10 Contoh Energi Tak Terbarukan dan Penjelasannya

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Contoh energi tak terbarukan merupakan terdiri dari jenis sumber energi yang tidak bisa diperbarui dalam waktu cepat. Sumber energi ini sangat penting untuk menunjang kehidupan mulai dari untuk bahan bakar kendaraan hingga industri.

Pahami ciri-cirinya, contoh energi tak terbarukan, manfaatnya, hingga dampaknya untuk lingkungan.

Ciri-Ciri Energi Tak Terbarukan

Sebelum mengenal lewat contoh energi tak terbarukan, kamu dapat mengenalinya lewat ciri-ciri berikut ini.

1. Proses Pembentukan dan Pemanfaatannya tidak Sebanding

Jika dilihat dari sejumlah contoh energi tak terbarukan dapat dikenali kalau proses pembentukan dan penggunaannya tak sebanding. Proses pembentukan setiap sumber energi sangat lama sedangkan pemanfaatannya sangat cepat.

Apabila bahan bakar fosil tidak lagi tersedia di alam, maka tidak akan tersedia dalam waktu 1 atau 2 tahun.

2. Ketersediannya Terbatas

Ketersediaan batu bara, bahan bakar fosil, emas, mineral, dan energi lainnya sangat terbatas. Jika terus digunakan akan habis dan gantinya tidak tersedia secara cepat.

3. Perizinannya Sangat Ketat

Untuk memanfaatkan energi ini sangat ketat karena perizinannya tidak mudah. Seluruh sumber energi sangat dijaga oleh pemerintah sehingga tidak dapat diolah secara sembarangan. Minyak bumi dikelola oleh PT Pertamina, batu bara dikelola oleh PT Bukit Asam dan perusahaan lainnya.

Contoh Energi Tak Terbarukan

Suatu saat, sumber energi tak terbarukan akan habis apabila terus menerus di eksploitasi. Berikut ini contoh energi tak terbarukan di dunia.

1. Emas

Emas merupakan salah satu logam yang tidak dapat berkelanjutan. Logam ini sangat berguna untuk investasi dan perhiasan, meski sangat menguntungkan proses menambang sangat berat. Logam emas terbanyak di Indonesia ditemukan di Mimika Papua yang dikelola PT Freeport.

2. Uranium

Uranium merupakan salah satu bahan dalam industri nuklir yang kemudian sangat berguna untuk pembangkit listrik tenaga nuklir. Sumber energi ini merupakan contoh energi tak berkelanjutan selain itu pemanfaatannya sangat berisiko karena berdampak pada lingkungan.

3. Batu Bara

Contoh energi tak terbarukan lainnya adalah batu bara yang juga berguna dalam berbagai aspek. Sumber energi ini digunakan untuk pembangkit listrik, kendaraan, industri, dan masih banyak lagi.

4. Minyak Bumi

Contoh energi tak terbarukan berikutnya adalah minyak bumi yang tak kalah penting untuk kebutuhan manusia. Minyak bumi menjadi salah satu sumber energi tak berkelanjutan sebab berasal dari sisa organisme laut yang sudah tersimpan jutaan tahun.

5. Besi

Besi juga salah satu contoh energi tak terbarukan yang bisa digunakan untuk industri, alat rumah tangga, hingga pembangunan.

6. Mineral

Contoh energi tak berkelanjutan lainnya adalah mineral yang bisa diperoleh dari bahan galian. Sumber daya alam ini tidak berkelanjutan sehingga bisa habis kalau terus menerus diambil.

7. Gas Alam Cair

Gas alam cair dikenal juga dengan LNG, energi tak terbarukan ini dapat diubah menjadi bahan bakar transportasi dan industri.

8. Bahan Bakar Fosil

Bahan bakar fosil juga contoh energi tak terbarukan yang tidak akan tersedia lagi dalam waktu singkat dan bisa habis. Sumber daya alam ini berasal dari fosil jutaan tahun yang lalu.

9. Air Akuifer

Sumber daya alam lainnya adalah air ekuifer yang merupakan lapisan tanah untuk menampung air dan bisa membentuk mata air.

10. Kristal atau Intan

Sama seperti emas, intan harus digali dari dalam tanah dengan teknik manual hingga mekanisasi. Intan merupakan sumber daya alam yang tidak berkelanjutan sehingga harus digunakan secara bijak.

Manfaat Energi Tak Terbarukan

Ada banyak contoh energi tak terbarukan di dunia ini, setiap jenisnya sangat penting untuk menunjang kebutuhan manusia. Berikut ini sederet manfaat energi tak terbarukan untuk kehidupan.

1. Tenaga Pembangkit Listrik

Batu bara merupakan contoh energi tak terbarukan yang dibutuhkan sebagai tenaga pembangkit listrik. Salah satu cara kerjanya menggunakan tenaga uap, setelah batu bara dibakar uapnya dapat memutar turbin dan berubah menjadi listrik.

Hingga saat ini, konsumsi batu bara paling banyak digunakan untuk sektor pembangkit listrik dan diperkirakan akan menurun tahun 2050. Indonesia masih menjadi salah satu negara yang bergantung pada batu bara untuk tenaga pembangkit listrik.

2. Dimanfaatkan Sebagai Bahan Baku Industri

Batu bara tak hanya dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk memisahkan baja guna memperoleh alumunium. Bahkan, energi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat semen.

Sumber energi tak berkelanjutan lagi biasa dimanfaatkan sebagai bahan baku produksi untuk membuat karet serta plastik. Minyak mentah juga dikelola oleh salah satu perusahaan energi terbesar seperti Chevron.

3. Bahan Bakar Kendaraan

Batu bara sempat dimanfaatkan untuk kendaraan yang menggunakan mesin uap seperti kereta. Saat ini, kendaraan mulai menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar utamanya. Berbagai jenis bahan bakar kendaraan menggunakan solar, bensin, hingga olahan minyak bumi lainnya.

4. Energi untuk Keperluan Rumah Tangga

Selain itu, sumber energi tak berkelanjutan juga sering digunakan untuk menunjang kebutuhan rumah tangga contohnya memasak dengan gas LPG. Tabung gas berisi hidrokarbon dari gas alam yang telah melalui pengolahan.

Dampak Energi Tak Terbarukan

Meski terdapat sejumlah manfaat, ada juga dampak dari energi tak terbarukan, berikut ini daftarnya:

1. Menimbulkan Polutan

Salah satu dampaknya menimbulkan polutan yang biasanya dihasilkan dari pembakaran, aktivitas pabrik, kendaraan, dll. Kendaraan menggunakan minyak bumi lalu hasilnya menimbulkan polutan seperti karbon monoksida, hidrokarbon, hingga nitrogen oksida.

2. Pemanasan Global

Sejumlah energi seperti gas dan minyak bumi harus diolah dengan investasi yang tinggi agar digunakan dengan tepat. Di kota besar, sering terjadi kemacetan dan udara yang semakin panas karena penggunaan gas bumi yang berlebihan.

3. Menimbulkan Emisi

Setiap energi tak terbarukan biasanya menghasilkan emisi dari proses pembakarannya. Emisi ini memiliki dampak terhadap lingkungan. Salah satu dampaknya dapat merusak kualitas udara yang bisa menyebabkan penyakit pernapasan.

4. Tidak Dapat Diperbarui

Seluruh sumber energi tak terbarukan diambil dari alam dan jumlahnya terbatas serta tidak dapat diperbarui dalam 1 atau 2 tahun. Bahkan bahan bakar fosil saja berasal dari jutaan tahun yang lalu.

5. Menimbulkan Kerusakan Lingkungan

Bahkan, proses ekstraksi dari bahan bakar fosil menjadi energi yang dibutuhkan dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan.

6. Menimbulkan Perubahan Iklim

Hujan asam, pemanasan global, serta perubahan iklim merupakan dampak dari proses pembakaran bahan fosil. Selain menimbulkan perubahan iklim dan masalah lingkungan lainnya, bahan bakar fosil dijual dengan harga yang berubah-ubah.

Akhir Kata

Contoh energi tak terbarukan sangat banyak mulai dari minyak bumi, batu bara, nuklir, gas alam, bahan bakar fosil, dan masih banyak lagi.

Artikel Menarik Lainnya: