Cara Mengetahui CVV Kartu Kredit BRI, BNI, BCA, Mandiri

Cara Mengetahui CVV Kartu Kredit BRI, BNI, BCA, Mandiri

Kartu kredit kini bukanlah hal yang asing dikalangan masyarakat karena sudah banyak yang menggunakan kartu kredit baik untuk belanja online maupun belanja offline. Dengan menggesekkan ke mesin EDC maka catatan akan tercetak langsung secara otomatis.

Berbicara transaksi online biasanya kita diarahkan untuk mengetikkan kode CVV pada transaksi online. Lantas bagaimana cara mengetahui CVV kartu kredit? Bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu CVV Kartu Kredit?

Kartu kredit merupakan sebuah kartu yang bisa digunakan untuk berbelanja atau transaksi baik di toko offline maupun di toko online (e-commerce). Dan saat melakukan belanja di toko swalayan, kartu kredit akan digesek di mesin EDC (Electronik data Capture).

Dan fungsinya untuk memperoleh cetak nomor kartu kredit dan pada saat itu juga transaksi akan dicatatkan secara otomatis. Namun, untuk transaksi secara offline tentu akan berbeda dengan cara transaksi di toko online.

Di toko online dilakukan dengan cara yang berbeda yaitu dengan mengisi formulir untuk pembayarannya. Dan bagi pemegang kartu kredit ada hal-hal yang perlu diketahui bagian-bagian yang tertera di kartu yang multifungsi itu.

Sehingga bisa dengan mudah untuk melakukan transaksi kartu kredit secara aman. Dan berbicara mengenai transaksi online biasanya kita diarahkan untuk mengetikkan kode CVV/CVC sebagai verifikasi akhir pada saat melakukan transaksi kartu kredit.

Lalu apa itu CVV kartu kredit?  CVV atau (Card Verification Value) pada saat melakukan transaksi online. Jadi, CVV ini merupakan 3 digit angka terakhir yang ada di belakang kartu kredit.

Jangan sampai kamu membatalkan transaksi online hanya karena kamu tidak mengetahui kode CVV ya. karena kamu akan dengan mudah mengetahuinya.

Cara Mengetahui CVV Kartu Kredit

Kita ketahui bahwa memang banyak sekali nomer yang terdapat di kartu kredit lantas bagaimana cara mengetahui CVV kartu kredit agar memasukkan kode tidak salah? Sini kami kasih tahu dulu bagaimana struktur dari kartu kredit ya.

Dengan mengetahui struktur kartu kredit pastinya dengan mudah kamu akan menemukan kode CVV tersebut. Begini penjelasan lengkapnya. Cermati bagian depan kartu kredit, informasi yang tertera pada bagian depan kartu kredit yaitu tercantum apa saja?

  • Kelas kartu kredit (meski tidak semua kartu kredit dicantumkan kelas tentunya)
  • Logo bank (penerbit kartu kredit)
  • Smart chip
  • Nomor kartu kredit
  • Expiry date
  • Nama Pemegang kartu kredit
  • Security Hologram
  • Jenis kartu kredit (Visa atau Mastercard)

Nah, itu informasi di bagian depan kartu kredit, sekarang mari cermati bagian kartu kredit di bagian belakangnya, yaitu:

  • Magnetic Strip
  • CVV/CVC/CVS/CCV
  • Member signature
  • Nomor kartu (printed)
  • Tempat tanda tangan pemegang

Nah, setelah mengetahui dan mengamati kartu kredit baik bagian depan maupun bagian belakang tentunya kamu tahu sekarang dimana letak dari 3 angka security kode yang kamu butuhkan ada dimana.

Jadi, cara mengetahui CVV kartu kredit adalah dengan mengamati kartu kredit itu sendiri dimana kode CVV ini terdapat di belakang kartu kredit di bawah magnetic strip yang sejajar dengan member signature.

Dan kode CVV kartu kredit ini terletak di tiga digit angka terakhir yang ada di belakang kartu kredit baik CVV/CVC itu sama saja yang membedakan hanya jenis kartu kreditnya saja.

Jika kartu kredit belogo VISA menggunakan istilah CVV sedangkan untuk kartu kredit berlogo mastercard menggunakan istilah CVC.

Nah, setelah kamu mengetahui CVV kartu kredit jangan sampai kamu membatalkan transaksi online hanya karena tidak mengetahi letak dari kode tersebut padahal cara mengetahuinya cukup mudah.

Fungsi dari CVV Kartu Kredit

Setelah kamu tahu mengenai cara mengetahui CVV kartu kredit kamu juga perlu mengetahui apa sih fungsi dari CVV ini. jika melihat penjelasan tadi juga dijelaskan bahwa CVV ini bisa  di gunakan untuk transaksi kartu kredit secara online.

Namun adakah fungsi lainnya dari kode CVV ini? perlu kamu pahami bahwa CVV ini memiliki fungsi untuk verifikasi data, dimana pemilik kartu kredit adalah satu-satunya orang yang mengetahui kode CVV untuk melanjutkan atau membayar tagihan kartu kredit.

Ketahui juga jika dampak kode CVV tersebar. Hal ini bisa saja dimanfaatkan oleh oknum jahat yang bisa menguras uang dengan melakukan pembelian secara online berbekal kode CVV/CVC pada kartu kredit tersebut.

Oleh sebab itu kamu perlu menjaga kerahasiaan dari kode CVV tersebut jangan sampai orang lain mengetahuinya.

Tips Menjaga CVV Agar Aman Saat Transaksi Online

Nah, selain cara mengetahui CVV kartu kredit serta fungsinya kamu juga perlu ketahui bagaimana cara menjaga agar kode ini tetap aman saat melakukan transaksi online. Untuk lebih jelasnya kamu simak di bawah ini.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjaga kode CVV agar aman saat melakukan transaksi online. Diantaranya adalah:

  • Hindari menyimpan data-data kartu kredit dan kode CVV di dalam ponsel dan aplikasi belanja/ transaksi online guna menghindari pencurian data
  • Selanjutnya terapkan sistem keamanan ganda, yaitu gunakan PIN untuk setiap transaksi kartu kredit
  • Jangan sembarangan untuk meng-klik atau mengisi formulir yang meminta data kartu kredit atau kode CVV dengan alasan apapun. Termasuk alasan verifikasi data diri pihak yang mengatasnamakan penerbit kartu kredit
  • Dan jangan pernah memposting diri beserta informasi data pribadi seperti nomor kartu kredit dan CVV di media sosial
  • Segera lakukan blokir kartu kredit jika menemukan transaksi yang mencurigakan. Misalnya, kamu menerima notifikasi SMS berupa konfirmasi verifikasi pembayaran transaksi kartu kredit yang tidak kamu lakukan.

Nah, itu dia beberapa tips agar menjaga kode CVV kamu tetap aman agar terhindar dari tindak kejahatan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Pastikan kamu mengikuti tipsnya ya agar aman.

Kelebihan dan kekurangan Menggunakan Kartu Kredit

Setelah paham mengenai cara mengetahui CVV kartu kredit selanjutnya kamu perlu pahami dulu bahwa kartu kredit ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Begini penjelasan lengkapnya.

1. Kelebihan Kartu Kredit

Berikut beberapa kelebihan jika kamu menggunakan kartu kredit, diantaranya:

  • Kemudahan membayar saat tidak memiliki uang tunai
  • Kelebihan selanjutnya pengguna kartu kredit sering mendapatkan tawaran diskon dan promo mulai dari promo travel, penginapan, belanja, hingga restoran dan lainnya
  • Kelebihan selanjutnya kartu kredit akan memberitahukan jika ada transaksi yang tidak normal sehingga dapat mencegah adanya transaksi  pihak luar
  • Bisa digunakan di luar negeri
  • Menyediakan garansi tambahan

2. Kekurangan Kartu Kredit

Selain memiliki kelebihan menggunakan kartu kredit juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah:

  • Memiliki banyak biaya tambahan
  • Harus memperhatikan skor kredit karena jika skor kredit buruk maka akan buruk limit kamu
  • Terbiasa melakuka utang
  • Tagihan bunga yang tinggi

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara mengetahui CVV kartu kredit mulai dari mengenal CVV kartu kredit, cara mengetahui CVV kartu kredit hingga keuntungan dan kekurangan menggunakan kartu kredit. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya: