Cara Mengecek Hp Oppo A31, Rusak, Asli, atau Palsu

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Pentingnya memahami cara mengecek Hp Oppo untuk memastikan semua komponen masih berjalan dengan baik. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengetahui kondisi handphone rusak atau tidak.

Cara ini membantu kamu tahu kondisi handphone mulai dari touchscreen, speaker, keasliannya, dll. Pahami cara mengecek hp Oppo rusak atau tidak dengan sangat mudah berikut ini.

Cara Mengecek Hp Oppo Normal atau Tidak

Kalau kamu sudah menggunakan handphone Oppo lebih dari 1 tahun dan kinerjanya mulai menurun, kamu harus memeriksanya. Pertama-tama kamu harus tahu cara mengecek hp Oppo normal atau tidak mulai dari baterai dan layar berikut ini cara-caranya.

1. Cek Performa Baterai

Kamu bisa mengecek kondisi baterai Oppo dengan kode **#9999#* atau *#*#4636*#* coba kedua kode tersebut untuk melihat performa baterai. Jika baterai terasa cepat habis atau proses mengisi daya sangat lama maka perlu pemeriksaan secara mandiri.

Kalau baterai sudah mengalami kerusakan, biasanya bentuknya berubah terasa kembung pada saat memegang handphone. Tanda-tanda tersebut merupakan salah satu kerusakan paling serius pada baterai. Jika baterai rusak, maka performa sistem lainnya pun akan terganggu.

2. Memeriksa Touchscreen

Bagaimana cara cek hp Oppo touchscreen dengan kode? Kamu bisa menggunakan kode *#800#. Cara tersebut digunkaan untuk mengetahui performa layar. Sebenarnya, layar touchscreen yang mengalami kerusakan biasa ditandai dengan performanya yang mulai menurun.

Saat tap layar atau klik menu apa pun respons-nya lambat atau mulai terjadi error pada saat klik salah satu menu.

3. Periksa Kerusakan Komponen

Untuk memastikan tidak terdapat kerusakan pada komponen, kamu harus memeriksannya dengan mengetik kode *#*#1234#*#*.  Jika ada kerusakan pada hardware atau kerusakan akibat virus nanti akan muncul keterangannya.

4. Cek Speaker

Untuk memeriksa audio pada perangkat, kamu bisa menekan tombol *#800#. Jika suara yang dihasilkan oleh perangkat mulai tidak stabil, maka wajib dilakukan pemeriksaan.

Tanda-tanda Handphone Mengalami Kerusakan

Kondisi tidak normal pada handphone merupakan tanda terjadinya kerusakan pada komponen hardware. Jika tidak disadari dari awal, kinerja handphone akan menurun dan mengalami kerusakan berat.

Cari tahu tanda-tanda perangkat mulai mengalami kerusakan berikut ini.

1. Sering Overheat

Handphone selalu terasa panas walaupun digunakan seperti biasa merupakan salah satu tanda terjadinya kerusakan. Overheat pada perangkat dapat mengurangi daya bahkan menyebabkan kebocoran pada baterai.

2. Sering Lag

Handphone dianggap kurang stabil jika terlalu sering mengalami lag. Ketika handphone nge-hang pekerjaan maupun informasi penting jadi terhambat.

3. Sinyal Ponsel tidak Keluar

Ketika sinyal ponsel tidak keluar, hal ini disebabkan oleh kerusakan atau handphone yang kamu punya adalah versi HDC alias palsu.

4. Arus Pengisian Daya tidak Stabil

Saat mengisi daya penuh tapi ketika dicabut baterai habis, terjadinya pengisian daya yang tidak stabil bisa disebabkan karena baterai. Tanda-tanda ini harus diperhatikan agar tidak menyebabkan kerusakan berlebihan.

Cara Mengecek Hp Oppo A31 Asli atau Palsu dengan Mudah

Selain memastikan tidak ada kerusakan pada perangkat, kamu juga harus mengecek handphone yang dimiliki asli atau palsu. Berikut cara mengecek hp Oppo asli atau tidak dengan sangat mudah.

1. Cek IMEI

Cara mengecek hp Oppo asli atau tidak sangat mudah yakni dicek lewat IMEI. Memeriksa IMEI handphone sangat mudah caranya dengan menekan tombol #06#. Selain itu, cek IMEI bisa melalui website Kemenperin, salin atau ketik kode IMEI dari dus handphone.

IMEI handphone Oppo A31`yang asli biasanya terdaftar di Kemenperin. Perangkat tidak akan mengalami kerusakan dan sinyal provider tetap tersedia jika handphone tersebut asli.

2. Cek Lewat Kode Rahasia untuk Masuk ke Engineer Mode

Selain mengecek IMEI, kamu juga bisa cek lewat engineer mode dengan mengetik *#800#. Di mode ini akan terlihat hardware, koneksi, baterai, dan masih banyak lagi. Lewat mode engineer inilah kamu akan melihat kondisi baterai.

3. Periksa Kejernihan LCD

Cara lainnya adalah melihat kejernihan layar handphone, ini bisa kamu lakukan saat baru membeli handphone Oppo A31 maupun seri lainnya. Perhatikan spesifikasi layar dan lihat secara seksama untuk memastikannya.

4. Periksa Garansi Handphone

Cara mengecek hp Oppo selanjutnya adalah memeriksa lewat garansi hp. Kamu bisa bawa surat-surat garansi ke Oppo service center untuk memastikannya. Jika semua kartu tersebut berlaku dan dikeluarkan oleh Oppo berarti handphone yang dibeli adalah asli.

Tips Menghindari Hp Oppo Palsu

Hati-hati terhadap barang palsu agar tidak menjadi masalah pada perangkat. Beli barang asli bisa dilakukan secara offline atau online. Kalau beli secara online harus hati-hati salah satunya memastikan toko yang dipilih adalah official store.

1. Hindari Beli Barang dengan Perbandingan Harga yang Terlalu Jauh

Pentingnya paham cara mengecek hp Oppo salah satunya untuk mengetahui hp tersebut asli atau tidak. Jangan membeli barang palsu karena risikonya keamanan serta mudah rusak. Selain itu, kamu harus menghindari barang yang harganya terlalu murah karena mencurigakan.

2. Hindari Membeli Barang Bekas

Membeli hp bekas apalagi secara online sangat berisiko, sebaiknya beli handphone original dari toko terpercaya agar kualitasnya lebih terjamin. Hp Oppo yang asli akan lebih awet dan punya garansi resmi untuk perbaikan.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Mengecek Hp Oppo

Bagaimana Cara Mengecek Hp Oppo Asli dan Tidak?

Caranya sangat mudah, kamu bisa cek lewat IMEI atau kondisi fisik dari handphone itu sendiri.

Bagaimana Cara Cek Kerusakan pada HP?

Caranya sangat mudah, kamu bisa cek lewat kode rahasia atau memperhatikan performa-nya selama digunakan. Hati-hati saat perangkat mulai mengalami hang atau baterai sering habis.

Artikel Menarik Lainnya: