Cara Mengembalikan Getar HP Oppo yang Hilang

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Suara getar atau vibrate ini bisa saja hilang bukan karena tanpa alasan salah satunya ada beberapa penyebab kenapa getar HP Oppo bisa hilang salah satunya karena vibrator rusak, PCB rusak atau lainnya.

Lantas bagaimana cara mengembalikan getar HP Oppo yang hilang? Nah, bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa simak beberapa langkah cara di artikel ini akan dijelaskan pula apa penyebab lengkap getar HP Oppo bisa hilang.

Penyebab Getar HP Oppo Bisa Hilang

Getar HP ini biasanya berfungsi saat menerima notifikasi berupa pesan atau telepon masuk. Dan jika kamu mengalami getar HP Oppo yang tidak berfungsi tentunya harus di cari tahu apa penyebabnya.

Dan sebelum menjelaskan bagaimana cara mengembalikan getar HP Oppo yang hilang kamu bisa simak beberapa penyebab getar HP Oppo bisa hilang dan berikut penjelasan lengkapnya adalah:

1. Dampak dari Root

Penyebab pertama kenapa getar HP Oppo bisa hilang itu disebabkan karena dampak dari root. Root memang sangat berguna untuk melakukan optimasi sesuai dengan keinginan pada ponsel.

Namun, jika caranya kurang tepat, maka root bisa memberikan dampak yang buruk pada HP. Dampaknya berakibat pada beberapa fitur yang tidak dapat berfungsi, termasuk fitur getar.

Dan inilah yang akhirnya getar jadi hilang atau bahkan tidak ada getaran sama sekali. Dan hal tersebut yang mengakibatkan getar di HP Oppo hilang atau bahkan tidak ada getaran sama sekali.

2. Komponen Vibrator Mengalami Kerusakan

Selanjutnya penyebab getar tidak berfungsi atau hilang karena komponen vibrator yang mengalami kerusakan.

Komponen vibrator adalah salah satu komponen yang dipasang di HP android dimana fungsinya adalah untuk menghasilkan getaran di HP sendiri. Dan jika rusak maka sudah pasti HP tidak akan bisa bergetar lagi.

3. PCB Rusak

Penyebab selanjutnya kenapa getar HP Oppo hilang karena terjadinya kerusakan pada bagian PCB kerusakan ini disebabkan oleh kotoran atau debu yang lama menempel sehingga jalur antar bagian komponen HP terhambat.

Dan kemungkinan besar bisa putus yang akhirnya membuat HP tidak bisa getar atau getar di HP Oppo hilang.

4. Costum ROM

Selain penyebab di atas selanjutnya penyebab lainnya adalah custom ROM ini sama halnya dengan root, costum ROM bisa membuat fitur smartphone menjadi malfungsi dan salah satunya yaitu hilangnya getar pada smartphone yang kamu gunakan.

5. Fitur Getar NonAktif

Penyebab paling umum karena fitur getar tidak ai aktifkan dan mungkin di bagian sensitifitas getarnya ada di 0 sehingga meski aktif getar tidak terasa atau seperti hilang tidak berfungsi.

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa getar HP Oppo kamu tidak berfungsi atau hilang sekarang amri kita bahas bagaimana cara mengembalikan getar di HP Oppo dan berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengembalikan Getar HP Oppo yang Hilang

Dan berikut beberapa cara mengembalikan getar HP Oppo yang hilang kamu bisa mengikuti salah satu cara di bawah ini, diantaranya adalah:

1. Pastikan Mode Getar Aktif

Nah, untuk cara mengembalikan getar HP Oppo yang hilang pertama kamu bisa pastikan mode getar aktif dan pastikan volume getar tidak di angka 0. Dan jika kamu sudah mengaktifkannya silahkan cek di bagian volume getar.

Apakah volume berkurang dan bisa dibesarkan maka getar akan kembali. Dan berikut langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Langkah pertama kamu bsia usap layar dari atas kebawah
  • Selanjutnya kamu bisa tap satu kali ikon suara maka akan menjadi getar
  • Untuk masuk ke pengaturan tap dan tahan ikon tersebut maka akan masuk ke pengaturan volume getar
  • Selesai

2. Lakukan Restart HP Oppo

Selanjutnya untuk cara mengembalikan getar HP Oppo yang hilang adalah dengan melakukan restart dan berikut beberapa cara restart HP Oppo, diantaranya adalah

  • Langkah pertama kamu bisa tekan dan tahan tombol power beberapa saat
  • Dan selanjutna menu daya akan muncul silahkan pilih opsi mulai ulang atau restart
  • Dan selesai tunggu sampai HP Oppo menyala kembali

3. Melakukan Reset HP Oppo

Nah, untuk cara selanjutnya kamu juga bisa melakukan reset di HP Oppo dan langkah ini cukuplah ampuh. Bila memang tidak ada masalah di fitur getar maka akan kembali seperti biasa setelah tetap saja tidak kembali maka fitur getar kemungkinan sudah rusak.

  • Langkah pertama kamu bisa buka pengaturan HP Oppo terlebih dahulu
  • Selanjutnya kamu bisa scroll dan pilih opsi menu “Pengaturan Tambahan”
  • Dan kemudian setelah itu kamu bisa klik tap opsi cdangkan dan reset
  • Setelah itu, kamu bisa pilih reset ke setelan pabrik
  • Dan selesai HP Oppo akan memulai proses reset.

4. Cek Fitur Getar dengan Kode Dial Up

Nah, untuk cara ke empat kamu bisa melakukan cara mengembalikan getar HP Oppo yang hilang kamu bisa melakukannya dengan cek di fitur pengecekan dengan kode dial.

Dan fitur ini berfungsi untuk melakukan cek beberapa fitur yang ada di HP Oppo. Dengan begitu kamu bisa tahu mana yang bermasalah dan jika ketika di cek ternyata sama saja fitur tidak berfungsi mungkin fitur tersebut sudah bermasalah.

Juga mungkin metode perbaikan bisa dilakukan. Meskipun ada kesalahan atau volume kurang atau bagaimanapun tetap sah ketika kamu cek dengan kode dial up tetap akan aktif dan bisa merasakan getar.

Dan begini cara mengembalikan fitur getar dengan kode dial up, yaitu:

  • Pertama buka panggilan
  • Lalu berikutnya kamu masukkan kode dial up *#0*# dan tekan panggil
  • Dan untuk beberapa ponsel Oppo akan masuk ke mode test
  • Nah, ketika muncul beberapa menu silahkan kamu bisa pilih menu getar atau vibration
  • Selanjutnya tinggal kamu tekan menu tersebut dan lihat apa yang terjadi, jika memang tidak bermasalah maka HP Oppo kamu akan getar seperti biasa

Jika di cek di mode test ini berhasil maka biasanya getar di HP Oppo yang hilang akan berfungsi kembali dengan normal seperti biasanya.

5. Melakukan Perbaikan di Tempat Service

Dan apabila cara-cara di atas tidak bisa mengatasi dan memecahkan masalah cara mengembalikan getar di HP Oppo yang hilang kamu bisa menggunakan cara pamungkas.

Yaitu kamu bisa mendatangi tempat service HP terdekat dan terlebih dahulu jika masih ada dalam masa garansi itu lebih baik datanglah ke service center Oppo. Dan biasanya jika kamu sudah mencoba semua metode tetapi tetap saja tidak berhasil kemungkinan ada masalah di fitur getar sehingga perlu di perbaiki.

FAQ | Pertanyaan Seputar Cara Mengembalikan Getar HP Oppo yang Hilang

Kenapa HP bisa getar secara tiba-tiba tanpa ada panggilan atau pesan masuk?

Hal ini diakibatkan penggunaan aplikasi yang ukurannya besar secara bersamaan. Atau penyimpanan memori yang penuh.

Apakah getaran di HP dapat merusak?

Jika getaran dari benda lain akan tersalurkan ke HP dan membuat komponen di dalam rusak.

Artikel Menarik Lainnya: