Contoh Descriptive Text Tentang Orang dan Artinya

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Contoh descriptive text tentang orang tentunya menceritakan atau menggambarkan seseorang, hal ini karena sesuai dengan deskripsi atau memberikan sebuah pemaparan untuk gambaran seseorang dengan menggunakan teks, haya saja dengan menggunakan bahasa Inggris.

Dan buat kamu yang sedang mencari contoh sebuah descriptive text seseorang, maka kamu bisa membacanya pada artikel Media Mustakim kali ini. Berikut dengan penjelasannya. Dan untuk memahami nya kamu tinggal baca saja artikelnya hingga akhir.

Pengertian Descriptive Text

Sebelum masuk pada pembahasan inti mengenai contoh descriptive text, yang paling awal harus kamu pelajari adalah mengenai pengertian Descriptive text. Untuk itu dibawah ini pengertian yang kami kutip dari beberapa halaman artikel.

Seperti yang disebutkan pada halaman detik.com, dalam buku bahasa inggris kelas 8 tahun 2016 oleh kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, descriptive text diartikan sebagai teks dalam Bahasa Inggris yang menjelaskan tentang seseorang, tempat, atau suatu benda secara rinci. Baik dari segi penggambaran tubuh, objek, sifat, atau lainnya.

Singkatnya descriptive text adalah teks yang menjelaskan tentang suatu hal. Baik orang, benda, peristiwa, atau tempat. Descriptive text memberikan penjelasan secara rinci agar pembaca paham objek informasi yang mereka cari.

Ciri – Ciri Descriptive Text

Selain dari pengetian descriptive text, selanjutnya mengenai ciri – ciri yang masuk pada kalimat descriptive text. Diaman ciri – ciri nya yaitu sebagi berikut ini:

1. Menggunakan Simple Present tense

Ciri yang pertama descriptive mengguakan simple present tense untuk menjelaskan suatu fakta atau kebenarannya yang terjadi dalam sebuah hal atau orang.

2. Mengunakan Banyak Adjective

Ciri yang kedua menggunakan banyak adjective. Adjective dikenal denga kata sifat, seperti baik buruk, besar kecil. Adjective digunakan karena descriptive text akan menjelaskan sifat sifat dari suatu benda, manusia, atau bintang.

3. Terdapat Relating Verb

Relating verb adalah jenis kata kerja yang berusaha sebagai peghitungan terhadap penjelasan kata benda yang menjadi subjek, seperti be, have, seem. Descriptive text banyak menggunakan relating verb sebagai penghubung antar subject dengan penjelasannya.

4. Descriptive text hanya memiliki satu fokus

Yang terakir ciri dari descriptive text hanya memiliki satu fokus, yaitu menjelaskan satu objek.

Struktur Descriptive Text

Selanjutnya selain dari ciri – ciri descriptive text, terdapat struktur descriptive text. Dan descriptive text memiliki dua struktur, yaitu identification (Pendahuluan) dan Description (Penjabaran). Berikut ini penjelasannya;

1. Identification (Pendahuluan)

Didalam struktur descriptive text identification berisi perkenalan atau penjelasan toko utama yang akan dideskripsikan. Bagian ini terletak pada paragraf pertama. Toko dapat berupa orang, objek, tempat, ataupun peristiwa.

2. Description (Penjabaran)

Struktur yang kedua bagian description berisi penjabaran secara jelas dan khusu tentang ciri – ciri, sifat, kebiasaan atau hal – hal lain yang berkaitan dengan objek yang akan dideskripsikan.

Contoh Descriptive Text Tentang Orang

Agar lebih memahami mengenai descriptive text yang menjelaskan tetang orang maka pembahasan selanjutnya masuk pada bahasan pokok yaitu megenai contoh descriptive text tentang orang. Untuk itu berikut ini contoh yang bisa kamu pelajari;

Maudy Ayunda is my favorite artist. She is so beautiful and smart. She has made me fall in love with her since I first saw her on TV. My first time seeing her played in movies and also become a singer. Her voice is also wonderful. I have liked her song since the first time I heard it.

Maudy is also an actress that cares about her education. I hear now she is studying somewhere at foreign university. I hope she will make new movies and songs soon.

Arti Indonesia; Maudi Ayunda adalah artis favorit saya. Dia sangat cantik dan pintar. Dia membuatku jatuh cinta padanya sejak pertama kali aku melihatnya di televisi. Pertama kali saya melihatnya adaah ketika dia mempromosikan produk kecantikan di iklan Televisi. Sejak saat itu, ia bermain film dan juga menjadi penyanyi. Suaranya juga luar biasa. Saya menyukai lagunya sejak pertama kali saya mendengarnya.

Maudy juga seorang aktris yang peduli dengan pendidikanya. Saya dengar sekarang dia belajar di suatu tempat di universitas luar negeri. Saya harap dia segera membuat film dan lagu baru.

Tujuan Membuat Descriptive Text

Adapun tujuan dari membuat descriptive text untuk membuat deskripsi, atau menggambarkan, mewakilkan atau mengungkapkan seseorang atau suatu objek, baik abstrak maupun konkret. Inilah mengapa deskriptive text ditulis dengan bahsa yang lugas dan singkat, agar isi teks mudah dipahami.

Selain itu tujuan selanjutnya yaitu agar lebih mudah dikenal oleh para pembaca megenai seseorang dan juga memberikan kesan yang tentunya akan sangat cepat dikenal apalagi jika menceritakan seseorang yang sangat ia sukai.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai contoh descriptive text tentang orang yang dapat media mustakim sampaikan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa;

  • Descriptive text diartikan sebagai teks dalam Bahasa Inggris yang menjelaskan tentang seseorang, tempat, atau suatu benda secara rinci. Baik dari segi penggambaran tubuh, objek, sifat, atau lainnya
  • Ciri – ciri dari deskriptive text adalah; Menggunakan simple present tense; Mengunakan banyak adjective; Terdapat relating verb; Descriptive text hanya memiliki satu fokus
  • Struktur descriptive text diantaranya; Identification (Pendahuluan); dan Description (Penjabaran)

Semoga penjelasan yang telah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk kamu semua, akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: