Cara Menulis Pidato yang Benar di Kertas Folio [Mudah]

Cara Menulis Pidato yang Benar di Kertas Folio [Mudah]

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum yang memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi tertentu kepada orang-orang yang hadir.

Pidato bisa diucapkan dalam berbagai situasi seperti pada acara pernikahan, seminar, rapat, maupun acara resmi lainnya. Namun, tak jarang banyak orang yang kesulitan untuk menulis pidato yang benar dan efektif.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menulis pidato yang benar di kertas folio bergaris dengan mudah.

1. Tentukan Tujuan Pidato

Sebelum menulis pidato, ada baiknya kita menentukan tujuan pidato terlebih dahulu. Apakah pidato akan disampaikan pada acara formal atau informal, ataukah hanya sebagai pidato pembukaan saja.

Menentukan tujuan pidato sangat penting agar pidato yang akan disampaikan memiliki arah yang jelas dan tidak melebar dari topik yang telah ditentukan.

2. Buat Outline Pidato

Setelah menentukan tujuan pidato, langkah selanjutnya adalah membuat outline pidato. Outline pidato berguna untuk menyusun pokok-pokok bahasan yang akan disampaikan dalam pidato. Sebuah outline biasanya terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup.

Pembukaan berisi pengantar atau kata pembuka yang dapat menarik perhatian pendengar. Isi pidato berisi pokok-pokok bahasan yang akan disampaikan. Sedangkan penutup berisi kesimpulan dan harapan yang ingin disampaikan.

3. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Ketika menulis pidato, gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pendengar. Hindari menggunakan kata-kata yang sulit atau terlalu teknis. Gunakan bahasa yang sederhana namun tetap elegan dan sopan.

Selain itu, gunakan kata-kata yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang berlangsung.

4. Sampaikan Ide dengan Jelas dan Tegas

Saat menyampaikan pidato, pastikan bahwa ide yang ingin disampaikan dapat diterima dengan jelas dan tegas oleh pendengar.

Jangan berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat. Berbicaralah dengan tenang dan jelas.

Selain itu, sampaikan ide dengan terstruktur dan berurutan sehingga pendengar dapat mengikuti alur pemikiran dengan baik.

5. Latihan Sebelumnya

Latihan adalah kunci untuk menyampaikan pidato dengan baik dan efektif. Latihan akan membuat kita lebih percaya diri dan mengurangi rasa gugup saat berbicara di depan umum.

Lakukan latihan pidato sebanyak mungkin di depan cermin atau teman dekat. Jangan lupa juga untuk memperhatikan intonasi dan gerakan tubuh saat berbicara.

6. Gunakan Kertas Folio untuk Menulis Pidato

Kertas folio adalah kertas yang cukup besar dan dapat menampung tulisan dengan ukuran yang besar pula.

Kertas folio sangat cocok digunakan untuk menulis pidato karena tulisan yang besar dapat memudahkan pembicara untuk membaca pidato tanpa harus menyipitkan mata.

Selain itu, kertas folio juga memberikan kesan profesional pada pidato yang disampaikan.

7. Hindari Membaca Pidato Secara Langsung

Meskipun kita telah menulis pidato di kertas folio, hindari membaca pidato secara langsung dari kertas folio tersebut. Hal ini dapat membuat kita terlihat kurang percaya diri dan kurang memperhatikan audiens.

Sebaiknya kita menggunakan kertas folio sebagai panduan saat menyampaikan pidato.

Cobalah untuk menguasai materi dan berbicara secara spontan dengan bantuan panduan yang telah disiapkan.

8. Gunakan Gestur Tubuh yang Tepat

Gestur tubuh dapat menunjang penyampaian pidato kita. Gunakanlah gestur tubuh yang tepat dan menggambarkan apa yang kita bicarakan.

Misalnya, ketika kita membahas sesuatu yang penting, kita dapat menunjuk jari ke atas. Atau ketika kita membahas sesuatu yang menimbulkan kontroversi, kita dapat menggunakan gestur tangan yang menunjukkan ketidaksetujuan.

9. Berikan Sentuhan Kreativitas

Pidato yang baik dan efektif juga bisa didukung dengan sentuhan kreativitas. Misalnya, kita bisa menambahkan humor atau cerita-cerita yang menghibur sebagai pembuka atau penutup pidato.

Hal ini akan membuat pendengar lebih terhibur dan lebih mudah untuk mengikuti pidato yang disampaikan.

10. Berikan Penegasan pada Kesimpulan

Penegasan pada kesimpulan sangat penting untuk memberikan kesan kuat dan tegas pada pidato kita.

Pada bagian akhir pidato, kita dapat mengulang kembali pokok-pokok bahasan dan memberikan penegasan pada kesimpulan yang ingin disampaikan.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan harapan atau pesan yang ingin disampaikan pada pendengar.

Dalam menulis dan menyampaikan pidato, terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan agar pidato tersebut dapat disampaikan dengan baik dan efektif.

Mulai dari menentukan tujuan, membuat outline, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, hingga memberikan sentuhan kreativitas dan penegasan pada kesimpulan.

Dengan memperhatikan semua hal tersebut, diharapkan kita dapat menulis dan menyampaikan pidato yang benar dan efektif di kertas folio.

Artikel Menarik Lainnya: