5 Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di Oppo A3S

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara mengaktifkan ketuk layar 2 kali di Oppo A3S merupakan solusi bagi pengguna agar bisa buka kunci tanpa tombol power. Fitur ini dapat diaktifkan di hp Oppo A3S dan semua seri Oppo lainnya.

Bagaimana cara mengaktifkan ketuk layar 2 kali di Oppo A3S dan series lainnya? Simak cara-caranya berikut ini.

Syarat Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di Oppo A3S

Sebelum mengenal cara mengaktifkan ketuk layar 2 kali di Oppo A3S, kamu juga harus mengenal syarat-syaratnya dulu.

1. Pastikan Perangkat Handphone Memiliki Fitur Double Tap Layar

Memang hampir semua series Oppo memiliki fitur ketuk layar 2 kali. Akan tetapi, ada juga beberapa series yang tidak memilikinya. Oppo A3S merupakan salah satu versi yang mempunyai fitur tersebut.

2. Sistem Operasi Perangkat Telah Memenuhi Syarat

Berikutnya, pastikan sistem operasi pada perangkat sudah memenuhi syarat contohnya mempunyai sistem Color OS 5.1 atau lebih. Kalau sistem Color OS pada perangkat kamu kurang dari 5.1 sebaiknya perbarui terlebih dahulu.

3. Sistem Penyimpanan Handphone Dalam Kondisi Cukup

Pastikan Oppo A3S atau series Oppo lain yang kamu gunakan memiliki ruang penyimpanan uang cukup. Ketika handphone error biasanya fitur ini malah jadi sulit digunakan karena perangkat mengalami loading.

4. Layar Handphone Tidak Rusak

Fitur double tap dapat digunakan secara maksimal kalau LCD hp Oppo tidak rusak. Penggunaan ketuk layar 2 kali sangat mengandalkan layar sehingga harus digunakan secara maksimal.

Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali Di Oppo A3S Dijamin Berhasil

Series Oppo A3S ini keluaran tahun 2018 dan masih digunakan banyak orang karena memiliki beragam pilihan penyimpanan hingga 64GB. Fitur double tap ini bisa diaktifkan di series A5S, F9, A12, A37, A71, A15, serta series Oppo lainnya.

Berikut ini cara mengaktifkan ketuk layar 2 kali di Oppo A3S dan tipe lainnya.

  1. Pertama-tama bukan handphone Oppo A3S atau series lainnya
  2. Di halaman pengaturan temukan menu “Cerdas & Nyaman”
  3. Selanjutnya, klik di bagian “Gerakan”
  4. Pilih menu “Gerakan Layar Mati” kemudian aktifkan
  5. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, klik di bagian “Ketuk Ganda Agar Layar Hidup”

Cara Menghidupkan Layar HP Oppo A3S Tanpa Tombol Power

Setelah mengaktifkan fitur gesture, kamu dapat mencoba langsung ketika handphone dalam kondisi dikunci. Berikut ini cara menghidupkan dengan ketuk layar 2x pada handphone.

  1. Pastikan pengaturan double tap pada hp telah diaktifkan
  2. Kunci layar handphone
  3. Ketuk 2x pada layar handphone Oppo A3S untuk membuka kunci
  4. Setelah itu, handphone dapat digunakan

Cara Mematikan Fitur Ketuk 2X pada Layar Oppo A3S

Selain cara mengaktifkan ketuk layar 2 kali di Oppo A3S maupun variasi lainnya, kamu juga dapat mematikan fitur ini. Kalau merasa lebih mudah menggunakan tombol power pengaturan fitur ini dapat di non-aktifkan.

  1. Buka menu setting di handphone Oppo A3S
  2. Pilih menu layar dan kunci layar
  3. Di bagian ketuk layar 2 kali lalu matikan
  4. Setelah itu fitur double tap pada layar tidak akan aktif lagi

Kegunaan Fitur Ketuk Layar 2 Kali di HP Oppo A3S

Mengenal cara mengaktifkan ketuk layar 2 kali di Oppo A3S tak hanya memudahkan ketika buka kunci layar. Ternyata fitur tersebut memiliki beragam kegunaan, berikut ini daftarnya.

1. Untuk Hemat Baterai

Oppo A3S memiliki kapasitas baterai mencapai 4230 mAh dengan mengaktifkan fitur ketuk layar 2 kali diharapkan bisa menghemat baterai.

2. Menghindari Layar Kunci Terbuka Akibat Tak Sengaja Menekan Tombol

Kalau masih mengandalkan tombol power untuk buka kunci, biasanya kunci bisa terbuka akibat tak sengaja menyimpan hp bersama benda lain. Sementara itu dengan double tap, hp tidak akan terbuka meski disimpan di saku.

3. Menjaga Tombol Power Supaya tidak Cepat Rusak

Fitur ketuk layar 2 kali pada handphone dapat menjaga kondisi tombol power supaya tidak cepat rusak. Kalau sudah mengaktifkan double tap, kamu hanya menggunakan tombol power ketika mau restart hp atau mematikannya.

4. Menjadi Solusi Alternatif Kalau Lupa PIN atau Pola untuk Buka Kunci

Bagi pelupa, adanya fitur double tap layar untuk buka layar kunci sangat memudahkan. Kamu tidak perlu mengingat pola kunci layar atau PIN sehingga bisa lebih cepat membuka hp ketika dapat notifikasi penting.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di Oppo A3S

Apakah Fitur Ketuk 2 Kali pada Layar Oppo Bisa Digunakan untuk Restart Hp?

Tidak bisa, fitur ini hanya untuk membuka layar kunci kalau mau melakukan restart handphone sebaiknya gunakan tombol power.

Adakah Pengaruh pada Kinerja Perangkat Kalau Mengaktifkan Fitur Ini?

Tidak ada, sistem operasi perangkat tetap baik-baik saja meski menggunakan double tap. Fitur ketuk layar 2 kali memudahkan pengguna ketika mau membuka layar kunci tanpa menekan tombol power.

Apakah Fitur Ketuk Layar 2 Kali Dapat Digunakan dengan Fitur Layar Kunci Lainnya?

Tentu saja bisa, selain mengaktifkan fitur ini kamu juga dapat menggunakan face unlock, PIN, sidik jari, dll. Kalau mau lebih aman, aktifkan fitur ketuk layar 2x dan PIN untuk membuka kunci.

Apakah Ketuk Layar 2 Kali dapat Diaktifkan di Hp Oppo A7?

Tentu saja bisa, bahkan fitur ini juga tersedia di handphone A53, A54, hingga series Oppo terbaru yang beredar saat ini.

Adakah Kekurangan dari Penggunaan Fitur Double Tap Layar di Oppo A3S?

Mengaktifkan fitur ketuk layar 2x pada handphone memudahkan pencuri membuka kunci layar handphone kamu. Kalau kamu menggunakan fitur ini, pastikan tetap menjaga handphone agar tidak hilang dan gunakan sensor wajah untuk menjaga keamanan perangkat.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: