Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Discord

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Discord

Discord ini merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk sarana untuk komunikasi atau tempat mengobrol yang juga tersedia fitur chatting atau pesan teks serta pesan suara dan video.

Discord juga mengalami sistem keamanan yang cukup tinggi salah satunya autentikasi dua faktor. Nah, bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan autentikasi dua faktor Discord alangkah baiknya simak artikel ini sampai selesai.

Aplikasi Discord dan Fungsinya

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Discord ini merupakan sebuah aplikasi yang biasa dipakai para gamer sebagai sarana komunikasi atau mengobrolk dengan gamer lainnya ketika bertanding.

Dan biasanya gamer akan menggunakan Discord ketika bermain game PUBG, Valorat atau Mobile Legend. Namun, tak jarang juga aplikasi Discord ini digunakan oleh selain gamer seperti halnya podcaster, streamer, hingga youtuber.

Fungsi umum dari Discord sendiri yaitu merupakan komunikasi yang hampir mirip dengan aplikasi skype. Dimana Discord membantu para gamer saling berkomunkasi melalui server pribadi yang terpisah dari game.

Dengan menggunakan Discord, maka pemain bisa saling berkirim pesan teks dan obrolan suara tanpa mengganggu kinerja pemain. Tak hanya itu, Discord ini juga terinterarsi dengan platform streaming lain seperti Twitch dan Youtube.

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Discord

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Dsicord ini sudah menghadirkan fitur keamanan yang mengesankan, tetapi kita juga harus mencoba berbuat lebih banyak untuk perlindungan akun sebagai pengguna.

Kata sandi bisa diretas oleh penjahat cyber yang dapat mengakses percakapan pribadi. Dengan demikian, Discord menerapkan sistem autentikasi dua faktor, juga disebut 2FA.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara mengaktifkan autentikasi dua faktor Discord di berbagai tempat baik di HP Android, di iPhone dan di PC, begini penjelasannya:

1. Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor di Android

Nah, pertama mari kita bahas bagaimana cara mengaktifkan autentikasi dua faktor Discord di Android, berikut penjelasannya:

  • Langkah pertama kamu bisa aplikasi Discord di HP kamu
  • Kemudian di kiri bawah layar temukan roda gigi ikon dan ketuk
  • Selanjutnya di menu pengaturan tersebut kamu bisa klik “Akun Saya” untuk mengakses area yang tepat
  • Kemudian temukan tombol besar dengan “Otentikasi dua faktor”
  • Unduh suthy atau Google Authentication di ponsel kamu
  • Dan kamu akan mendapat kode yang harus di masukkan ke dalam aplikasi otentikasi setelah kode diterima akun Discord kamu sekarang dilindungi oleh 2FA hingga kamu menonaktifkannya
  • Selesai

2. Cara Mengaktifan Autentikasi Dua Faktor Discor di iPhone

Selain di Android kami juga menyediakan cara mengaktifkan autentikasi dua faktor Discord di iPhone, ini penjelasan lengkapnya,

  • Langkah pertama luncurkan perselisihan di iPhone kamu
  • Temukan ikon roda gigi di dekat bagian bawah layar dan klik diatasnya
  • Anda sekarang berada di menu pengaturan klik “Akun Saya” untuk mengakses pengaturan yang tepat
  • Klik “Aktifkan Autentikasi Dua Faktor” unduh Authy atau Google Authenticator di iPhone kamu masukkkan kode yang kamu terima di aplikasi otentikasi atau pindai kode QR dari Discord
  • Sekali kode diterima, 2FA akan menjadi aktif dan klik “Selesai

3. Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Discord di PC

Nah, selanjutnya meskipun kamu menggunakan cara mengaktifkan autentikasi dua faktor Discord di PC kamu tetap memerlukan perangkat seluler untuk menggunakan Authy atau Google Authenticator.

Oleh karena itu, kamu perlu siapkan menyimpan ponsel kamu di dekat kamu agar ponsel kamu mudah digunakan.

  • Langkah pertama kamu bisa buka Discord di browser atau gunakan klien dekstop
  • Selanjutnya klik ikon roda gigi untuk masuk ke menu pengaturan dan klik pada “Akun Saya” kemudian pilih tombol “Aktifkan Autentikasi Dua faktor” di atasnya
  • Unduuh aplikasi authentikator pilihan kamu seperti yang telah disebutkan di atas
  • Dapatan kode batang atau kunci dari Discord
  • Kemudian masukkan kunci yang disediakan atau gunakan pemindai kode batang di aplikasi autentikator
  • Setelah itu, kamu memasukkan kode yang diperlukan maka akun Discord kamu sudah aktif 2Fanya

Mengapa Perlu Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Discord?

Dengan 2FA maka peretas akan lebih sulit untuk mendapatkan ke dalam akun kamu. Tidak seperti satu kata sandi, layanan 2FA memerlukan kode yang hanya dapat diakses oleh kamu kode juga berfungsi sekali per login.

Kode ini menghubungi kamu melalui SMS atau aplikasi tertentu seperti Authy atau Google Authenticator. Meskipun 2FA tidak sempurna metodenya sederhana dan cukup efektif. Kamu juga bisa menggunakan kode cadangan jika ponsel kamu hilang.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengaktifkan Dua faktor Discord

Apakah saya bisa menonaktifkan 2FA tanpa masuk?

Tentu saja tidak dapat melakukannya. Jika ingin menonaktifkan 2FA kamu harus menggunakan kode cadangan setelah masuk ke akun Discord kamu. Tidak ada cara lain untuk menonaktifkan fitur di aplikasi.

Apakah bisa mengaktifkan 2FA di PC tanpa Seluler?

Jawabannya tidak bisa karena kode verifikasi akan dimasukkan ke nomor HP yang kamu gunakan.

Artikel Menarik Lainnya: