Cara Menggunakan Fungsi Logika (AND-OR) Pada Array Formula Excel

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara Menggunakan Fungsi Logika (AND-OR) Pada Array Formula Excel penting di pelajari karena kamu akan mudah mengolah data berupa nilai di excel. Dan excel memang bekerja untuk melakukan operasi pada pengolahan data dan mempermudah pekerjaan.

Untuk itu kali ini Media Mustakim akan membahas mengenai metode dalam menggunakan fungsi logika AND dan OR untuk pengolahan data pada Array Formula Excel. Untuk itu silahkan kamu pelari materi nya hingga pada akhir artikel ini.

Mengenal Fungsi Logika AND dan OR di Excel

Sebelum masuk pada materi inti mengenai cara menggunakan fungsi dari logika (AND-OR) pada array formula excel, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu dari logika AND dan OR.

1. Istilah AND dan OR di Excel

Dikutip dari halaman dqlab.id fungsi AND digunakan untuk menampilkan sebuah pernyataan data TRUE atau benar. Dan ini ditentukan secara otomatis saat kamu menggunakan fungsi logika di Excel dalam pengolahan data untuk menentukan sebuah nilai dengan hasil TRUE atau FALS.

Sementara untuk fungsi OR tentunya berbeda dengan fungsi AND. Seperti kutipan dari bamai.um.a.c.id Fungsi logika OR dapat dipakai untuk mengetahui apakah salah satu kriteria memenuhi kondisi atau tidak dari sebuah pernyataan.

Didalam fungsi OR dan kamu gunakan hasilnya berupa TRUE jika keliru satu kriteria cocok dan FALSE jika seluruh kriteria tidak cocok. Namun dari kedua fungsi logika AND-OR tidak akan berjalan jika tidak membuat data atau acuan.

2. Fungsi AND dan OR di Excel

Namun fungsi AND adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan nilai logika dari perbandingan 2 kondisi yaitu TRUE atau FALS. Jika argumen/ Pernyataan TRUE artinya uji argumen terpenuhi. Dan jika menghasilkan FALS artinya argumen tidak terpenuhi.

3. Array

Dari kutipan support.microsoft.com rumus aras adalah rumus yang dapat melakukan beberapa perhitungan pada satu atau beberapa item dalam array. Dan array bisa disebut juga sebagai barisan atau kolom nilai, atau kombinasi barisan dan kolom nilai.

Selain itu array dapat digunakan untuk melakukan tugas kompleks, seperti:

  • Membuat himpunan data sampel dengan cepat
  • Menghitung jumlah karakter yang terdapat dalam rentan sel
  • Menjumlahkan angka yang memenuhi syarat tertentu saja, seperti nilai terendah dalam rentan, atau angka yang berbeda di antara batas atas dan bawah
  • Menunjukan setiap nilai dalam rentan

Cara menggunakan Fungsi Logika (AND-OR) Pada Array Formula Excel

Penggunaan fungsi logika AND dan OR memang sering digunakan di excel untuk menentukan sebuah nilai. Untuk menggunakan AND dan OR dalam rumus Array, karena memang belum support maka kita bisa menggantinya dengan Operator matematika sebagai pengganti Logika.

Dan persamaannya bisa dilihat dibawah ini:

Operator LogikaOperator Matematika
AND*(Asterik/ Perkalian)
OR+ (Plus/ Penjumlahan)

1. Cara Menggunakan Fungsi Logika AND Pada Array Formula Excel

Seperti yang sudah di singgung penjelasan mengenai rumus logika AND yaitu menggunakan operator perkalian/ asterik (*) maka penggunaan rumus AND adalah

Rumus AND(Logika; Logika2; Logika3)

Maka untuk penggunaan pada Rumus Array yaitu

(Logika 1) * (Logika 2) * (Logika 3)* dst …

2. Cara Menggunakan Fungsi Logika OR Pada Array Formula Excel

Sementara untuk logika dalam menggunakan fungsi OR di excel dan juga menggunakan Rumus Array untuk Formula Excel, dengan logika OR menggunakan operator Penjumlahan/ Plus (+) maka dalam menggunakan rumus nya yaitu sebagai berikut:

Rumus OR(Logika 1; Logika 2; Logika 3)

Dengan Rumus Array nya yaitu:

((Logika 1) + (Logika 2) + (Logika 3) dsr…..))>

Jadi pada dasar nya dalam penggunaan rumus Logika AND dan OR dalam formula Array dapati kita simpulkan yaitu cara penggunaan dalam logika nya hanya pada *(perkalian) untuk AND, dan OR di ubah dengan + (Plus/ Penjumlahan) dalam Formula Array.

Contoh penggunaan Fungsi Logika AND dan OR di excel dengan Formula Array

Untuk mempermudah pemahaman mengenai fungsi Logika dari AND dan OR maka kamu akan membuat contoh mengenai logika keduanya. Dan memang pada dasarnya keduanya hampir memiliki hasil yang sama yaitu:

  • Jika sesuai dengan ketentuan yang dibuat maka akan menghasilkan keterangan TRUE/ Benar
  • Dan Jika hasilnya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat maka hasilnya FALS/ Salah

Berikut dari masing – masing contoh yang kami buat.

1. Contoh Penggunaan Fungsi Logika AND

Untuk lebih mudah maka kita buat sebuah penilaian dari hasil Nilai siswa yang merupakan hasil dari tiap kriteria Nilai yang dikumpulkan oleh seorang Guru. yaitu menentukan Nilai “Lulus” Dan Tidak “Lulus” dengan ketentuan sebagai berikut ini.

Silahkan kamu buat sebuah data di Excel yang berisi nilai siswa dengan nilai yang tentunya bervariasi. Dan kamu buat ketentuan nilai lulus. Seperti kamu buat ketentuan; Jika nilai 75 atau selebihnya maka dinyatakan “Lulus” dan jika Nilai siswa dibawah 75 dinyatakan “Tidak Lulus”.

Contohnya; data yang dibuat di excel kolom B3; Nilai Ulangan, Kolom C3; Nilai Ujian. Data ini diambil dari 20 siswa. Dengan nilai yang bervariasi dan buat hasil keterangan di Kolom D dan E untuk kedua keterangan nilai tersebut. maka silahkan kamu klik di kolom D dan gunakan Formula Array dengan fungsi AND yaitu

  • Silahkan kamu tulis rumus di Kolom D =IF(AND(B3>75;C3>75);”Lulus”;”Tidak Lulus”
  • Selanjutnya klik Enter
  • Maka di kolom D tersebut akan memberikan keterangan dari Nilai yang telah dimasukkan yaitu jika Nilai nya 75 maka Lulus dan jika di bawah 75 keterangannya Tidak Lulus

2. Contoh Penggunaan Fungsi Logika OR

Sebenar nya untuk penggunaan rumus Formula Array dengan menggunakan fungsi logika OR metode nya tidak jauh dengan metode diatas hanya saja kamu bisa mengubah AND menjadi OR.

Kita buat saja seperti contoh logika diatas yaitu membedakan nilai yang “Lulus” dan “Tidak Lulus. Maka rumus OR dalam formula Array nya bisa dibuat di Kolom E yaitu dengan langkah:

  • Silahkan klik di Kolom E (untuk keterangan Nilai) Lalu isi dengan rumus =IF(OR(B3>75;C3>75;”Lulus”;”Tidak Lulus”
  • Jika sudah maka klik Enter
  • Dan pada kolom E akan memberikan keterangan “Lulus” jika di kolom C juga D nilainya 75 atau lebih. Dan akan keluar pernyataan “Tidak Lulus” jika nilai di Kolom C juga D kurang dari 75.

Namun akan beda kasusnya jika kamu menentukan sebuah keterangan diskon, atau lain sebagainya yang di buat di Formula Array dengan menggunakan Fungsi AND atau OR. Tentunya tergantung pernyataan di logika yang telah kamu buat.

Akhir Kata

Itulah penjelasan yang bisa Media Mustakim sampaikan mengenai cara menggunakan fungsi logika (AND – OR) pada formula Excel. dengan penjelasan contoh yang kami sediakan. Semoga saja informasi yang telah kami berikan bermanfaat untuk kamu semua.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: