Contoh Gerak Manipulatif Dalam Permainan Sepak Bola

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Terdapat beberapa contoh gerak manipulatif dalam permainan sepak bola yang sering dilakukan baik oleh pemain profesional atau juga pemain yang baru bergabung dan berlatih. Pentingnya mempelajari gerak manipulatif agar mampu bermain dengan profesional.

Dan pada kesempatan kali ini media Mustakim akan membahas tentang beberapa gerakan maipulatif yang di bahas di artikel ini. Silahkan saja kamu pelajari pembahasan nya dengan membaca artikel ini sampai akhir.

Pengertian Gerakan Manipulasi

Sebelum masuk pada pembahasan selanjutnya, maka langkah awal yang harus kamu ketahui yaitu mengenai pengertian gerakan manipulatif. untuk itu kami kutip dari beberapa artikel lain yang menunjang pada pembahasan ini.

Seperti kami kutip dari artikel sehataqua.co.id mengenai gerakan maipulatif adalah kemampuan tubuh dalam menggunakan alat gerak, yaitu tangan atau kaki untuk melakukan sebuah aktivitas. Seperti halnya pada sepak bola menggerakan kaki untuk bisa menngontrol bola seperti;

  • Menendang
  • Kontrol Bola
  • Menggocek
  • menggiring bola dan lain sebagainya

Kegiatan tersebut sangat sering dilakukan oleh pemain sepak bola. Selain itu bagi kiper adalah mempertahankan serangan lawan. Sehingga gerak refleks seperti menangkap memblok tendangan, melompat menendang adalah modal dasar menjadi seorang kiper.

Kategori Keahlian Manipulatif

Dalam pergerakan sepak bola terdapat beberapa keahlian yang memang menjadi penunjang dalam keahlian manipulatif sepak bola.

Contoh Gerak Manipulatif Dalam Permainan Sepak Bola

Masuk pada pembahasan inti mengenai beberapa contoh gerakan maipulatif data permainan sepak bola. Dan dibawah ini terdapat beberapa contoh yang sering digunakan untuk memanipulatif dalam pertandingan sepak bola yang diantaranya:

1. Menendang

Pertama dasar permainan sepak bola adalah memanfaatkan kaki untuk menggerakkan bola. Atau sepak bola merupakan permainan dalam memanfaatkan kelincahan kaki. Seperti melakukan tendangan.

Tendangan yang akurat dalam sepak bola sangat penting sekali mampu di lakukan oleh setiap pemain. Dengan tendangan maka pemain bisa menghadang serangan lawan, atau juga bisa menjadi serangan untuk menghancurkan pertahanan lawan.

2. Menggiring Bola/ Drible

Dalam pertandingan sepak bola menggiring bola atau drible sering kali di lakukan baik sebagai pemain sepak profesional atau juga sebagai pemain yang baru bergabung. Dengan menggunakan kaki untuk menggiring dan melewati pemain lawan.

Dalam drible, pemain dapat menggunakan beberapa gerakan manipulatif seperti elips, putaran, atau perubahan secara tiba – tiba arah untuk mengecoh lawan.

3. Menangkap

Menangkap adalah aktivitas yang dilakukan seorang kiper untuk mempertahankan kebobolan dari serangan lawan yang menendang ke arah gawang. Maka penting sekali melakukan manipulatif dalam kegiatan menangkap untuk mempertahankan gawang dari kebobolan.

Agar seorang kiper reflek dalam menangkap bola maka perlu latihan yang rutin untuk mengolah feeling, mengolah refleks gerakan tangan, refleks gerakan kaki. Agar tidak dengan mudah gawang dijebol oleh pemain lawan.

4. Melempar

Selanjutnya yaitu melempar. Dalam sepak bola gerakan manipulatif melempar penting sekali dilakukan untuk melakukan lemparan baik dari seorang kiper atau juga dari seorang pemain saat bola dalam posisi out.

Tentunya memerlukan gerakan maipulatif agar lawan main bisa tertipu saat melakukan lemparan. Apalagi sekarang lemparan/ atau melakukan out bisa menjadi sebuah serangan yang sangat mematikan bagi lawan main karena lemparannya yang begitu jauh.

5. Berlari

Selanjutnya adalah berlari. Kegiatan berlari dalam sepak bola merupakan aktivitas yang sangat wajib bisa dilakukan oleh para pemain. Bahkan jika profesional berlari sekaligus mampu menggiring bola dengan lincah tentunya menjadi modal dan senjata yang sangat mematikan.

Kecepatan dalam berlari bisa menjadi gerakan mengecoh lawan main, karena mampu melewati pemain dengan kecepatan yang melebihi kemampuan lari dari lawan mainnya.

6. Melompat

Gerakan manipulatif dalam sepak bola selanjutnya yaitu melompat. Dan melompat dalam kegiatan sepak bola menjadi modal penting untuk mampu menggapai bola atas. Bola atas disini yaitu menyundul bola saat bola melayang di atas.

Pergerakan mengecoh saat menyundul bola perlu dimiliki setiap pemain agar bisa menghindari serangan lawan atau menyerang dari lawan untuk menciptakan permainan yang unggul.

7. Meloncat

Dalam sepak bola kegiatan meloncat sering kali dilakukan oleh seorang kiper untuk mempertahankan tendangan yang dilakukan oleh penyerang lawan. atau tendangan secara tiba – tiba. Jika loncatan dan tumpuan salah maka akan berakibat sangat fatal baik untuk penyerangan atau juga kesehatan.

Untuk itu penting sekali melatih loncatan agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal.

8. Berjalan

Gerakan manipulatif dalam sepak bola selanjutnya yaitu berjalan. Hal ini dilakukan untuk awal pertandingan dalam peregangan, sebagai penghemat tenaga, atau menyimpan cadangan tenaga untuk melakukan serangan.

Berjalan dalam sepak bola juga sangat penting di terapkan untuk mengecoh/ memanifulatif pergerakan dalam pertandingan sepak bola.

9. Menyundul

Terakhir yaitu menyundul bola. Dalam kegiatan menyundul bola adalah melakukan rebutan bola atas dengan menggunakan teknik lompatan dan juga kecepatan serta keseimbangan yang harus di miliki oleh pelaku sundulan.

Sundulan bisa menjadi serangan yang mematikan untuk lawan mainnya. Maka penting sekali melatih gerakan maipulatip menyundul di latih agar menjadi pemain profesional.

Cara Melatih Gerakan Manipulatif Dalam Permainan Sepak Bola

Untuk kamu yang hobi dalam sepak bola, tentunya ingin menjadi seorang pemain yang profesional. Hal ini agar dikenal dan menjadi modal untuk menggapai sebuah mimpi. Namun untuk mencapai semua itu memang tidak mudah tentunya perlu latihan yang rutin dan benar.

Dalam latihan sepak bola tentunya tenaga kaki, keseimbangan, Kecepatan, Akurasi, Ketepatan menangkap bola, dan strategi serangan sangat penting di pelajari. hanya saja untuk melatih fisik seperti ini secara sederhana bisa kamu lakukan seperti;

  • Berlari dengan rutin
  • Melakukan jagling
  • Melatih Otot – Otot
    • Otot Kaki sebagai tumpuan dan keseimbangan
    • Otok perut
    • Otot tangan
  • Dan mengolah tubuh lain untuk selalu rutin berolah raga
  • Melatih pernapasan agar saat bermain tidak kehabisan nafas

Dalam mengolah tubuh untuk menjadi pemain sepak bola tentunya harus memperhatikan beberapa aspek seperti

  • Pola Makan yang teratur
  • Pola tidur yang teratur
  • Olah raga yang teratur serta memiliki batasan agar tidak berlebihan
  • Mengetahui waktu yang tepat saat melakukan olah raga
  • Mengikuti instruksi pelatih agar dalam permainan tidak monoton

Kesimpulan

Kesimpulan dalam pembahasan kali ini mengenai contoh gerak manipulatif dalam permainan sepak bola adalah

  • Gerak manipulatif adalah kemampuan tubuh dalam menggunakan alat gerak
  • Conntoh gerakan manipulatif yaitu;
    • Menendang
    • Menggiring Bola
    • Menangkap
    • Melempar
    • Berlari
    • Melompat
    • Meloncat
    • Berjalan
    • Menyundul
  • Dalam mengasah kemampuan seperti yang disebutkan diatas perlu latihan yang teratur Agar menghasilkan pemain yang profesional

Dan itulah informasi yang dapat Media Mustakim sampaikan mengenai contoh gerakan manipulatif dalam permainan sepak bola yang bisa kami sampaikan. Silahkan kamu gunakan beberapa tips diatas dan semoga berhasil.

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: