Cara Mengetahui Nomor Rekening Pinjaman BTN dengan Mudah

Cara Mengetahui Nomor Rekening Pinjaman BTN dengan Mudah

Untuk bisa tahu bagaimana cara mengetahui nomor rekening pinjaman BTN ternyata sangatlah mudah, kamu bisa mengetahuinya dengan 5 cara.

Nanti informasi nomor rekening akan otomatis langsung diketahui, serta menjadi tahu lengkap terkait dengan sisa pinjaman yang harus dilunasi.

Apa Sebenarnya Nomor Rekening Pinjaman BTN Itu?

Nomor rekening pinjaman sendiri pada dasarnya adalah nomor yang nantinya akan digunakan untuk pembayaran pada setiap tagihan pinjaman yang telah disetujui oleh pihak Bank. Bank disini tentu saja bank BTN.

Jika berbicara terkait dengan fungsinya, bisa dipastikan bahwa fungsi dari nomor rekening pinjaman sendiri adalah untuk pembayaran angsuran pinjaman.

Bila kamu akan melakukan pembayaran angsuran, maka harus melalui nomor rekening pinjaman tersebut. Jika dalam proses pembayaran menggunakan nomor lain, maka otomatis pembayaran akan gagal. Atau bahkan masuk ke pinjaman orang lain.

Hal tersebut penting diperhatikan, pun tentu saja peminjam juga harus mengetahui jelas nomor rekening pinjamannya berapa. Agar tidak mengalami masalah bahkan kerugian.

Hal yang Harus Kamu Tahu dari Nomor Rekening Pinjaman BTN

Sebelum tahu cara mengetahui nomornya harus bagaimana, kamu juga harus tahu bagaimana skema atau ketentuan dari nomornya.

  1. Hanya dimiliki oleh peminjam atau nasabah dari BTN
  2. Digunakan ketika akan membayar pinjaman atau angsuran
  3. Memiliki nama lain sebagai No Aplikasi Kredit
  4. Otomatis akan ditutup jika pinjaman sudah terbayar lunas

Dengan kamu tahu hal tersebut, berarti memang ada perbedaan dengan nomor rekening tabungan.

Jika ternyata nanti ada kesalahan input, misalnya kamu ingin membayar tagihan pinjaman. Namun yang diinput nomor rekening tabungan, akan muncul pemberitahuan “Nomor Rekening Anda tidak dalam Database”.

Lalu Bagaimana Cara Mengetahui Nomor Rekening Pinjaman BTN?

1. Menghubungi Call Center

Cara mengecek nomor rekening pinjaman pertama yang bisa kamu lakukan, adalah menggunakan call centernya langsung. Untuk langkah prosedurnya bagaimana, langsung cek saja panduannya di bawah ini.

  1. Pastikan bahwa saldo pulsa yang kamu miliki cukup untuk melakukan sambungan telepon
  2. Hubungi nomor 1500286 atau 021 633 6789
  3. Jika sudah terhubung, sampaikan secara jelas kepada pihak customer service bahwa kamu ingin mengetahui no rekening pinjaman BTN
  4. Nanti pihak bank akan melakukan verifikasi akun, mulai dari Nama Lengkap, Alamat hingga jenis Pinjaman BTN yang diajukan
  5. Tunggu beberapa menit sampai customer service memberikan data nomornya secara lengkap
  6. Selesai

2. Kirim Email

Cara kedua untuk mengetahui no rekening pinjaman yang kamu gunakan, adalah bisa dengan mengirim email langsung ke btncontactcenter@btn.co.id.

Jangan lupa harus menggunakan format email resmi, tuliskan dan sampaikan maksud serta tujuan kamu. Yakni mengecek nomor rekening pinjaman BTN. Jangan lupa untuk menginformasikan data diri lengkap, guna petugas mudah melakukan verifikasinya.

Seperti data nama lengkap, jenis pekerjaan atau profesi, alamat lengkap, hingga kantor bank BTN yang menjadi tempat dimana pinjamannya kamu ajukan.

3. Cek Melalui mBanking

Alternatif lain cara mengetahui nomor rekening pinjaman BTN, adalah dengan menginstall aplikasi atau mBanking BTN secara langsung. Untuk proses serta langkah pengecekannya bagaimana, bisa langsung simak uraiannya di bawah ini.

  1. Memastikan bahwa aplikasi sudah terpasang, dan kamu bisa buka aplikasi BTN Mobile secara langsung
  2. Login menggunakan username serta mPIN yang sudah kamu buat sebelumnya
  3. Bila sudah masuk pada halaman aplikasi, cari menu Informasi Rekening
  4. Lanjutkan dengan klik Pengaturan Rekening
  5. Selanjutnya kamu bisa klik menu Pinjaman
  6. Klik OK
  7. Nanti akan muncul otomatis 1 item menu lagi pada halaman Informasi Rekening
  8. Klik menu Detail
  9. Maka nanti akan otomatis ditampilkan nomor rekening pinjamannya

4. Datang Langsung ke Kantor Cabang BTN

Maksud dari kantor cabang ini, adalah tempat dimana kamu melakukan pengajuan pinjaman sebelumnya. Maka data kamu pun akan tersimpan secara rapi di sana, sehingga nomor pinjaman yang ingin diketahui bisa cepat didapatkan.

  1. Pertama, pastikan untuk mengunjungi kantor cabang tersebut
  2. Ambil nomor antrian, lalu jika perlu boleh komunikasikan dengan satpam
  3. Menunggu nomor antrian sampai dipanggil
  4. Jika sudah dipanggil, langsung pergi ke meja CS
  5. Sampaikan tujuan serta keperluan kamu untuk mengecek nomor rekening pinjaman
  6. Tunggu hingga petugas membantu kamu untuk memverifikasi data terlebih dahulu
  7. Nanti petugas akan memberikan informasi lengkap serta jelas mengenai nomor rekening pinjamannya

5. Cek Menggunakan Perjanjian Kredit BTN

Dari beberapa cara di atas, kiranya cara yang paling mudah untuk dilakukan, adalah melihat surat perjanjian kredit atas pengajuan pinjaman yang telah disetujui.

Disana akan nampak beberapa informasi lengkap mengenai nomor rekening pinjamannya, besaran pinjamannya, bahkan tenor angsuran juga ada di dalamnya.

Kesimpulan

Dengan paham cara mengetahui nomor rekening pinjaman BTN, kamu menjadi tahu bahwa nomor rekening tabungan dan pinjaman ternyata ada perbedaan. Kamu pun harus memastikan untuk hafal keduanya, agar ketika transaksi tidak terjadi kesalahan. 

Artikel Menarik Lainnya: