Contoh Abstrak Dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Abstrak dalam Kehidupan Sehari-hari

Abstraksi merupakan sebuah konsep yang sering dipakai dalam berbagai bidang termasuk bidang informatika. Lantas apa contoh abstrak dalam kehidupan sehari-hari? bagi kamu yang ingin memahami lebih dalam mengenai contohnya.

Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan lengkap apa saja contoh dan juga manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan abstrak ini.

Contoh Abstrak dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh abstrak dalam kehidupan sehari-hari ternyata itu banyak ada yang diaplikasikan di dalam bidang informatika, mempunyai peran penting untuk mempermudah manusia dalam melakukan pemahaman mengenai informasi yang kompleks.

Nah, agar lebih memahami mengenai konsep abstrak tersebut berikut adalah beberapa contoh abstrak dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kamu temui, diantaranya adalah:

1. Penggunaan Abstrak dalam Pemrograman

Pertama seorang programmer dapat menuliskan kode program memakai berbagai macam bahasa pemerograman yang telah dilakukan penyederhanaan dengan abstrak. Bahasa pemerograman tersebut, seperti python, Java, atau C++ merupakan contoh dari abstraksi.

Dimana programmer untuk dapat mengekspresikan ide dan intruksi dalam bentuk yang mudah dipahami oleh manusia. Dan bahasa pemerograman tersebut biasa digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi.

Seperti aplikasi software tertentu, website, serta untuk membangun situs.

2. Pemakaian Konsep Abtrak dalam Pengembangan Perangkat Lunak

Dari penggunaan konsep abstraksi dalam pengembangan perangkat lunak, pihak pengembang perangkat lunak dapat melakukan pemisahan antara tampilan pengguna dan logika program yang kompleks.

Hal ini memungkinkan pihak pengguna untuk dapat melakukan interaksi dengan perangkat lunak melalui cara yang lebih intuitif, sehingga pengguna tidak perlu memahami detail teknik yang telah terlibat di balik layar perangkat lunak.

3. Mengajak Anak berbelanja

Salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan orang tua untuk memancing proses berpikir abstraksi anak yaitu dengan mengajak mereka berbelanja ke supermarket.

Di supermarket, tentunya anak akan melihat bagian-bagian tertentu misalnya bagian cemilan atau makanan kering, dan lainnya. dan orang tua bisa meminta anak untuk menemukan benda dengan merek atau brand tertentu.

Hal ini terlihat sederhana, dan secara otomatis otak kita memang melakukannya. Dimana anak fokus pada bagian untuk mencari benda yang perlu dibeli dan mengabaikan yang tidak berpengaruh.

4. Menceritakan Hari yang Sudah Dilalui

Contoh abstrak dalam kehidupan sehari-hari lainnya orang tua bisa melakukan proses abstraksi dengan menceritakan hari yang sudah dilalui contoh pertanyaan yaitu “Apa saja yang sudah kamu lalui hari ini?”.

Tentunya ada banyak kejadian yang dilalui anak ketika mereka keluar dari rumah atau pergi ke sekolah, mereka juga akan bertemu dengan banyak orang dan melakukan banyak hal.

Namun, biasanya akan memilih menceritakan hal yang paling berkesan bagi dirinya dan mengabaikan cerita lainnya. tanpa disadari, ini memicu proses abstraksi anak.

5. Membuat Rangkuman Mata Pelajaran

Adapun untuk melatih proses berpikir abstraksi anak yang bisa dilakukan guru yaitu dengan membuat rangkuman mata pelajaran tertentu.

Guru bisa meminta siswa untuk membaca materi di buku lalu membuat rangkuman poin-poin penting yang akan dipelajari. Dan itu juga merupakan salah satu proses dari abstraksi dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Abstraksi Pada Bidang Informatika

Penerapan abstraksi pada bidang informatika ini juga biasa digunakan dalam pemerograman. Adanya abstraksi tertentu dapat memberikan beberapa manfaat dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Memudahkan Pemahaman

Ketika seseorang memakai konsep abstraksi dalam pemerograman, maka kode program akan menjadi lebih terstruktur dan mudah untuk dipahami oleh pengembang. Selain itu, juga mudah dipahami oleh orang lain yang membaca kode tersebut.

2. Meningkatkan Efesiensi

Selanjutnya ketika melakukan abstraksi bagi pihak pengembang dapat menciptakan kode yang sifatnya lebih efisien. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggindari duplikasi kode dan melakukan pemanfaatan kembali kode yang sudah ada.

3. Memudahkan Perubahan

Apabila terdapat perubahan pada implementasi objek tertentu, abtraksi memungkinkan pihak pengembang hanya perlu mengubah deail implementasi pada satu tempat.

Nah, itulah beberapa contoh abstrak dalam kehidupan sehari-hari yang ditepatkan di kehidupan atau dalam bidang informatika yang memiliki beragam manfaat.

Dan manfaat tersebut terutama untuk mempermudah ketika melakukan pemerograman atau pun membuat kode prgram tertentu.

Fungsi Abtraksi

Selain mengetahui beberapa contoh abstraksi dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya berikut beberapa fungsi dari abstraksi, yaitu:

1. Collaboration

Ia membantu developer berkolaborasi dengan lebih baik lagi kita dapat melihat output pada fungsi, tanpa perlu melihat detail implementasinya. Dengan adanya implementasi saling percaya dan fokus terhadap pekerjaan atau tujuan masing-masing.

2. Generalization

Sebagai generalisasi misal kamu ingin menjalankan tugas tertentu kamu tentu perlu menulis sebuah program yang dapat melakukan tugas tersebut. Dan jika ingin membuat program mengalikan 4 dengan 6.

Kamu dapat membuat fungsi yang mengalikan dua angka lalu masukan angka 4 dan 6 dan disini kamu sudah mengabstraksi dari khusus tentang dua angka menjadi menghitung perkalian secara umum.

3. User Proteption

Fungsi lainnya sebagai user proteption contoh kamu bisa dapat melihat kata-kata tersebut muncul, tetap tidak menyaksikan berbagai perintah yang dikeluarkan komputer untuk merekam arti tombol pada keyboard, menyimpan dan mengirimkan kode ke monitor.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai contoh abstrak dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengajari anak berbelanja, memancing anak bercerita dan juga membuat rangkuman pelajaran, semoga bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: