Contoh Objek Yang Bisa Digambarkan Dengan Warna Hijau Pada Peta Adalah?

Contoh Objek yang Bisa digambarkan dengan warna Hijau Pada Peta Adalah?

Pada peta pastinya kita melihat beberapa warna yang terdapat di sana dan tentunya hal itu memiliki arti tertentu. Warna yang muncul di peta diantaranya adalah warna hijau, hijau muda, kuning, coklat muda, coklat, biru keputihan, biru muda, biru tua.

Lalu contoh objek yang bisa digambarkan dengan warna hijau pada peta adalah? Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lengkap penjelasannya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai ya!.

Simbol Warna Pada Peta dan Penjelasannya

Sebelum beranjak ke contoh objek yang bisa digambarkan dengan warna hijau pada peta adalah kamu perlu pahami dulu simbol warna pada peta dan penjelasannya di bawah ini.

Berikut bebrapa arti simbol warna pada peta bisa dikaitkan dengan beberapa hal untuk lebih rinci kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

1. Hijau

Warna hijau menunjukan suatu daerah yang memiliki ketinggian kurang dari 200 meter. Dan bentuk muka bumi yang ada di wilayah ini biasanya didominasi oleh daratan rendah.

Dan contohnya daratan rendah banyak ditemukan di pulau Bali. Daratan rendah di pulau Bali berada di seluruh sebagian pulau tersebut. Daratan rendah yang paling luas terdapat di Denpasar Selatan, Kecamatan Negara, dan Gianyar.

2. Hijau Muda

Warna hijau muda ini menunjukan suatu daerah yang memiliki ketinggian antara 200 meter hingga 400 meter di atas permukaan laut. Bentuk permukaan yang mendominasi daerah ini adalah daerah yang landai.

Kemudian, disertai dengan bentuk muka bumi yang bergelombang.

3. Kuning

Simbol dan warna pada peta berwarna kuning ini diartikan sebagai daerah yang memiliki ketinggian antara 400 meter hingga 1000 meter di atas permukaan laut. Bentuk muka bumi yang ada di daerah ini didominasi oleh daratan tinggi dan perbukitan.

4. Coklat Muda

Warna coklat muda menunjukan daerah yang memiliki ketinggian antara 1000 meter hingga 1500 meter di atas permukaan laut. Bentuk muka bumi yang mendominasi daerah ini adalah pegunungan disertai dengan gunung-gunung yang rendah.

5. Coklat

Warna coklat ini menunjukan daerah yang memiliki ketinggian lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut. Bentuk permukaan bumi di daerah ini di dominasi oleh gunung yang relatif tinggi.

6. Biru Keputihan

Warna biru keputihan menunjukan warna pada perairan laut yang dangkal. Warna biru keputihan ini menunjukan wilayah perairan (laut) yang kedalamannya kurang dari 200 meter.

Bentuk muka bumi dasar laut di wilayah ini didominasi oleh bentuk lereng yang relatif landai. Dan wilayah ini juga disebut zona neritik penyebaran wilayah zona ini ada di sekitar pantai.

7. Biru Muda

Warna biru muda menunjukan wilayah perairan laut yang memiliki kedalaman antara 200 meter hingga 2000 meter. Bentuk permukaan bumi dasar laut di wilayah ini di dominasi oleh bentukan lereng yang relatif terjal.

8. Biru Tua

Contoh simbol warna pada peta yang terakhir adalah biru tua. Warna ini merupakan wilayah perairan yang memiliki kedalaman lebih dari 2000 meter.

Bentuk muka bumi dasar laut di wilayah ini sulit untuk diketahui dan tidak bisa diartikan dari peta, namun, laut dalam adalah berupa daratan, lubuk laut dan pelung laut.

Contoh Objek Yang Bisa Digambarkan Dengan Warna Hijau Pada Peta Adalah?

Contoh Objek yang Bisa digambarkan dengan warna Hijau Pada Peta Adalah?

Setelah memahami beberapa warna yang terdapat dalam peta jadi contoh objek yang bisa digambarkan dengan warna hijau pada peta adalah dataran rendah seperti contoh objeknya daerah Bali.

Dimana daerah tersebut menggambarkan daratan rendah dengan ketinggian kurang dari 200 meter. Selain itu ada juga contoh seperti hutan yang ketinggiannya sekitar 200 meter maka warna di peta akan di gambarkan dengan warna hijau.

Letak Geografis Peta Indonesia

Nah, agar informasinya semakin lengkap mengenai contoh objek yang bisa di gambarkan dengan warna hijau pada peta adalah kamu juga perlu memahami letak geografis peta Indonesia.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara 2 benua, yaitu benua Australia dan benua asia, serta terletak di antara 2 samudra yaitu samudra Hindia dan samudra pasifik.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Indonesia berada pada posisi silang dunia, pada posisi ini, Indonesia menjadi pusat jalu lalu lintas dunia.

Dalam peta, letak geografis yang ditunjukkan oleh garis lintang dan garis bujur di sebut dengan letak astronomis. Dan secara astronomis Indoneia terletak natar 6* lintang LU 11* LS dan 95* BT 141* BT.

Wilayah paling utara adalah Pulau We (6*LY) dan paling selatan adalah pulau roti (11* LS). Wilayah Indonesia paling barat adalah sabang yaitu barat dari sumatera (95* BT) sedangkan paling timur adalah kota Merauke (141* BT).

Simbol- Simbol dalam Peta

Ada beberapa simbol dalam peta yaitu:

  1. Simbol titik, yaitu menjelaskan area cukup sempit dan digambar dengan simbol titik seperti simbol segitiga, simbol pesawat, simbol kereta, simbol sendok dan garpu dan sebagainya.
  2. Simbol Garis, simbol garis pada peta dinyatakan data geografis seperti sungai, batas wilayah, hingga jalan tol.
  3. Simbol jangkar, maka jika menemukan simbol ini menjelaskan lokasi pelabuhan.
  4. Simbol Warna, yaitu untuk menunjukan perbedaan objek atau ketinggian suatu lokasi.
  5. Simbol Area atau Wilayah, yaitu untuk menyatakan area sempit, simbol area atau wilayah digunakan untuk menyatakan area yang luas seperti hutan, sawah, perkebunan dan sebagainya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai contoh objek yang bisa digambarkan dengan warna hijau pada peta adalah dataran rendah seperti hutan yang ketinggiannya kurang dari 200 meter.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: