Cara Menggunakan Assistive Touch di Oppo Bagi Pemula

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara menggunakan assistive touch di Oppo ternyata cukup mudah selain itu dapat memberikan banyak manfaat. Dimana tombol touch ini seperti di iPhone yang bila ditekan akan memunculkan banyak sekali menu yang menarik.

Dan hal itu akan membuat kamu memiliki akses ke banyak tempat bisa berjalan dengan baik. sama halnya di HP Oppo memiliki fitur ini dan sayangnya tidak semua pengguna Oppo tahu. Dan artikel ini akan membahas secara lengkap bagaimana caranya. Simak sampai akhir ya!

Assistive Touch Oppo Itu Apa?

Nah, sebelum beranjak ke cara menonaktifkan assistive touch di Oppo kamu perlu tahu dulu apa sebetulnya Assistive Touch ini.

Jadi, Assistive Touch ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fungsi-fungsi dasar perangkat seperti tombol home, tombol power, dan tombol volume dengan cukup mudah.

Dan tentunya fitur ini cukup mudah dan berguna bagi para pengguna yang memiliki masalah pada tombol fisik perangkatnya. Karena dengan tombol touch ini bisa mengakses beberapa aplikasi yang sudah di atur sebelumnya.

Dan tentunya dengan fitur ini pula kamu bisa mengakses aplikasi tujuan kamu secara cepat hingga tidak perlu mencari-carinya kembali.

Cara Mengaktifkan Assistive Touch di Oppo

Sebelum beranjak ke cara menggunakan Asstive Touch di Oppo alangkah baiknya kamu pahami terlebih dahulu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini di HP Oppo dan berikut beberapa penjelasan cara mengaktifkan fitur ini, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa buka settings atau pengaturan terlebih dahulu
  • Selanjutnya kamu bisa pilih menu “Convenience Tools” dan selanjutnya kamu bisa pilih pada bagian “Assistive Ball”
  • Dan apabila belum aktif maka kamu bisa diaktifkan terlebih dahulu dengan menekan tombol di bagian sampingnya
  • Assistive Ball langsung melayang di layar HP dan bisa digunakan saat itu juga
  • Dan pada bagian Operation Mode disarankan untuk memilih Gesture Options atau tap menu
  • Dan Assitive Touch sudah bisa digunakan untuk berbagai hal sesuai dengan kebutuhan

Dan cara ini kemungkinan besar akan sama saja antara ponsel dengan aplikasi tinggi dan ponsel dengan spesifikasi rendah. Jadi, bisa menggunakan ponsel apapun yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cara Menggunakan Assistive Touch di Oppo

Nah, selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara menggunakan Assistive Touch di HP Oppo yang merupakan pembahasan utama artikel ini dan sebelumnya sudah di bahas bagaimana cara mengaktifkan fitur ini.

Dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk cara menggunakan Assistive Touch di HP Oppo, dianatranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa langsung tekan pada Assistive Touch yang muncul
  • Dan biasanya akan langsung muncul beberapa menu yang bisa dimanfaatkan
  • Dan selanjutnya kamu bisa tekan menu yang diinginkan untuk bisa mengoperasikan berbagai hal pada ponsel Oppo kamu

Setelah diaktifkan biasanya bisa langsung digunakan saat juga dengan cara menekan. Apabila sudah menekannya, maka bisa langsung dimanfaatkan saat itu juga untuk mengakses menu.

Manfaat Menggunakan Fitur Assistive Touch

Selain mengetahui cara menggunakan Assistive Touch di Oppo kamu juga perlu mengetahui manfaat menggunakan fitur ini dan berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat dari fitur Assistive Touch yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Bisa Membuka Banyak Menu

Manfaat pertama yang bisa di dapatkan apabila memutuskan untuk menggunakan cara ini adalah bisa membuka banyak sekali menu dan jangan hanya satu kali tekan saja maka berbagai jenis menu langsung terbuka dengan sendirinya.

Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk memanfaatkan cara ini secara terus menerus. Jadi, apabila terjadi masalah pada tombol fisik yang dimiliki ponsel tidak akan masalah sama sekali.

Bahkan bisa langsung dimanfaatkan saat itu setelah diaktifkan. Dan itulah kenapa sangat disarankan untuk menggunakan fitur ini.

2. Cocok untuk Multitasking

Cara ini juga cocok sekali untuk melakukan multitasking. karena bisa digunakan untuk membuka berbagai jenis menu dengan cukup mudah. bahkan bisa membuat semacam shotcut aplikasi secara langsung.

Itulah kenapa tidak ada salahnya menggunakan aplikasi ini apabila membutuhkan multitasking karena jika tidak menggunakannya maka harus mencoba tombol satu persatu dan terkadang tidak sesuai dengan keinginan.

Dan kamu perlu pastikan jika RAM yang kamu gunakan cukup tinggi jika kamu memiliki RAM yang rendah kamu akan kesulitan menggunakan fitur ini.

3. Tombol Fisik Lebih Awet

Menggunakan tombol fisik biasanya akan membuat ponsel lebih mudah mengalami kerusakan. karena tombol yang digunakan ditekan selama beberapa kali dan ada resiko mengalami kerusakan pada bagian dalamnya.

Dan apabila kamu memanfaatkan fitur ini maka kemungkinan besar akan lebih mudah untuk dicegah. Karena dengan melakukan ini tombol fisik jarang digunakan karena selalu menggunakan tombol yang virtual.

Namun sebelum menggunakannya pastikan untuk dilakukan proses pengaturan terlebih dahulu. Dengan proses pengaturan ini maka bisa dengan mudah untuk memaksimalkan fungsi dari aplikasi secara menyeluruh.

Apa Saja Fungsi yang Tersedia di Assistive Touch di Oppo?

Setelah berhasil mengaktifkan fitur ini perlu kamu ketahui ada berbagai fungsi dasar perangkat melalui Assistive Touch yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Home, yaitu berfungsi untuk mengakses tampilan utama perangkat kamu
  • Siri, yaitu untuk mengakses Assisten virtual Siri
  • Kontrol Volume, yaitu untuk mengatur volume perangkat kamu
  • Screenshot, yaitu untuk mengambil tangkapan layar perangkat kamu
  • Lock Screen, yaitu untuk menguncu layar perangkat yang kamu miliki
  • Multitasking, yaitu untuk mengakses fungsi multitasking pada perangkat Oppo kamu

Bagaimana Cara Menambahkan Fungsi Baru di Assistive Touch di Oppo?

Selain mengetahui fungsinya kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara menambahkan fungsi dari Assitive Touch ini dan berikut beberapa cara menambahkan fungsi baru di fitur ini, begini caranya:

  • Langkah pertama kamu bisa buka menu settings
  • Selanjutnya gulir ke bawah hingga kamu menemukan opsi Addtional Settings
  • Dan kamu bisa klik Addtional Settings
  • Dan kamu bisa pilik Accessbility
  • Dan gulir ke bawah dan temukan opsi Asstive Touch
  • Kemudian kamu bisa klik fitur tersebut
  • Kemudian kamu bisa klik Costumize top level menu
  • Dan pilih ikon yang ingin kamu tambahkan
  • Kemudian pilih fungsi yang ingin kamu tambahkan
  • Setelah berhasil menambahkan kamu bisa klik save
  • Dan selesai

Akhir Kata

Demikian beberapa langkah cara menggunakan Assistive Touch di Oppo mulai dari pengertian, fungsi hingga cara mengaktifkan dan juga menggunakannya semoga artikel ini dapat membantu ya!

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Menggunakan Assistive Touch di Oppo

Apakah semua HP Oppo memiliki fitur Assistive Touch?

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua HP Oppi memiliki fitur ini. fitur ini hanya tersedia di Oppo A37 dan versi lebih tinggi dari ini.

Apakah bisa menghapus fungsi yang telah ditambahkan di fitur Assistive touch?

Ya, pengguna bisa menghapusnya dengan klik remove

Apakah Assistive Touch mengganggu tampilan layar?

Tidak, karena ikon ini cukup kecil dan bisa dipindahkan.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: