Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak Windows 10

Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak Windows 10

Gambar dari Canva Pro

Cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak Windows 10 sangat mudah sebenarnya. Dengan beberapa langkah dan cara yang sederhana, masalah kursor yang tak dapat bergerak pada Windows 10 itu bisa langsung diatasi secara mudah dan cepat.

Kursor laptop yang sering mati memang jadi masalah yang sering terjadi. Para pengguna laptop harus memahami bagaimana cara dalam mengatasi berbagai masalah tersebut. Berikut ini cara untuk mengatasi kursor laptop tidak bergerak di Windows 10.

Cara Atasi Kursor Laptop Tidak Bergerak di Windows 10

Mengatasi kursor laptop yang tak bergerak di Windows memang tidak sulit. Dengan cara yang sederhana, proses mengatasi masalah kursor yang tak bergerak di Windows 10 bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini adalah mengatasi kursor laptop yang tak bergerak di Windows 10.

1. Update Driver

Salah satu cara atasi kursor laptop yang tak bergerak di Windows 10 adalah lakukan update driver. Proses untuk lakukan update driver memang perlu dilakukan supaya kursor yang tak bergerak itu bisa diatasi dengan mudah.

2. Periksa Setting Enhacned Pointer Precision

Langkah berikutnya untuk mengatasi masalah kursor tak bergerak adalah periksa setting enhanced pointer precision. Langsung tuju control panel, kemudian pilihopsi hardware & sound. Lanjutkan dengan pilih mouse, klik tab pointer options dan hilangkan centang di enhanced pointer precision.

3. Scan dengan Command Prompt

Lakukan scan dengan command prompt juga bisa menjadi solusi. Tekan tombol Windows + R di laptop. Ketik cmd di tab lalu tekan tombol CTRL + Shift + Enter. Pada command prompt ketik sfc atau scan now. Kemudian klik enter dan langsung restart laptop.

4. Restart Laptop

Langkah terakhir untuk mengatasi masalah kursor tak bergerak di Windows 10 adalah dengan lakukan restart laptop. Restart laptop itu memang bisa diandalkan untuk mengatasi segala macam masalah. Termasuk masalah kursor yang tak bergerak sama sekali.

Penyebab Masalah Kursor Laptop Tidak Bergerak di Windows 10

Ada beberapa penyebab masalah kursor laptop yang tak bergerak di Windows 10. Mengetahui beragam penyebab itu juga jadi hal yang amat penting. Berikut ini beberapa penyebab dari masalah kursor laptop tak bergerak di Windows 10.

1. Ada Virus di Laptop

Salah satu penyebab dari masalah kursor laptop yang tak bergerak adalah adanya virus di dalamnya. Keberadaan virus di laptop tersebut memang bisa merusak sejumlah sistem. Salah satunya adalah kursor yang tak dapat bergerak.

Adanya virus di laptop itu memang jadi sesuatu yang menyebabkan banyak masalah. Karenanya, usahakan untuk melindungi laptop dari serangan virus yang berbahaya.

2. Driver Laptop Bermasalah

Penyebab lainnya adalah adanya driver laptop yang bermasalah. Driver laptop yang bermasalah itu memang jadi penyebab dari banyak fungsi dari bagian laptop terganggu. Termasuk dari kursor yang tak bisa digerakkan.

Driver yang ada di laptop memang harus dipantau perkembangannya. Jangan sampai ada virus yang menyerang pada laptop karena hal tersebut berpengaruh pada kursor yang tak bisa berjalan sempurna.

3. Software Rusak

Penyebab lainnya adalah software yang rusak. Laptop memang sering bermasalah dengan software yang rusak. Ini adalah penyebab yang sering terjadi dalam rusaknya kursor dalam sebuah laptop atua PC di Windows 10.

Kerusahakan software memang jadi hal yang memusingkan. Salah satu akibat dari software yang rusak adalah kursor yang tak dapat digunakan.

4. Hardware Bermasalah

Selain perangkat lunak, perangkat keras dari sebuah PC atau laptop juga bisa rusak. Ini juga menjadi penyebab dari tidak bisanya kursor. Jadi, kalau kursor bermasalah, bisa jadi karena hardware yang bermasalah.

Perangkat keras memang juga sangat berpotensi untuk rusak. Itulah kenapa harus diperhatikan juga kesehatan dari perangkat keras pada sebuah laptop. Dengan merawat hardware secara baik, kursor bisa sehat terus.

Tips Biar Kursor di Windows Tak Bermasalah

Menjaga kursor agar kursor Windows tak bermasalah adalah sesuatu yang penting. Selalu perhatikan berbagai tips biar kursor di Windows tetap bisa berjalan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips biar kursor di Windows tak bermasalah sama sekali.

1. Sering Lakukan Update Driver Laptop

Melakukan update driver di laptop menjadi salah satu tips yang bisa dipakai biar kursor di laptop tak bermasalah. Ini adalah tips yang dapat dipakai terus oleh para pengguna laptop yang sering bermasalah dengan kursor yang tak mau bergerak.

2. Gunakan Mouse Eksternal

Biar tak bermasalah dengan kursor, sebaiknya gunakan mouse eksternal juga. Penggunaan mouse eksternal itu memang jadi salah satu mengatasi masalah kursor yang mati di sebuah laptop dengan sistem operasi Windows 10.

3. Matikan Laptop Jika Tak Dipakai

Mematikan laptop saat tak dipakai juga menjadi tips yang perlu diperhatikan. Dengan mematikan laptop atau PC saat dipakai, kursor tidak akan bermasalah. Hal ini penting untuk dilakukan agar kursor tetap sehat.

FAQ | Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak Windows 10

Kenapa kursor laptop sering tidak bergerak di Windows 10?

Biasanya karena driver laptop Windows 10 yang bermasalah.

Apakah perlu install ulang untuk atasi kursor laptop yang tak bergerak?

Install ulang jadi salah satu solusi untuk atas masalah kursor tak bergerak.

Apakah harus bawa laptop ke tukang service untuk atasi kursor tak bergerak?

Jika terus mengalami masalah yang sama, sebaiknya bawa ke tukang service saja.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: