Cara Menghilangkan Gambar Headset di HP Oppo  

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Gambar headset pada HP seringkali mengganggu padahal sudah di cabut dari HP Oppo kamu. Dan ketika logo tersebut muncul biasanya akan mengganggu karena pemiliknya tidak bisa mendengar suara apapun dari HP.

Lantas bagaimana cara menghilangkan gambar headset di HP Oppo? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya kamu bisa simak beberapa langkah cara di bawah ini untuk caranya.

Headset dan Fungsinya

Headset adalah perangkat audio yang sebenarnya memiliki dua device yang digabungkan menjadi satu, yaitu perangkat input mikrofon dan perangkat output  yakni speaker telinga. Headset ini umumnya ditujukan untuk digunakan pada perangkat-perangkat lebih besar.

Adapun secara desain, umumnya headset melingkar pada bagian kepala dan memiliki dua buah speaker yang menutup keseluruhan telinga pemakainya.

Desain seperti itu tentu dimaksudkan agar suara yang dihasilkan lebih terdengar maksimal. Dan headset juga cenderung digunakan untuk tujuan seperti video chat, video call, skype dan lainnya.

Sedangkan di bagian konektifitasnya atau port-nya. Headset memiliki 2 jack berukuran 3,5 mm yang bisa dipasangkan pada soundcard PC.

Dua buah port jack tersebut memiliki fungsi masing-masing jack pertama berfungsi untuk input mikrofon, dan jack kedua berfungsi sebagai ouput speaker.

Dan fungsi utama dari headset ini adalah sebagai alat reproduksi suara, memang menjadikannya sebagai sebuah teknologi yang dapat menghasilkan suara atau audio yang lebih jernih.

Mengapa Bisa Muncul Logo Headset Padahal Sudah di Cabut?

Nah, setelah memahami apa itu headset dan juga fungsinya tentunya gambar headset ini menunjukan kamu telah terhubung ke headset dan suara akan berpindah ke alat tersebut.

Dan munculnya headset ini seringkali terjadi padahal perangkat headset kamu sudah di cabut dan itu membuat pengguna merasa jengkel. Ternyata hal ini bisa saja disebabkan karena adanya bug pada sistem operasi.

Dan sebelumnya, pengguna mungkin memasang jack audio baik itu earphone maupun perangkat lain. akan tetapi, ketika dicabut atau diputuskan koneksinya logo tersebut tetap muncul. Padahal sambungan sudah terlepas.

Dan yang paling parah lagi ternyata suara juga tidak kembali seperti semula dan masih seolah-olah ada di headset. Tidak perlu bingung tim Mustakim Media akan memberitahu bagaimana cara menghilangkan gambar headset di HP Oppo tersebut di bawah ini.

Cara Menghilangkan Gambar Headset di HP Oppo

Nah, bagi kamu pengguna Oppo dan mungkin pernah mengalami kendala ini kamu bisa simak beberapa langkah cara menghilangkan gambar headset di HP Oppo di bawah ini, diantaranya adalah:

1. Dengan Membersihkan Jack Port

Nah, untuk cara menghilangkan gambar headset di HP Oppo dengan cara membersihkan Jack Port, kamu bisa simak beberapa langkah caranya di bawah ini, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukana dalah siapkan kapas pentol dan pastikan sesuai dengan ukuran jack ponsel Oppo sehingga mudah untuk membersihkan bagian dalam
  • Selanjutnya masukan ujung pentol ke jack Oppo dan putar perlahan sambil ditekan
  • Kemudian kamu keluarkancooton bud dari jack Oppo untuk menghilangkan kotoran yang tersangkut. Dan ulangi langkah 2 dan 3 sampai semua kotoran dalam jack berhasil dibersihkan
  • Merestart HP

Cara menghilangkan gambar headset di HP Oppo yang masih ada padahal perangkat headset sudah tercabut selanjutnya bisa menggunakan restart HP. Kamu bisa menggunakan tombol power beberapa saat.

Dengan menyalakan ulang HP kamu biasanya logo headset akan hilang dan kembali berfungsi seperti semula.

2. Melakukan Soft Reset

Dan alternatif selanjutnya untuk cara menghilangkan gambar headset di HP Oppo kamu juga bisa loh menggunakan soft reset dan hal ini bertujuan untuk reboot kecil.

Yang akan menutup semua aplikasi dan menghapus data di RAM secara acak tanpa menghapus informasi pribadi pada ponsel. Dan berikut beberapa langkah cara melakukan soft reset, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah matikan terlebih dahulu ponsel Oppo yang kamu miliki
  • Dan selanjutnya kamu bisa tunggu selama 30 detik lalu hidupkan kembali ponsel Oppo kamu
  • Dan jika tipe ponsel memiliki baterai yang bisa dilepas kamu bisa melepas baterai kemudian memasangnya kembali

3. Menyambungkan Ulang Headset

Selain cara diatas kamu juga bisa melakukan cara menghilangkan headset di HP Oppo dengan menyambungkan kembali headset selama beberapa waktu hingga tersambung kembali.

Dan hal ini bertujuan agar sistem mendeteksi ulang dan kemudian secara perlahan-lahan lepaskan lakukan kembali hingga logo headset di HP Oppo kamu hilang dengan sendirinya.

Setelah melakukan itu kamu coba matikan HP Oppo tersebut dan lihatlah apakah logo headset sudah hilang atau masih ada. Jika masih ada kamu bisa simak cara selanjutnya di bawah ini.

4. Melakukan Factory Reset

Jika cara diatas belum menemukan tanda-tanda keberhasilan kamu bisa gunakan cara menghilangkan gambar headset di HP Oppo dengan menggunakan factory reset.

Tujuannya, agar sistem operasi kembali seperti semula seperti halnya perangkat diaktifkan untuk pertama kali. Adapun cara-caranya kamu bisa simak beberapa langkah caranya dibawah ini.

  • Langkah pertama kamu bisa buka setting atau pengaturan
  • Kemudian kamu bisa pilih setelan tambahan
  • Dan setelah itu kamu bisa pilih back up and reset
  • Selanjutnya kamu bisa klik erase all content and settings
  • Lalu tunggulah proses factory reset selesai dilakukan
  • Dan jika sudah, maka lakukan pengaturan ulang kembali HP Oppo kamu seperti awal kembali saat pertama kamu membelinya.

Nah, perlu kamu pahami karena menggunakan cara ini kamu bisa kehilangan beberapa data di HP kamu maka sebaiknya kamu amankan terlebih dahulu data penting yang di HP Oppo kamu agar tidak terhapus dengan memindahkannya di penyimpanan awan atau PC, kartu memori.

5. Memakai Aplikasi Disable Headphone

Selain menggunakan cara-cara diatas kamu bisa melakukan cara menghilangkan gambar headset di HP Oppo dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga salah satunya kamu bisa menggunakan aplikasi Disable Headphone.

  • Langkah pertama kamu bisa mendownload aplikasi ini terlebih dahulu
  • Selanjutnya kamu bisa menekan tombol speaker supaya lambang headset tersebut dihentikan dan beralih ke speaker
  • Atau kamu bisa tekan tombol rest sound agar memastikan apakah suara sudah berpindah ke speaker atau belum

Dan kekurangan aplikasi ini adalah tombol shotcut yang muncul melayang di layar, sehingga, kamu bisa menghapus saja jika permasalahan selesai.

6. Dengan Kode dial

Cara selanjutnya bisa menggunakan kode dial begini caranya:

  • Buka panggilan
  • Klik kode *#0*#
  • Kemdian keluar dari mode pengecekan
  • Jika HP normal maka tanda headset akan hilang

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Menghilangkan Gambar Headset di HP Oppo

Kenapa headset masuk tapi tidak ada suara?

Ini disebabkan oleh jack yang kotor.

Kenapa headset tiba-tiba mati?

Karena earpiece rusak, masalah kabel, masalah jack audio, kerusakan steker, dan sepeaker headset tidak berfungsi.

Kenapa suara headset mati?

Pengaturan konfigurasi salah, bug pada sistem, Headset tidak cocok atau headset rusak.

Artikel Menarik Lainnya: