Cara Mengecek Tipe Laptop HP, Asus, Lenovo, Dell (Mudah)

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara mengecek tipe laptop akan kamu temukan dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara yang kamu gunakan untuk mengecek tipe laptop baik menggunakan fitur bawaan atau memang membutuhkan aplikasi tambahan.

Cara mengecek tipe laptop ini bisa digunakan untuk berbagai tipe bisa untuk laptop Asus, HP, Dell, Lenovo dan laptop serta merek lainnya bagi kamu yang penasaran dengan caranya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai agar tidak ketinggalan informasi pentingnya.

Manfaat Mengetahui Tipe Laptop

Nah, sebelum beranjak ke cara mengecek tipe laptop alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu apa saja manfaat ketika kamu sudah mengetahui tipe laptop.

Ternyata ada beberapa manfaat ketika kamu dapat mengetahui tipe laptop yang dimiliki atau cek sebelum membeli online. Dan berikut beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui diantaranya adalah:

1. Pemilihan Suku Cadang

Dengan mengetahui cara mengecek tipe laptop kamu akan mengetahui dengan mudah suku cadang atau komponen tertentu. Informasi ini memastikan bahwa suku cadang yang dibeli sesuai dan kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan.

2. Proses Servis yang tepat

Dalam situasi dimana laptop memerlukan servis atau perbaikan, mengetahui tipe laptop mempermudah teknisi atau pengguna yang melakukan servis untuk fokus pada masalah yang mungkin terjadi pada model atau seri tertentu.

3. Instalasi Ulang Driver

Selanjutnya ketika pengguna ingin melakukan install ulang driver, tipe laptop adalah informasi kunci dan ini memastikan sesuai dengan spesifikasi perangkat dan dapat mengoptimalkan kinerja dan kestabilan sistem.

4. Pembaruan Sistem Operasi

Kemudian manfaat selanjutnya adalah pembaruan sistem operasi tipe laptop dapat mempengaruhi ketersediaan dan kompatibilitas pembaruan tertentu.

Informasi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mendukung pembaruan sistem operasi.

5. Tidak Keliru dalam Membeli Laptop

Hal ini merupakan hal paling mendasar untuk manfaat cara mengecek tipe laptop tentunya agar kamu tidak keliru dalam memilih perangkat yang kamu tuju dan jika tidak sesuai kemungkinan kekeliruan membeli laptop yang tidak sesuai dengan keinginan dapat diantisipasi.

6. Mengetahui Kerusakan Laptop

Mengecek laptop juga bermanfaat untuk mengetahui apakah adanya kerusakan pada laptop atau tidak. Biasanya jika dilihat sekilas laptop bisa saja dalam keadaan baik akan tetapi bila di ce secara mendalam dapat mengetahui rincian kondisi laptop tersebut.

7. Perencanaan Penggunaan

Dengan mengetahui tipe laptop kamu dapat mengetahui tipe laptop membantu pengguna merencanakan penggunaan perangkat dengan lebih baik. Misalnya, pemahaman tentang kemampuan dan spesifikasi laptop dapat membimbing pengguna.

Dalam menentukan apakah perangkat cocok untuk tugas-tugas tertentu. Dan tentunya dengan mengetahui cara mengecek tipe laptop ini merupakan langkah awal yang krusial dalam mengelola dan merawat perangkat.

Cara Mengecek Tipe Laptop dengan Mudah

Cara mengecek tipe laptop HP, Asus, Lenovo, Dell dengan mudah ada berbagai macam caranya kamu bisa menggunakan fitur bawaan atau juga menggunakan beberapa aplikasi yang mendukung pengecekan tersebut.

1. Menggunakan Dxdiag di Kotak Run Laptop

Nah, untuk cara mengecek tipe laptop pertama kamu bisa menggunakan Dxdiag dan berikut beberapa langkah cara menggunakan fitur ini diantaranya adalah:

1.1 Ketikkan Dxdiag di kotak Run Laptop

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah tekan windows + R untuk menghubungkan kotak pencarian Run. Dan setelah itu kamu bisa mengetikan dxdiag pada kotak Run yang muncul di layar laptop.

1.2 Layar DirectX Diagnostic akan muncul

Setelah kamu mengetikkan dxdiag di kotak Run maka layar DirectX diagnostic akan muncul di layar laptop kamu

1.3 Selesai

Setelah itu, kamu bisa melihat berbagai informasi lengkap yang ada di laptop milikmu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

2. Cara Mengecek Tipe Laptop Menggunakan System Information

Selanjutnya selain menggunakan Dxdiag kamu juga bisa memanfaatkan system information yang ada di laptop.

Jika dibandingkan dengan cara sebelumnya langkah untuk cara mengecek tipe laptop ini mengandung informasi yang lebih spesifik mengenai sistem yang digunakan.

Jika kamu ingin menggunakan cara ini kamu bisa ikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini untuk cara lengkapnya:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka menu start
  • Selanjutnya kamu bisa ketik system information pada kotak pencarian menu start
  • Nantinya, jendela system information akan muncul di layar laptop kamu
  • Dan jika jendela system information sudah terbuka kamu dapat melihat model dan tipe dari laptop melalui kategori system manufacturer dan system model

3. Cara Mengecek Tipe Laptop Lewat Kardus Laptop

Cara manual sealnjutnya kamu juga bisa melakukan cara mengecek tipe laptop lewat kardus laptop yang diguankan saat ini, maka bisa melihat tipe laptop dengan mudah melalui dus tersebut.

Setiap merek laptop akan selalu memberikan informasi detail mengenai tipe laptop yang kamu beli melalui kotak kardusnya. Maka dari itu, jika kardus laptop masih kamu miliki cara termudahnya adalah melihat kotak kardus tersebut.

4. Cara Mengecek Laptop di PowerShell

Nah, ada cara mengecek tipe laptop selain cara di atas yaitu menggunakan PowerShell dan berikut langkah yang bisa kamu gunakan.

  • Langkah pertama kamu bisa klik Start lalu ketik Powershell di fitur pencarian
  • Setelah powershell terbuka kamu bisa melihat tipe laptop melalui perintah “Get Cimlnstance- ClassName Win32_ComputerSystem” setelah itu klik tombol enter
  • Jika perintah tersebut tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk memasukkan perintah Get-Cimlnstance-ClassName-Win32_bios
  • Jika ingin melihat tipe laptop dan spesifikasinya kamu bisa masukkan perintah Get-Computerinfo dan tekan enter
  • Menggunakan CMD di Laptop
  • Ketik CMD pada kolom pencarian di windows+ R
  • Klik “Run as Administrator” lalu ketik “Command Wic”
  • Kemudian kamu bisa mengetik tiga kode ini secara berurutan
  • Langkah selanjutnya kamu menunggu informasi laptop kelaur
  • Selain dengan kode tersebut dan klik “Systeinfo”
  • Dan enter

Tips Merawat Laptop Biar Awet

Laptop agar awet tentunya harus di rawat dimana spesifikasinya baik dan bisa digunakan berikut tips sederhana merawat laptop supaya tetap prima seperti baru dibeli dan berikut beberapa tips merawat laptop biar awet, yaitu:

  • Selalu matikan laptop sesuai dengan ketentuan
  • Usahakan tidak mematikan laptop dengan langsung menutup layar atau langsung menekan tombol power tapi lakukan sesuai ketentuan prosedur yang berlaku
  • Tidak menggunakan laptop hingga baterai kosong agar umur baterai tetap awet
  • Jika sudah low battery usahakan untuk charger kembali supaya tidak merusak kapasitas baterai laptop

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengecek Tipe Laptop

Apa arti dari spesifikasi laptop?

Yaitu informasi mengenai komponen yang telah terpasang di laptop atau komputer, seperti kecepatan, prosesor, ukuran Ram, ROM dan lainnya.

Mengapa spesifiasi laptop itu sangat penting diketahui?

Untuk mengetahui informasi sistem yang digunakan secara menyeluruh dan kamu tidak tertipu dengan omongan si penjual jika suatu saat penjelasan tidak sesuai dengan spesifikasi aslinya.

Artikel Menarik Lainnya: