Cara Menggunakan Konstanta Array Pada Rumus Array Excel

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara Menggunakan Konstanta Array Pada Rumus Array Excel bukan menjadi hal yang sulit, tentunya bagi mereka yang sudah terbiasa dalam pengolahan Nilai. Tentunya sudah banyak tahu mengenai konstanta yaitu penyimpanan data dalam bentuk variable yang tetap dan tidak berubah.

Mengenai metode dalam penggunaan konstanta Array untuk rumus Array di excel, akan kami bahas dibawah in. Untuk itu silahkan kamu pelajari pembahasan nya pada artikel Media Mustakim saat ini, dengan membacanya sampai akhir.

Contoh rumus Konstanta Array

Sebelum masuk pada pembahasan inti maka tentunya kamu harus mengetahui mengenai contoh rumus konstanta Array yang sering di gunakan dalam pengolahan nilai di excel. Seperti yang dijelaskan di halaman support.microsoft.com.

Bahwa dalam aturan rumus array, atau saat membuat rumus nya yaitu Kurung kurawal { pembuka, selanjutnya silahkan kamu isi nilai data yang kamu inginkan, lalu silahkan kamu tutup kembali dengan kurung kurawal. Seperti contoh; =SUM(A1:E1*{1,2,3,4,5})

Selanjutnya silahkan kamu lakukan kombinasi keyboard dengan menekan Ctrl+Shift+Enter dan rumus akan terlihat {=SUM(A1:E1*{1,2,3,4,5}}}.Rumus tersebut akan dikalikan dengan data yang tercatat di nomor kolom excel dengan cara otomatis.

Cara Menggunakan Konstanta Array Pada Rumus Array Excel Untuk Memasukkan Nilai Dalam Kolom

Untuk kamu yang membuat kontanta array dalam kolom dan menggunakan 1 dimensi maka untuk memisahkan antara datanya menggunakan tanda titik koma (;) dan ini merupakan pemisah array. selanjutnya silakan kamu tutup array dengan tanda kurung dan kurung kurawal.

Seperti pada contoh rumus array {={1;2;3;4;5}}, ={“Kuartal 1″;”Kuartal 2”; “Kuarta 3}. Dan cara penggunaa Kontanta pada rumus array nya yaitu:

  • Langkah yang pertama silahkan siapkan data terlebih dahulu
  • Lalu silahkan kamu pilih sel yang akan kamu gunakan
  • Langkah selanjutnya masukkan tanda sama dengan dan kontanta, Jangan lupa pisahkan dengan tanda titik koma (;) Lalu masukkan data teks nya lalu tutup dengan menggunakan tanda kutip Ganda seperti ={“Kuartal 1″;”Kuartal 2″;”Kuartal 3”}
  • Jika data sudah diisi dengan lengkap dan benar maka silahkan kamu tekan tombol keyboard. dengan menekan CTRL + Shift + Enter
  • Maka selanjutnya data akan muncul di halaman excel pada kolom yang kamu gunakan/ atau istilah lainnya vertikal

Dan itulah pengolahan data dengan menggunakan Kontanta array pada excel untuk data yang diisi berupa kolom, atau dalam istilah lainnya yaitu merupakan garis vertikal. Selain data vertikal, kau juga bisa gunakan rumus kontanta array dengan istilah Horizontal. seperti dibawah ini.

Cara Menggunakan Konstanta Array Pada Rumus Array Excel Untuk Memasukkan Nilai Dalam Baris

Selain kamu bisa menggunakan metode pengolahan nilai menggunakan Konstanta array, kamu juga bisa melakukan pengolahan data atau nilai dengan menggunakan rumus array excel untuk memasukkan nilai dalam baris, atau dengan bentuk Horizontal.

Langkah – langkah untuk memasukkan nilai dalam bentuk baris di kolom excel dengan menggunakan rumus kontranta bisa kamu ikuti sebagai berikut ini:

  • Langkah yang pertama pastikan data sudah siap untuk di olah
  • selanjutnya silahkan kamu pilih sel yang ingin kamu gunakan, untuk pengolahan nilai
  • Langkah selanjutnya silahkan kamu masukkan tanda Sama dengan dan konstanta kamu, selanjutnya gunakan tanda koma untuk memisahkan tiap, tiap nilai. Seperti pada contoh; ={1,2,3,4,5} buka seperti biasanya menggunakan titik koma
  • Jika data sudah lengkap maka silahkan kamu tekan Ctrl + Shift + enter dak kontanta akan terlihat seperti pada keterangan dibawah ini

Jadi didalam excel akan muncul dengan keterangan Kolom A1 = 1 Kolom B1 = 2, Kolom C1= 3, Kolom D1= 4, dan kolom E1 = 5. Dengan data demikian dalam istilah array hal ini disebut isitilah Kontanta Horizontal satu dimensi.

Penggunaan rumus Konstanta array pada rumus excel bukan hanya bisa digunakan untuk kolom atau juga untuk baris, namun kamu juga bisa menggunakan rumus tersebut sekaligus untuk nilai Kolom atau baris. seperti pada pembahasan selanjutnya.

Cara Menggunakan Konstanta Array Pada Rumus Array Excel Untuk memasukkan Nilai Beberapa Kolom dan Baris

Di atas kamu bahas mengenai cara menggunakan Kontanta array untuk rumus array excel yang digunakan untuk kolom dan juga Baris. namun kali ini rumus tersebut bias kamu gunakan juga untuk keduanya yaitu mengolah nilai beberapa kolom dan Baris.

Dan untuk metode pengolahan nilai dengan menggunakan kontanta array pada rumus excel untuk memasukkan nilai beberapa kolom dan baris bisa, adalah sebagai berikut ini.

  • Pastikan kamu sudah menyiapkan data untuk pengolahan data nya

ingat untuk memastikan jumlah baris dan kolom dalam penggunaan harus sesuai dengan jumlah nilai dalam kontanta kamu. Misal nya jika kamu menggunakan 5 baris dan juga 4 kolom maka pilih jumlah kolom dan baris yang sesuai juga dengan jumlah yang digunakan.

  • Selanjutnya silahkan kamu pilih sel yang akan kamu gunakan
  • Lalu masukkan tanda sama dengan dan juga konstanta kamu. Hanya saja untuk penggunaan nilainya di setiap baris gunakan koma untuk memisahkan tiap nilai, dan gunakan titik koma di akhir setiap baris. Seperti ={1/2/3/4/;5/6/7/8;9/10/11/12/13}
  • Jika data sudah lengkap maka silahkan seperti biasa kamu gunakan tombol keyboard untuk di kombinasikan. dengan data CTRL + SHIFT + ENTER

Dengan metode di atas maka hasil yang akan kamu dapat dari data yang kamu tulis akan membentuk empat baris dan 3 kolom. dan data yang muncul sesuai dengan angkanya. jadi dalam penggunaan titik koma untuk memisahkan kolom, dan garis miring untuk memisahkan tiap baris.

Sementara untuk data yang muncul tergantung pada nomor kolom dan baris yang di klik.

Cara Menggunakan Konstanta Array Pada Rumus Array Excel

Yang terakhir yaitu metode menggunakan kontanta array pada rumus array excel. Untuk contoh yang bisa kamu lihat seperti dibawah ini

  • Silahkan kamu klik pada sel yang kosong
  • Masukkan rumus =SUM(A1:E1*{1/2/3/4/5})
  • Lalu klik kombinasi keyboard yaitu CTRL + SHIFT + ENTER
  • Maka akan muncul nilai 83 pada sel yang A3

Jika kamu menggunakan rumus SUM artinya kamu menambahkan data yang di olah di excel. Dan jika kamu menambahkan nilai bintang artinya kamu mengalikan nilai – nilai yang ada di excel.

Jangan lupa setiap kali membuat kontanta array selalu menekan CTRL + SHIFT + ENTER untuk mendapatkan hasilnya.

Tips Atasi Konstanta Array Pada Rumus Excel Tidak Bekerja

Terkadang terjadi masalah dalam hasil memasukkan Kontanta array pada rumus excel, atau rumus tersebut tidak berjalan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut maka kamu bisa lakukan beberapa tips dibawah ini.

  • Periksa karakter yang digunakan untuk memisahkan tiap – tiap nilai apakah sudah benar yang digunakan. Karena jika hilang 1 titik koma saja atau diletakannya tidak tepat maka kontanta array tidak akan terlihat benar atau kamu bisa melihat pesan peringatan
  • Kemungkinan kamu memiliki rentang sel yang tidak cocok dengan jumlah elemen dalam kontanta. maka kemungkinan akan gagal
  • Ulangi kembali dengan menggunakan rumus dan kontanta yang benar

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara menggunakan kontanta array pada rumus array excel yang media Mustakim bisa sampaikan semoga bermanfaat, Terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: