Cara Share Screen di Google Meet HP dan Laptop

Cara Share Screen di Google Meet HP dan Laptop

Cara share screen di Google Meet HP dan laptop tentu sering menjadi pertanyaan bagi kamu yang masih awam mengenai Google Meet ini. Penggunaan share screen di Google Meet penting kamu ketahui agar kamu bisa menyampaikan presentasi pada saat daring.

Penggunaan share screen di Google Meet dapat dengan mudah dilakukan maupun itu menggunakan HP atau menggunakan laptop. Jadi dapat disimpulkan bahwa kamu dapat melakukan presentasi pada Google Meet ini walaupun hanya menggunakan HP.

Cara Share Screen di Google Meet HP dan Laptop

Jika kamu belum memahami Cara share screen di Google Meet HP dan laptop, kamu bisa simak artikel dibawah ini hingga selesai.

1. Cara Share Screen di Google Meet Lewat HP

Cara ini tentu akan menjadi jawaban bagi kamu yang hanya mempunyai HP sebagai sarana daring di Google Meet dan ingin melakukan share screen atau melakukan presentasi. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan agar share screen di Google Meet lewat HP dapat kamu lakukan.

1.1. Siapkan Layar yang Ingin Dibagikan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan layar yang ingin kamu bagikan, agar ketika layar dibagikan di Google Meet kamu bisa langsung membuka layar yang ingin kamu bagikan.

1.2. Masuk Ke Google Meet

Kemudian langkah yang harus kamu lakukan adalah bergabung dengan room Google Meet atau membuat room Google Meet sendiri.

1.3. Klik Ikon Tiga Titik

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih ikon tiga titik yang berjajar vertikal dengan cara di klik pada saat Google Meet sedang berlangsung, atau Meeting sedang dilakukan.

1.4. Klik Pilihan “Bagikan Layar”

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih “Bagikan Layar” pada menu pilihan yang tersedia.

1.5. Klik “Mulai Siaran”

Kemudian kamu akan disuguhkan tampilan yang akan langsung membagikan layar HP ke semua rekan yang tergabung ke Google Meet jika memilih “Mulai Siaran”.

1.6. Buka Layar yang Ingin Dibagikan

Langkah selanjutnya adalah membuka layar yang ingin kamu bagikan atau yang ingin kamu presentasi kan di smartphone kalian.

1.7. Klik “Hentikan Siaran”

Jika kamu sudah selesai membagikan layar atau membagikan presentasi, kamu bisa menghentikan penyiaran dengan klik “Hentikan Penyiaran” di Google Meet.

2. Cara Share Screen di Google Meet Lewat Laptop

Cara menggunakan share screen di Google Meet lewat laptop dapat kamu lakukan apabila host di Google Meet sudah mengaktifkan fitur share screen. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan agar share screen lewat laptop dapat kamu lakukan di Google Meet.

2.1. Siapkan Layar yang Ingin Dibagikan

Langkah pertama adalah menyiapkan layar yang ingin dibagikan atau menyiapkan presentasi yang ingin kamu sampaikan di anggota daring mu atau ke teman-teman mu. Jika semua sudah dipersiapkan, ketika kamu membagikan layar, kamu tinggal membuka layar yang sudah disiapkan tersebut.

2.2. Masuk ke Google Meet

Kemudian langkah yang harus dilakukan adalah masuk ke Google Meet dengan cara membuat room sendiri atau join dengan room orang lain. Agar cara share screen ini dapat kamu lakukan.

2.3. Host Sudah Mengaktifkan Fitur Share Screen

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah meminta host di Google Meet untuk mengaktifkan fitur share screen. Jika host tidak mengaktifkan fitur share screen ini, maka kamu atau anggota lainnya tidak dapat melakukan share screen.

Jika kamu seorang host di Google Meet maka kamu akan langsung bisa melakukan share screen karena kamu yang memegang kendali.

2.4. Pilih Ikon “tanda panah ke atas”

Langkah selanjutnya adalah memilih ikon “tanda panah ke atas” agar kamu menemukan fitur share screen di saat Google Meet sedang berlangsung.

2.5. Pilih “Seluruh Layar Anda” atau Pilih “Jendela”

Selanjutnya kamu tinggal memilih “seluruh layar anda” atau pilih “Jendela”. Jika kamu memilih “seluruh layar anda” maka seluruh konten yang termuat di layar laptop akan dibagikan oleh Google Meet. Namun jika memilih “jendela” Google Meet hanya akan menampilkan layar jendela yang sedang terbuka.

2.6. Pilih “Allow”

Langkah selanjutnya adalah memberikan izin kepada Google Meet untuk membagikan jendela yang ingin kamu bagikan dengan cara pilih “Allow” pada saat muncul opsi untuk memberikan izin.

2.7. Muncul “You Are Sharing Your Screen”

Ketika layar telah berhasil dibagikan oleh Google Meet, maka akan muncul tulisan “You are sharing your screen” di layar laptop mu. Maka kamu sudah bisa melakukan presentasi yang dilakukan atau memudahkan kamu dalam menjelaskan sesuatu dalam keadaan daring.

2.8. Akhiri “Stop Sharing”

Ketika kamu ingin mengakhiri bagi layar atau sudah menyelesaikan presentasi yang dilakukan di Google Meet, kamu tinggal memilih “Stop Sharing” pada bagian layar yang ada di laptop mu.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Cara Share Screen di Google Meet HP dan Laptop)

Apakah Share Screen di Google Meet Dapat Dilakukan Menggunakan HP?

Penggunaan share screen di Google Meet dapat dengan mudah dilakukan maupun itu menggunakan HP atau menggunakan laptop.

Bagaimana Cara Share Screen di Google Meet Lewat HP?

1.1. Siapkan Layar yang Ingin Dibagikan
1.2. Masuk Ke Google Meet
1.3. Klik Ikon Tiga Titik
1.4. Klik Pilihan “Bagikan Layar”
1.5. Klik “Mulai Siaran”
1.6. Buka Layar yang Ingin Dibagikan
1.7. Klik “Hentikan Siaran”

Artikel Menarik Lainnya: