8 Contoh Interview Kerja dan Jawabannya [Fresh Graduate]

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Ingin lolos tes interview kerja tahun ini? Simak beberapa contoh interview kerja dan jawabannya. Bocoran ini paling sering muncul saat tes kerja pastikan kamu menyimaknya hingga akhir.

Contoh Interview Kerja dan Jawabannya untuk Fresh Graduate

Dalam tes wawancara pekerjaan biasanya ada beberapa tahapan interview yakni interview HR dan User. Setelah lulus psikotes, calon karyawan akan diminta mengikuti interview HR.

Interview merupakan bagian dari tes untuk mendapatkan pekerjaan, umumnya 50% kandidat gagal lulus di interview pertama. Agar kamu tidak ditolak lagi, mari persiapkan secara maksimal dengan mengenal contoh interview kerja dan jawabannya.

1. Cara Menjawab Perintah Menceritakan Tentang Diri

Pada interview tahap pertama, biasanya manager HRD akan memulai pertanyaan dengan “Coba Ceritakan Tentang Diri Anda?” Saat diberi perintah seperti itu, kamu harus menjawabnya dengan tepat. Rumusnya jelaskan diri kamu dan alasan kenapa cocok untuk mengisi posisi yang dilamar.

Perkenalkan, nama saya Nada Tarina Putri. Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Saya sangat berminat pada bidang pemasaran, semasa kuliah saya pernah magang selama 6 bulan di agensi periklanan sebagai Copywriter. Tak hanya itu, saya juga aktif mengikuti organisasi jurnalistik di kampus.

Saya juga pernah bergabung ke komunitas bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan vocabulary yang mana itu menunjang kebutuhan copywriting. Hal tersebut dapat saya lakukan dengan tetap fokus pada bidang akademis yang sedang dijalani.

Hasilnya, saya dapat lulus tepat waktu, saya sangat senang bersosialisasi dan mencoba hal-hal baru. Dengan pengalaman non-formal yang saya miliki, saya harap dapat berkontribusi penuh pada perusahaan ini ke depannya.

2. Cara Menjawab Kalau Ditanya Hobi

Biasanya manager HRD akan menanyakan hobi kamu untuk menjawabnya pilihlah beberapa aktivitas yang mendukung pekerjaan kamu. Berikut contoh interview dan jawabannya terkait hobi. 

Saya sangat senang menggambar, saat ini saya sedang aktif berlatih design grafis sederhana di aplikasi Canva, CorelDraw, dan Adobe Illustrator. Selain itu, saya juga suka menulis dan menyimpan hasil-hasil tulisan di blog pribadi lewat situs Medium.

3. Darimana Kamu Mendapatkan Informasi Tentang Lowongan Pekerjaan Ini?

Contoh interview kerja dan jawabannya kalau kamu ditanya tentang dari mana memperoleh informasi lowongan pekerjaan ini, berikut jawabannya.

Saat ini saya sedang aktif mencari pekerjaan, saya melihat berbagai portal informasi lowongan kerja di Jobstreet, Instagram, KitaLulus, hingga Glints. Saya melihat iklan lowongan pekerjaan perusahaan ini dari Instagram lalu melihat profil perusahaan lewat internet. Saya tertarik pada lowongan pekerjaan yang mana sesuai dengan minat serta keterampilan yang saya miliki.

4. Contoh Jawaban Kalau Ditanya “Kenapa Tertarik pada Perusahaan ini?”

Contoh interview kerja dan jawabannya jika ditanya “kenapa tertarik melamar ke perusahaan ini”

Perusahaan ini sudah terkenal memiliki reputasi yang sangat baik sehingga saya yakin berkarir di sini. Selain itu saya juga memiliki skill sesuai posisi yang sedang dilamar. Bahkan budaya kerja di perusahaan ini sangat baik sehingga dapat menjadi tempat yang tepat untuk saya mengembangkan karir di bidang copywriting.

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya

Setelah melewati interview HR, kamu juga akan diminta mengikuti interview user. Berikut contoh interview kerja dan jawabannya.

1. Apa Alasan Anda Melamar Posisi Ini, Apakah Anda Sudah Memahami Posisi yang Saat Ini Dilamar?

Interview user yang pertama biasanya untuk mengetahui seberapa jauh kamu sudah mengenal tentang posisi yang akan dilamar. Saat menjawabnya, kamu harus menjelaskan pengalaman secara lengkap, berikut contohnya.

Saya tertarik pada posisi ini, selain karena memiliki pengalaman serta keterampilan dasar. Saya juga sedang mencari peluang untuk meningkatkan kemampuan di bidang copywriting. Posisi yang saya lamar saat ini dapat meningkatkan keterampilan teknik dan non-teknis.

Saya sangat menyukai bekerja sama dengan tim, bekerja di industri kreatif dan meningkatkan brand awareness para konsumen.

2. Sebutkan Keterampilan Apa Saja yang Kamu Miliki?

Contoh interview kerja dan jawabannya selanjutnya tentang keterampilan yang menunjang pekerjaan. Rumus untuk menjawab pertanyaan ini adalah menyebutkan beberapa keterampilan yang berkaitan agar kamu dinilai sebagai kandidat yang berkualitas.

Karena latar belakang pengalaman pernah mengikuti magang dan skill hasil magang berkaitan dengan posisi yang dilamar mendorong saya untuk melamar ke perusahaan ini. Saya memiliki kemampuan menulis yang sangat baik, saya juga memahami tata bahasa baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Untuk menunjang copywriter, saya juga mempunyai kemampuan riset serta analisis yang sangat baik. Itu sangat membantu saya ketika menganalisis serta mengumpulkan informasi yang sedang populer.

3. Bagaimana Cara Anda Mengatasi Beban Kerja Di bawah Tekanan?

Dalam interview user sering ditanyakan tentang cara memecahkan masalah. Salah satu pertanyaannya “cara mengatasi kerja di bawah tekanan” berikut ini jawabannya.

Saat memutuskan melamar ke perusahaan ini, saya sudah mengenal risiko dan tanggung jawab yang akan dihadapi. Dalam mengelola stress saya biasanya mengatasinya dengan istirahat yang cukup agar kembali fokus saat bekerja. Saya juga pernah mendapatkan target deadline pekerjaan yang padat tapi karena pekerjaan yang dilamar sesuai dengan minat sehingga tidak terasa membebani. Saya juga bersedia untuk menjalani pekerjaan lembur sesuai tanggung jawab yang diberikan.

4. Bagaimana Cara Anda Berkontribusi dalam Perusahaan?

Interview user juga seringkali menanyakan cara kamu akan berkontribusi pada perusahaan, berikut ini informasinya.

Saya akan menggunakan seluruh kemampuan serta keterampilan yang dimiliki untuk mendukung perusahaan. Di perusahaan tempat saya magang sebelumnya, saya telah berhasil membuat campaign iklan untuk meningkatkan penjualan produk per bulan-nya. Saya harap kemampuan tersebut dapat menunjang pekerjaan saat ini.

Akhir Kata

Dalam wawancara kerja, kamu akan menerima pertanyaan dari HR dan User. Maka dari itu penting sekali mengenal contoh interview kerja dan jawabannya agar lolos seleksi.

Artikel Menarik Lainnya: