Contoh Kata-Kata dalam Pengisian Raport PAUD

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Perlu kamu ketahui bahwa setiap sekolah pastinya memiliki laporan pembelajaran yang bernama raport baik dari jenjang PAUD sampai SMA pasti memilikinya. Dan tentunya di PAUD sendiri memiliki cara pengisian raport yang berbeda dari tingkatan lainnya.

Dimana dalam raport PAUD tidak ada nilai angka hanya ada deskripsi mengenai perkembangan anak. Nah, di artikel ini akan di bahas beberapa contoh kata-kata dalam pengisian raport PAUD yang mungkin bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi ini.

Contoh Kata-Kata dalam Pengisian Raport PAUD yang Paling Banyak Digunakan

Dengan adanya raport ini wali murid dapat mengetahui evaluasi pembelajaran mulai perkembangan anak dan lainnya dan catatan wali kelas memang sangat penting bagi orang tuaa murid untuk mengetahui perkembangan buah hatinya.

Dan berikut beberapa contoh kata-kata dalam pengisian raport PAUD, baik untuk kelas A atau kelas B, simak sampai akhir ya.

1. Contoh Kata-Kata dalam pengisian Raport PAUD kelas A

  • Terima kasih bunda, ayah, sudah menjadi orang tua terbaik. Ananda (Sebutkan nama) masih butuh perhatian lebih intens lagi dari bunda dan ayah, dilihat dari sikap dan perilakunya selama ini. sekolah terbaik tetap berasa dari lingkungan keluarga seorang anak.
  • Wah ananda (Sebutkan nama) hebat, bunda! Banyak perubahan yang terlihat di semester ini, khususnya perihal mengendalikan emosi pada awal semester ananda sering sekali tantrum, lambat laun ananda mampu belajar menanganinya. Dan terima kasih sudah bekerjasama selama satu semester ini.
  • Ananda (sebutkan nama) gesit dan lincah, ananda juga pandai bercerita namun masih malu ketika tampil di depan kelas. Tapi tidak apa, untuk bisa terampil dibutuhkan belajar dan berlatih tiada henti semangat ya!
  • Ananda (sebutkan nama) menunjukan minat yang besar dalam musik dan gerak. Ia dengan antusias berpartisipasi dalam kegiatan musik, seperti bernyanyi dan bermain alat musik sederhana. Ia juga memiliki koordinasi tubuh yang baik dalam gerak tari.
  • Ananda (Sebutkan nama) menunjukan kemampuan sosial yang baik. ia dengan mudah beradaptasi dengan teman-temannya dan mampu membangun hubungan yang positif. Ia juga memiliki empati yang tinggi dan selalu siap membantu teman-temannya.
  • Ananda (nama) menunjukan minat yang tinggi dalam eksplorasi lingkungan sekitarnya. Ia dengan antusias mengamati dan mengajukan pertanyaan tentang benda-benda disekitarnya. Itu “Hebat”
  • Ananda (nama) menunjukan perkembangan keterampilan sosial yang positif ia mampu berbagi, bekerjasama, dan mendengarkan pendapat temannya dengan sabar serta memberikan respon yang positif.
  • Banyak pencapaian yang dilakukan ananda (nama) di semester ini seperti sudah mampu berdoa dengan baik, mengucapkan 3 kata ajaib yakni maaf, tolong dan terimakasih itu sangat hebat sekali.
  • Terimakasih atas semangat belajarmu selama satu semester ini ananda (nama) terlebih, bakat ananda sudah mulai terlihat, dibuktikan dengan ananda yang senang bernyanyi, menari, serta tampil di depan banyak orang latih terus apa yang menjadi minat dan bakat ananda ya!.
  • Wah ananda (nama) hebat sudah berhasil melewati semester ini dengan semangat yang baik, untuk hal-hal yang masih kurang, jangan kecewa dan bersedih. Setiap anak memiliki keistimewaan di bidang yang berbeda kekurangan yang ada dapat diperbaiki menjadi suatu yang bernilai juga.

2. Contoh Kata-Kata Pengisian Dalam Raport PAUD Kelas B

Berikut beberapa contoh kata-kata pengisian raport PAUD kelas B, diantaranya:

  • Ananda (nama) semester ini sangat bersemangat dalam menerima pembelajaran di kelas, namun terkendala dengan peralatan sekolahnya yang belum lengkap. Apabila ananda memiliki kesulitasn di rumah, jangan sungkan mendiskusikannya bersama kami.
  • Ananda (nama) mulai berkembang untuk menyebut ciptaan Allah, mengucap syukur kepada Allah, mau tampil di depan kelas, bertanggung jawab, sopan santun dan mampu mengikuti kegiatan beribadah dengan baik.
  • Ananda (nama) mulai berkembang dalam menyebut nama anggota tubuh serta fungsinya juga bisa mengetahui bagaimana menjaga kesehatan tubuhnya. Selain itu, mampu menggerakkan tangan untuk menggenggam, meremas dan lainnya. Serta motorik kasar juga sangat baik dapat menendang bola dengan tepat, melompat dan mampu menirukan gerakan binatang lainnya.
  • Ananda (nama) ialah siswi yang sabar dan suka menolong teman-temannya. Di mohon bunda untuk membimbing ananda (nama) di rumah agar lebih berani ia masih sering malu dan takut untuk melakukan berbagai hal sendiri.
  • Ananda (nama) adalah siswa yang baik hati dan periang hanya saja masih kurang konsentrasi waktu berdoa, domohon bunda membiasakan berdoa dengan khusyuk di rumah.
  • Ananda (nama) sanagt peduli dan responsif terhadap pelajaran dibuktikan dengan nilai-nilainya yang cemerlang. Namun ananda sulit terbuka dan pemalu saat berinteraksi dengan kawan di kelas bunda bisa bantu ananda dengan mengajaknya ikut aktif bermain dan berkegiatan sosial di luar.
  • Perkembangan belajar ananda (nama) baik sekali untuk semester ini, ananda aktif, fokus, dan responsif terhadap sekitar pertahankan dan semoga bisa terus menjadi lebih baik lagi kedepannya.
  • Perkembangan bahasa ananda (nama) semesteri ini sangat berkembang sangat baik dimana ananda sudah mampu mengubungkan nama dengan bunyi huruf, memahami peritah bersamaan, memahami banyak kosa kata baru. Itu “Hebat”
  • Perkembangan sosial emosional ananda (nama) berkembang sesuai harapan dalam hal menyikapi emosi diri dan temannya, mampu menghargai prestasi, mampu berbagi, dan juga suka menolong teman, dan semakin mandiri.
  • Perkembangan kognitif ananda (nama) berkembang sesuai harapan dalam hal pemecahan masalah sehari-hari, mengurutkan bilangan dan serta mampu menulis dan memahami nama sendiri itu hebat.

Komponen Minimal Raport PAUD

Dalam laporan pencapaian pembelajaran PAUD ada 6 hal yang harus dimuat, diantaranya adalah:

1. Data diri anak

Komponen pertama yang harus ada di komponen raport PAUD yaitu adanya data diri anak.

2. Deskripsi Kemajuan Anak

Deskripsi kemajuan anak dalam tiap elemen CP, yaitu elemen nilai agama budi pekerti, elemen jati diri, dan elemen dasar-dasar literasi dan STEAM dan berikut hal yang perlu di cantumkan dalam deskripsi elemen CP, yaitu:

  • Hal-hal yang sudah dikuasai/dipelajari anak dalam kurun waktu tertentu “perilaku yang diharapkan muncul pada anak”
  • Bukti yang mendukung
  • Capaian yang belum muncul pada anak dan perlu untuk distimulasi pada kurun waktu selanjutnya, disertai dengan gambaran rencana guru untuk menstimulasi capaian yang belum muncul tersebut
  • Saran/tips/ajakan yang dituliskan secara konkrit bagi orang tua atau wali untuk mendukung optimalisasi poin c

3. Refleksi orang tua

  • Apa yang saya amati sudah berkembang pada diri anak saya?
  • Apa saja yang masih perlu dikembangkan pada diri anak saya?
  • Langkah-langkah apa yang dapat saya lakukan untuk membantu anak saya mengembangkan hal tersebut?

4. Informasi Ketidakhadiran Anak

Selanjutnya kamu juga perlu menghadirkan informasi ketidakhadiran anak juga perlu di sertakan.

5. Data Tumbuh Kembang

Data Tinggi Badan (TB) Berat Badan (BB) anak dengan interprestasinya (seusai permenkes No. 02 Tahun 2020)

6. Lampiran portopolio

Dan terakhir kamu menghadirkan portopolio anak di dalam laporan pembelajar secara menarik.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai contoh kata-kata dalam pengisian raport PAUD beserta komponen apa saja yang harus diisi. Semoga artikel ini bisa membantu ya!

Artikel Menarik Lainnya: