Cara Ubah Jam di HP Samsung Secara Otomatis dan Manual

Gambar dibuat dengan Canva

Cara ubah jam di HP Samsung perlu kamu pahami, karena terkadang tidak semua petunjuk jam menunjukan waktu yang tepat, dan ini tentunya terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan jam menjadi error atau bisa juga menjadi kurang efektif saat menunjukan waktu.

Namun kamu jangan khawatir dengan beberapa kendala yang mengakibatkan jam kamu error atau tidak menunjukan waktu yang tepat, Karena disini media Mustakim akan membahas mengenai metode untuk mengatur jam yang tidak efektif menunjukan waktu.

Beberapa Alasan Ubah Jam di HP Samsung

Samsung merupakan HP Android yang memang sangat laris, dan banyak sekali yang menggunakan HP dengan merek ini. Karena beberapa alasan yang menunjang diantaranya karena merupakan HP dengan kualitas yang bagus serta merupakan HP pintar yang bisa di manfaatkan untuk berbagai aktivitas.

Salah satunya memiliki fitur jam, namun terdapat juga kendala yang memang lumrah saat menggunakan HP ini, seperti memberikan informasi waktu yang tidak tepat, dan hal ini bisa timbul karena beberapa alasan. Biasanya alasan tersebut karena:

  • Karena kondisi jam yang digunakan sedang error
  • Tidak adanya koneksi internet untuk beberapa waktu, sehingga merubah waktu secara otomatis
  • Atau ingin edit pada waktu untuk menyesuaikan waktu setempat disaat bepergian

Dan memang alasan tersebut banyak sekali terjadi oleh para pengguna Android dengan merk Samsung. Namun kamu jangan khawatir karena terdapat cara untuk solusi mengatasi jam tersebut, bisa di atur dengan cara manual atau bisa juga dengan Otomatis.

Cara Ubah Format Jam Pada HP Samsung

Sebelum masuk pada pengaturan Jam untuk mengubah jam dengan petunjuk waktu yang tepat, kamu bisa ubah bisa ubah pengaturan format jam. Dan di HP Samsung bisa kamu ubah format jam dengan menggunakan format 24 jam atau 12 jam.

Untuk mengubahnya bisa kamu ikuti langkah – langkah sebagai berikut ini:

  • Silahkan kamu buka menu setting pada HP Samsung kamu
  • Selanjutnya silahkan kamu pilih menu Date and Time lalu pilih Set Time
  • Selanjutnya, kamu bisa atur waktu jika waktu yang ditunjukkan salah dan klik Done, namun jika benar kamu klik Done Langsung
  • Nah kamu bisa mengatur format tampilan waktu yang kamu sukai, bisa kamu pilih format waktu 12 Jam atau bisa juga 24 Jam. Silahkan kamu pilih sesuka kamu
  • Terakhir, jika sudah kamu memilih format tampilan jam nya maka tinggal kamu klik saja Done

Dan nantinya jam yang kamu gunakan di HP akan menunjukan waktu dengan format yang telah kamu pilih baik 12 Jam atau 24 jam

Cara Ubah Jam di HP Samsung Secara Otomatis

Selanjutnya masuk pada materi inti yaitu mengubah Jam di HP Samsung, dan cara yang pertama bisa kamu gunakan perubahan secara Otomatis, Namun agar waktu bisa berpindah dengan otomatis ada menu yang harus kamu aktifkan.

Langsung saja untuk langkah – langkah nya bisa kamu ikuti seperti dibawah ini:

  • Langkah yang pertama kamu masuk saja pada menu Pengaturan di HP Samsung yang kamu gunakan
  • Lalu silahkan klik pada bagian Manajemen Umum
  • Langkah selanjutnya kamu pilih menu Tanggal dan Waktu
  • Dan agar kamu kamu tinggal pilih opsi Otomatis, dengan cara tap menu Otomatis pada HP Samsung yang kamu gunakan
  • Dan selesai, karena waktu yang kamu atur akan dengan otomatis menyesuaikan dengan tempat dimana kamu berada

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling simple dan sangat mudah sekali dilakukan. Karena pada intinya kamu hanya mengaktifkan pengaturan Otomatis.

Cara Ubah Jam di HP Samsung Secara Manual

Langkah yang kedua yaitu mengatur atau mengubah jam di HP Samsung dengan menggunakan cara manual. Dan cara ini memang lebih efektif karena bisa mengatur waktu yang sangat tepat sesuai dengan waktu yang di tunjukkan.

Dan cara ini juga merupakan metode apabila menggunakan metode otomatis kurang efektif atau tepat saat menunjukkan waktu. Untuk langkah – langkah mengubah waktu di HP Samsung bisa kamu ikuti metode nya di bawah ini.

  • Silahkan buka menu Pengaturan pada HP Samsung yang kamu gunakan
  • Selanjutnya silahkan kamu pilih menu Manajemen Umum
  • Langkah selanjutnya silahkan kamu klik pada Tanggal dan Waktu
  • Lalu kamu tinggal klik menu Zona Waktu dan silakan kamu klik edit
  • Silahkan kamu atur waktu sesuai dengan petunjuk jam yang tepat, dan kamu juga bisa atur tanggal yang sesuai dengan tanggal yang tepat pada hari tersebut
  • Dan dengan cara manual ini kamu bisa mengundurkan waktu atau mempercepat waktu
  • Dan jika sudah maka kamu tinggal gunakan saja waktu tersebut

Kamu tinggal nikmati saja petunjuk waktu yang tepat. dan pada dasarnya mengubah pengaturan waktu memang sama saja yaitu pada pengaturan waktu yang terdapat pada HP yang kamu gunakan. Baik mengatur dengan cara otomatis atau dengan cara manual.

Dan itulah beberapa informasi yang dapat Media Msutakim sampaikan mengenai cara ubah Jam pada HP Samsung dang kami dapatkan dari sumber artikel lain.

Semoga informasi ini bisa terealisasi dengan benar dan bermanfaat untuk kamu semua, akhir kata kami ucapkan terimakasih.

FAQ | Pertanyaan Seputar Cara Ubah Jam di HP Samsung

Kenapa Jam di HP Samsung Saya masih Ngaco padahal sudah di Ubah Sebagai mana langkah – langkah di atas?

Kemungkinan besar jam di HP Samsung yang digunakan harus ada perbaikan pada hardware nya. Jika di software sudah di lakukan caracara metode yang benar. Dan bisa meminta bantuan counter untuk memperbaikinya

Artikel Menarik Lainnya: