  • Jangan terlalu banyak menambahkan widget karena bisa memperlambat perangkay kamu
  • Dan slenajutnya pastikan widget tetap terlihat rapi dan tidak berantakan
  • Jika memungkinkan, coba gunakan widget yang menyediakan akses langsung ke fitur atau aplikasi akses langsung e fitur atau aplikasi yang kamu butuhkan seperti widget panggilan atau widget pesan singkat

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Menambah Widget di Oppo

Apa itu widget di home screen?

Jadi widget ini merupakan fitur andalan android yang mempermudah para pengguna android untuk memaksimalkan penggunaan perangkat mereka.

Dimana letak widget Oppo?

jadi, letak Widget Oppo ini ada di layar utama perangkat HP Oppo.

Apa itu shelf di HP Oppo?

Yaitu suite yang sempurna untuk mendistribusikan dan menjual publikasi interaktif melalui penjualan pembelian dalam aplikasi.

Artikel Menarik Lainnya: