Cara Menandai/Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Teks Tertentu

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara Menandai/Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Teks Tertentu biasa nya digunakan untuk menentukan sebuah perkara dengan menggunakan pernyataan. Hal ini tentunya tidak jauh berbeda langkah – langkahnya dengan menentukan nilai seperti sebelumnya.

Metode ini sangat bermanfaat buat kamu yang sedang mengolah nilai dengan menentukan kriteria menggunakan pernyataan dan dapat digunakan untuk sekolah, menentukan hasil seleksi, dan lain sebagainya. Untuk metode nya bisa kamu ikuti tutorial dibawah ini.

Gunakan Formatting Conditional Excel

Seperti yang sudah Media Msutakim sebutkan di atas bahwa dalam menentukan atau menandai pernyataan dalam excel yang ditentukan dengan kriteria nilai, tentunya akan membantu mempercepat pekerjaan kamu dan akan mendapatkan hasil dengan cepat meski data cukup banyak.

Namun untuk metode nya tetap bisa kamu manfaatkan fitur Formatting Conditional Excel. dan cara kerja dalam menandai/memberi Nilai warna Otomatis Sel excel yang berisi teks tertentu, secara umum di Conditional Formatting adalah sebagai berikut ini:

  • Langkah pertama silahkan kamu buat proyek di excel dengan kriteria penilaian pernyataan
  • Selanjutnya silahkan kamu blok pekerjaan yang akan kamu tandai
  • Lalu silahkan kamu pilih HOME
  • Selanjutnya pilih Conditional Formatting
  • Langkah selanjutnya silahkan kamu pilih New Rule
  • Dai bagian ini atau Opsi Rule Description silahkan kamu pilih Spesific Text B
  • Lalu pilih Containing
  • Masukan kata teks untuk pernyataan penilaian pada kota yang harus kamu isi sebelah nya
  • Atur Format Fill nya bisa merah, atau warna lain yang sesuai dengan yang kamu inginkan
  • Jika sudah kamu atur silahkan klik OK
  • Dengan demikian maka nilai pernyataan yang sudah kamu tentukan akan muncul dengan cara otomatis

metode yang bisa kamu gunakan untuk menentukan nilai teks sebuah pernyataan bisa kamu ikuti langkah – langkah nya seperti di atas. Namun jika kamu masih bingung maka dibawah ini contoh dalam mengolah nilai. Untuk menentukan nilai sebuah pernyataan.

Ketentuan memberi Tanda Otomatis di Sel Excel yang Berisi Teks Tertentu

Dalam membuat ketentuan untuk memberi tanda secara otomatis di sel excel dengan ketentuan menggunakan pernyataan dengan teks maka di Conditional Formatting setidaknya ada empat mode kriteria yang bisa kamu gunakan.

Di antara kriteria mode Conditional formatting excel yang digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Containing yaitu merupakan kriteria untuk menandai sel Excel yang berisi atau mengandung teks tertentu
  • Not Containing adalah untuk menandai sel Excel yang tidak berisi atau mengandung teks tertentu
  • Beginning With adalah menandai sel Excel yang diawali dengan teks tertentu
  • Ending With yaitu untuk menandai/ memberi warna sel Excel yang diakhiri dengan teks tertentu

Cara Menandai/Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Teks Tertentu

Agar kamu memahami mengenai metode atau cara menandai/ memberi warna dengan otomatis pada sel excel yang berisi nilai dengan ketentuan nilai menggunakan teks tertentu maka dibawah ini Media Mustakim akan memberikan simulasi nya.

1. Persiapkan Data

Langkah yang pertama tentunya membuat data terlebih dahulu mengenai penilaian yang menggunakan nilai pernyataan (penilaian berisi teks tertentu). Seperti kamu memberi kriteria kelulusan kepada para peserta didik di sekolah.

Langsung saja kamu akan menentukan peserta didik yang telah mengikuti ujian sekolah dengan data nilai yang telah dikumpulkan dengan metode penilaian angka sebelumnya. dan tugas selanjutnya membuat pernyataan dengan teks.

2. Tentukan Kriteria Penilaian Pada Teks

Biasanya jika kamu menentukan kelulusan setiap peserta didik, maka kamu gunakan kriteria seperti menggunakan pernyataan “Lulus”, “Tidak Lulus”, “Lulus bersyarat”. Jika dilakukan dengan cara manual dan data sebegitu banyak memang akan sedikit kerepotan tentu nya kamu gunakan cara otomatis.

Dan kamu buat saja di excel seperti buat tabel Data peserta didik misal 20 siswa dan mereka mendapat predikat bervariasi (Lulus, tidak lulus, lulus bersyarat) maka buat di excel dengan ketentuan tersebut. yaitu dengan cara:

Misal: Kolom C4 adalah Nama Siswa dan kolom D4 adalah pernyataan untuk siswa (Lulus, Tidak Lulus, dan Lulus Bersyarat) dan ini untuk 20 siswa. Dan kamu ingin menandai peserta didik yang memiliki pernyataan teks Tidak Lulus.

3. Langkah – Langkah Memberi Tanda/ Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang berisi Teks Tertentu

Setelah kamu membuat data di atas. Maka kamu masuk pada langkah – langkah membuat pernyataan dengan cara otomatis. Dan data di atas bisa gunakan fitur Conditional Formatting. Untuk langkah – langkah yang digunakan dari data diatas adalah sebagai berikut:

  • Silahkan kamu blok Kolom pernyataan yang telah kamu buat yaitu kolom D4 hingga 20 siswa ke bawah
  • Selanjutnya silahkan kamu pilih menu HOME yang terletak di bagian kiri layar
  • Lalu silahkan pilih Conditional Formatting yang terletak di bagian kanan layar
  • Selanjutnya silahkan kamu pilih menu New Rule yang muncul pada jendela kecil
  • Lalu silahkan di opsi Rule Description silahkan pilih Spesific Text dan pilih Containing
  • Selanjutnya isi kolom dengan pernyataan “Tidak Lulus”
  • Selanjutnya silahkan kamu atur sesuai dengan Format Fill yang kamu sukai, kamu bisa pilih merah, biru atau tanda lain sebagainya
  • Jika semuanya sudah selesai maka kamu tinggal Klik OK.

Dan kamu akan mudah menentukan siswa mana yang Tidak Lulus dari data yang kamu buat

4. Hasil Data

Jadi, hasil dari pengolahan data yang muncul di halaman excel, akan dengan otomatis memberikan tanda pada peserta didik yang tidak lulus, sementara untuk para peserta didik lulus, dan lulus bersyarat tentunya akan seperti warna dasar di excel.

Mudah bukan? Silahkan kamu coba.

Penyebab Menandai/Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Teks Tertentu Tidak Bekerja

Bukan tanpa masalah jika kamu membuat proyek pekerjaan yang di buat di excel tidak berjalan sesuai dengan apa yang di harapkan. Dan kamu jangan terlebih dahulu menyimpulkan bahwa penyebabnya yaitu karena Excel yang digunakan sedang error.

Karena kegagalan bukan hanya disebabkan error tapi karena kecerobohan dalam membuat rumus di Conditional Formatting yang salah. Untuk mengatasi masalahnya yaitu:

  • Periksa kembali rule Conditional formatting nya apakah sudah benar
  • Lihat teks pernyataan yang kamu tulis takut ada typo di kalimat yang kamu tulis
  • Mungkin saja ada langkah – yang terlewat dari metode Conditional Formatting
  • Jika semau sudah dirasa benar kemungkinan benar bahwa ada error di Excel nya

Untuk itu tips dalam mengerjakan pengolahan data di excel sebaiknya berhati – hati jangan tergesa gesa agar hasil yang kamu dapatkan maksimal, atau sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat Media Mustakim sampaikan mengenai cara menandai/ memberi warna otomatis sel Excel yang berisi teks tertentu, silahkan kamu tinggal mencobanya saja dan ikuti metode nya dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat. Terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: