Contoh Artikel Beserta Fakta Dan Opini

Contoh Artikel Beserta Fakta dan Opini

Contoh artikel beserta fakta dan opini akan kamu temukan pada artikel ini. artikel ini adalah salah satu jenis tulisan yang membahas mengenai sesuatu. Dan seringkali menemukan contoh artikel singkat yang di dalamnya terdapat fakta dan opini.

Akan kami jelaskan apa itu fakta dan opini dalam sebuah artikel. Tak hanya itu, kami akan jelaskan juga beberapa ciri dari artikel yang memuat fakta dan opini beserta contohnya agar kamu semakin paham. Simak sampai akhir yuk!

Ciri-Ciri Artikel Fakta dan Opini

Di dalam artikel kita pastinya akan menemukan sebuah kalimat fakta atau pun kalimat opini. Dan untuk membedakannya kamu perlu mengetahui apa ciri-ciri dari kalimat fakta dan opini yang terdapat dalam artikel.

Berikut penjelasan mengenai ciri-ciri kalimat artikel fakta dan juga kalimat opini:

1. Ciri-Ciri Kalimat Fakta dalam Artikel

  • Dapat dibuktikan kebenarannya
  • Berisi data-data yang sifatnya kuantitatif (berupa angka) dan kualitatif (berupa pernyataan)
  • Mempunyai data yang akurat baik waktu, tempat tinggal, peristiwanya
  • Di kumpulkan dari narasumber yang dapat dipercaya
  • Bersifat objektif, yakni data sebenarnya, buka dibuat-buat dan dilengkapi dengan gambar objek
  • Biasanya dapat menjawab rumus pertanyaan 5 W 1 H
  • Menyatakan kejadian yang sedang atau telah terjadi dan pernah terjadi
  • Menyatakan informasi berasal dari kejadian yang sebenarnya
  • Pengungkapan fakta cenderung desjriptif dan apa adanya
  • Penalaran fakta dan cenderung induktif

2. Ciri-Ciri Kalimat Opini dalam Artikel

  • Kebenaran opini dapat benar atau salah bergantung data pendukung atau konteksnya
  • Bersifat subjektif (bergantung pada kepentingan tertentu) dan biasanya disertai dengan pendapat, saran dan uraian yang menjelaskan
  • Tidak memiliki narasumber
  • Berisi pendapat tentang peritiwa yang terjadi
  • Menunjukan pikiran atau pendapat seseorang maupun kelompok
  • Informasi yang disampaikan belum ada pembuktiannya
  • Biasanya ditandai dengan penggunaan kata-kata, bisa jadi, sepertinya, mungkin, seharusnya atau sebiaknya
  • Pengungkapan opini cenderung argumentatif dan persuasif
  • Penalaran opini cenderung deduktif

Contoh Artikel Beserta Fakta dan Opini

IMG 20240218 104801

Berikut akan kami jelaskan beberapa contoh artikel beserta fakta dan opini dari berbagai tema yang bisa menjadi rekomendasi kamu untuk bahan acuan penulisan simak sampai selesai ya!

Contoh 1

“Pendidikan Penyembuh Kemiskinan”

Angka kemiskinan di Indonesia sangat tinggi, dan jumlahnya mencapai 26,36 juta orang per tahunnya. Di Indonesia memang ada banyak pengangguran karena sempitnya lapangan pekerjaan.

Selain itu, kualifikasinya masih belum bisa diterima oleh perusahaan yang membutuhkan. Padahal sebenarnya kualifikasi ini bisa ditingkatkan dengan pendidikan yang ditempuh.

Melihat dari berbagai contoh lowongan pekerjaan, kebanyakan perusahaan berharap bisa mendapatkan calon pegawai dengan lulusan minimal SMA atau sarjana.

Sedangkan masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak memenuhi kualifikasi jenjang pendidikan tersebut. Hal ini hanya menambah pengangguran yang semakin meningkat saja.

Dengan pendidikan yang baik atau paling atas masyarakat Indonesia kemungkinan dapat pekerjaan dengan mudah, hal ini bisa membantu mengangkat masyarakat dari kemiskinan. Tidak heran jika banyak yang mengatakan bahwa pendidikan adalah penyembuh kemiskinan.

Berdasarkan contoh artikel fakta dan opini singkat tersebut didapatkan kebenaran data angka kemiskinan di Indonesia, kemudian berdasarkan hal tersebut, penulis mengangkat pendapat tentang bagaimana pendidikan bisa berperan penting dalam penyembuhan kemiskinan.

Contoh 2

Lembaga Amerika Serikat Memprediksi Omicron di Indonesia Mencapai 300 Ribu

Seperti yang telah kita ketahui bahwa, kini di Indonesia bahkan dunia sudah banyak virus covid-19 dengan berbagai varian. Salah satu varian yang kini sedang marak menjadi perbincangan adalah Omicron.

Sebelumnya, lembaga penelitian kesehatan independent dari Amerika yaitu Institute for health metric adn Evaluation memprediksi bahwa tidak akan ada gelombang ke 3 virus corona di Indonesia.

Namun, diperkirakan semenjak adanya varian omicron ini kasus covid-19 di Indonesia akan bertambah jumlahnya.

Dalam grafik pada 5 Januari 2022. Menunjukan bahwa lembaga kesehatan memproyeksikan jumlah kasus mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai 20 ribu per hari. sementara pada awal Februari kasus bisa mencapai 59 ribu.

Meskipun pemberian vaksin di masyarakat cukup tinggi, namun kasus harian disebut masuk tinggi yaitu 53 ribu per hari pada bulan Februari 2022.

Namun, jika masyarakat ikut bekerjasama untuk menangani tentu saja masalah ini akan segera teratasi dengan baik dan virus corona cepat berakhir.

Contoh 3

Pemanasan Global Semakin Membahayakan

Perubahan aktivitas matahari dapat mempengaruhi suhu global. Matahari memiliki siklus aktivitas selama sekitar 11 tahun yang dapat menyebabkan perubahan suhu yang signifikan pada bumi.

Pemanasan global terjadi di bumi membahayakan pasalnya setiap tahunnya suhu air laut terus mengalami peningkatan kenaikan yang disebabkan oleh mencairnya suhu di kutub.

Selain mencairnya es di kutub yang menyebabkan naiknya air laut, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pemanasan global yaitu efek rumah kaca, semakin banyaknya gas industri dan banyaknya penggunaan plastik hingga yang lainnya.

Untuk mengurangi memperlambat pemanasan global yang kian hari semakin buruk banyak cara yang bisa kita lakukan salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan plastik.

Karena plastik ini adalah sampah yang sangat sulit di urai. Maka dari itu, dengan begitu kita bisa menghindari penggunaan plastik sekali pakai dengan tas agar lebih hemat dan mengurangi limbah plastik.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai contoh artikel beserta fakta dan opini serta ciri-cirinya yang perlu kamu pahami semoga artikel ini bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: