Contoh Pasar Monopoli dan Penjelasannya (Lengkap)

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Di dalam buku ekonomi siswi/siswa SMA kelas X pastinya sedang mempelajari contoh pasar monopoli dan penjelasannya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan lengkap bagaimana caranya.

Tidak hanya contohnya akan kami jelaskan pula pengertian dan jenis-jenisnya maka dari itu simak artikel ini sampai selesai. Agar kamu tidak ketinggalan informasi lengkap mengenai hal tersebut.

Pengertian Pasar Monopoli

Istilah pasar monopoli ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu monos berarti satu dan polein berarti menjual. Jadi, pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai oleh satu penjual atau satu perusahaan.

Dalam pasar monopoli penjual memiliki keleluasaan besar untuk mengubah situasi dan kondisi pasar, terutama dalam hal menaikkan dan menurunkan harga. Penjual atau perusahaan yang menentukan harga dalam pasar monopolis disebut sebagai monopoli.

Dan pada dasarnya monopoli pedagang monopilis tidak perlu mengkhawatirkan persaingan sebab tidak ada pesaing bagi perusahaan dan tidak terdapat barang lain yang sejenis.

Sementara itu dalam sistem ekonomi, pedagang monopolis dihadapkan langsung dengan penjual lain yang memproduksi barang sejenis lainnya sebagai barang pengganti (Substitusi) yang dijual sebagai produk alternatif yang tidak sama persis (pengganti tidak sempurna).

Contoh Pasar Monopoli dan Penjelasannya

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai contoh pasar monopoli dan penjelasannya. Ternyata ada beberapa jenis pasar monopoli dan beragam jenisnya. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

1. Monopili Alamiah

Contoh pasar monopoli dan penjelasannya yaitu adanya pasar monopoli alamiah dimana pasar ini muncul oleh sesuatu yang alami pula. Monopoli ini terjadi karena suatu pihak memiliki keadaan dan situasi alam yang khas dan tidak dimiliki oleh pihak lain.

Misalnya, tanah yang subur, memiliki iklim yang sejuk dan cocok untuk segala jenis makhluk hidup, atau memiliki sumber tambang yang baik. Monopoli jenis ini hanya dimiliki oleh beberapa daerah tertentu saja.

Contohnya, daerah Papua memiliki monopoli bidang emas, Tulungagung yang memiliki monopoli di bidang marmer, Kalimantan dengan ritannya dan masih banyak kota lainnya.

2. Monopoli Masyarakat

Monopoli jenis ini dapat terjadi tergantung dengan keadaan masyarakat ketika masyarakat memberikan kepercayaan penuh khusus terhadap produk, maka itulah yang mampu menguasai pasar. Sebab masyarakat jadi tidak berpihak ke pihak lain.

Seperti halnya sepatu buatan Cibaduyut yang memiliki kualitas baik, enak dipakai, elastis, dan kenyamanan lainnya yang membuat masyarakat bertahan.

3. Monopoli Undang-Undang

Contoh pasar monopoli dan penjelasannya berikut ini adalah monopoli undang-undang dan monopoli ini terbagi beberapa macam berikut penjelasan lengkapnya:

3.1 Monopoli Negara

Monopoli ini bertujuan untuk melindungi aset aset berharga dan menyangkut hajat hidup orang banyak serta memberikan pelayanan terhadap kepentingan umum. Contohnya adalah:

  • Perusahaan Listri Negara (PLN)
  • Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
  • Pertamina yang Melayani Maysrakat dalam Pemenuhan Bahan bakar atau Minyak
  • Pos Indonesia yang bergerak di bidang surat menyurat, kirim barang dan lainnya
  • Bulog sebagai penyedia beras termasuk di antaranya beras impor
  • PT Kereta Api Indonesia
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

3.2 Monopoli Hak Cipta

Hak cipta merupakan sebuah perlindungan yang diberikan kepada seseorang yang berbakat dan memiliki sebuah karya atau produk yang berguna bagi banyak orang.

Dan hak cipta ini diberikan sebagai hak khusus bagi para pencipta atau pembuat karya untuk mengumumkan dan memperbanyak hasil ciptaannya.

Hak cipta diberikan di beberapa bidang, antara lain ilmu pengetahuan, kesusastraan, kesenian, dan lainnya. seperti hak buku sampai 50 tahu sesudah penulisnya meninggal dan untuk program komputer berlaku 25 tahun sejak pencipta program hak tersebut.

Dan hal tersebut membuat karya seseorang tidak akan dijiplak atau diperbanyak oleh pihak lain tanpa izin dari pihak terkait.

3.3 Hak Paten

Hak ini merupakan hak khusus yang diberikan kepada para penemu sebuah teknologi baru, baik berbentuk proses produksi ataupuun penyempurnaan dari dua hal tersebut. Dan hak paten ini berfungsi melindungi penemuan seseorang.

Contohnya hak perlindungan yang dimiliki perusahaan microsoft atas teknologi software dan lainnya.

3.4 Hak Merek

Yaitu hak yang diberikan untuk memberi tanda atau nama kepada suatu produksi, baik barang dan jasa dengan tujuan untuk membedakan dirinya dengan merk lainnya.

Dan hak diberikan ketika suatu merek telah mendaftarkan dirinya ke Direktorat Jenderal Paten, Merek dan Hak Cipta. Dengan demikian barang tersebut tidak bisa ditiru orang lain.

3.5 Monopoli Kemampuan Efisiensi

Kemampuan efesiensi yang dimaksud adalah kemampuan perusahaan untuk memproduksi suatu produk yang bagus dengan dana rendah.

Sebab, tidak semua perusahaan dapat meniru teknik dan cara modern yang diterapkan perusahaan tersebut. Jadi, perusahaan ini akan terlindung dari perusahaan pesaing lainnya.

3.6 Monopoli Karena Penguasaan Bahan Baku

Selanjutnya contoh pasar monopoli dan penjelasannya yaitu adanya monopoli penguasaan bahan baku. Dimana suatu perusahaan yang memiliki sumber daya atau bahan baku sendiri akan mengalami perkembangan pesat.

Selain itu menjadi importir bagi perusahaan lain, perusahaan ini dapat memproduksi dengan dana yang lebih murah sebab dapat menggunakan bahan baku sendiri. Dan perusahaan ini akan sulit disaingi oleh perusahaan lainnya.

3.7 Monopoli karena Penguasaan Teknologi dan Tenaga Ahli

Teknologi dan tenaga ahli merupakan aset penting bagi suatu perusahaan. Sebab, dengan dua aspek tersebut proses produksi akan berlangsung secara maksimal dan efesien. Sehingga perusahaan ini akan menjadi perusahaan yang mampu memonopoli perusahaan lainnya.

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Nah, setelah membahas contoh pasar monopoli dan penjelasannya selanjutnya mari kita bahas bagaimana ciri-ciri dari pasar monopoli ini penjelasan lengkapnya.

1. Industri satu perusahaan

Ciri pertama bahwa pasar monopoli ini barang atau jasa yang ditawarkan tak bisa diproduksi oleh perusahaan lain, dengan demikian para pembeli tidak punya pilihan lain untuk menggunakan barang atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut.

2. Barang atau Jasa Tak Punya Pengganti

Barang atau jasa yang diprodksi oleh perusahaan monopoli tak dapat digantikan oleh barang lain yang ada di dalam pasar. Barang juga tidak bisa digantikan oleh barang yang mirip.

3. Sulit Masuk ke Dalam Industri

Selanjutnya ciri pasar monopili tidak sembarang untuk masuk ke dalam industri monopili karena ada beberapa hambatan untuk masuk ke dalam pasar, mulai dari bersifat legal hingga finansial.

4. Dapat Mempengaruhi Penentu Harga

Ciri selanjutnya pasar ini dapat menguasai dan menentukan harga.

5. Tidak Perlu Promosi Iklan

Tidak seperti perusahaan lain pasar ini juga tidak perlu iklan karena sangat dibutuhkan dan sangat berguna.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai contoh pasar monopoli dan penjelasannya semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya dan membantu kamu yang sedang mencari tahu informasi ini.  

Jangan sepelekan hal yang kecil, karena sesuatu yang besar itu berasal dari hal-hal yang kecil termasuk pembiasaan.

Artikel Menarik Lainnya: