Contoh Pembiasan Cahaya dalam Kehidupan Sehari-hari

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Jika kita memperhatikan di kehidupan dan mengetahui ilmu IPA tentang pembiasan cahaya maka tidak akan sulit menemukan Contoh pembiasan Cahaya dalam kehidupan sehari-hari karena hal ini merupakan fenomena alam yang tidak lepas dari cahaya.

Namun karena kita kurang memperhatikan kejadian tersebut tentunya menjadi hal yang bisa dan tidak diperhatikan sebab dari pembiasan cahaya. Untuk itu Media Mustakim akan memberikan beberapa contoh pembiasan cahaya pada artikel ini dengan referensi penjelasan lainnya. Simak ya!

Pembiasan Cahaya

Agar dalam pembahasan langsung ada gambaran maka pembahasan yang pertama yang kita bahas yaitu mengenai apa yang di sebut dengan pembiasan cahaya. Dikutip dari halaman gramedia.com pembiasan cahaya memiliki arti masing – masing yaitu; Pembiasan dan Cahaya.

1. Pembiasan

Pembiasan adalah sebuah peristiwa pembelokan arah rambat cahaya yang bisa terjadi karena cahaya yang melewati suatu bidang batas antara dua medium yang berbeda. Dan pembiasan terjadi karena adanya sinar datang dan membentuk sudut tertentu cahaya datang tidak tegak lurus terhadap bidang.

2. Cahaya

Cahaya merupakan suatu gelombang elektromagnetik yang merambat lurus ke segala arah dengan kecepatan 3 x 108 m/s dan memiliki panjang gelombang sekitar 380 hingga 750 nm. Pada bidang fisika, cahaya merupakan suatu paket partikel yang disebut dengan istilah foton.

Sifat Sifat Cahaya

Berdasarkan rambat nya bahaya memiliki sifat. Dan berikut ini adalah sifat – sifat cahaya;

1. Cahaya Merambat Menurut Garis Lurus

Matahari memiliki pancaran sinar yang lurus. Dan matahari memiliki rambatan cahaya dari matahari ke bumi dan bisa mengakibatkan peristiwa siang dan malam. Contoh peristiwa nyata proses cahaya merambat menurut garis lurus adalah adanya gerhana matahari dan gerhana bulan.

Dengan terjadinya gerhana demikian sinar matahari yang dihalangi oleh bulan bisa membuat sebagian bumi mengalami sisi gelap.

2. Cahaya Dapat Merambat Menembus Benda Bening

Selanjutnya sinar matahari dapat menembus partikel tak berwarna atau transparan. Jadi benda yang memiliki sifat bening atau transparan bisa ditembus cahaya. Dalam hal ini tentunya akan mudah ditemukan untuk contoh sinar bisa tembus ke benda bening.

Adapun contohnya yaitu peristiwa cahaya menembus kaca bening seperti jendela dan lainnya.

3. Cahaya Dapat Dipantulkan

Selanjutnya cahaya memiliki sifat dapat dipantulkan, atau terdapat pemantulan cahaya yang diakibatkan cahaya membentur sebuah benda yang sebelumnya terkena cahaya. Sifat pemantulan cahaya ini bisa dibagi menjadi dua yaitu pemantulan teratur dan pemantulan baur atau difus.

4. Cahaya Dapat Dibelokkan

Sifat cahaya yang terakhir yaitu cahaya bisa dibelokkan. Cahaya dapat dibiaskan ketika cahaya mengalami pergerakan miring melalui medium yang berbeda kepadatannya. Contohnya cahaya dari udara kemudian melewati air. dan karena itu lah cahaya mengalami pembiasan dan pembelokan.

Sifat cahaya yang bisa dibelokkan dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam alat optik. Contohnya saat kamu melihat kolam yang tampak dangkah dangkal karena memiliki air yang jernih.

Contoh Pembiasan Cahaya dalam Kehidupan Sehari-hari

Terjadinya fenomena alam yang mengakibatkan siang dan Malam yaitu karena diakibatkan adanya cahaya (Sinar Matahari). Namun tahukah kamu bahwa ternyata fenomena alam bukan hanya terjadi pada siang dan malam saja, namun terjadi juga berbagi fenomena lain yang diakibatkan dari pembiasan cahaya.

Adapun contoh kejadian pembiasan pada cahaya dikehidupan sehari – hari diantaranya:

1. Pelangi

Muncul nya pelangi. Peristiwa terjadinya pelangi setelah hujan juga merupakan salah satu contoh dari pembiasan cahaya. Meski memang tidak terjadi setiap hari, namun memang sering terjadi apabila disaat musim penghujan.

Dan fenomena ini terjadi setelah turun hujan lalu kemudian panas. Peristiwa tersebut merupakan pembiasan karena cahaya dari matahari dibiaskan oleh tetesan air hujan. Dari cahaya matahari tersebut yang membias itu membuat sebuah cahaya dengan tujuan warna yang indah.

2. Fatamorgana

Contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari hari selanjutnya yaitu fenomena fatamorgana. Fenomena ini sering terjadi ketika kamu berada di jalan raya dengan kondisi cuaca yang sangat panas. Dalam peristiwa tersebut kita seolah ditipu oleh cahaya, karena jalan yang kering tampak basah.

Fenomena ini bisa terjadi dibeberapa tempat seperti di wilayah lapangan, Jalan raya, dan padang pasir. Peristiwa itu juga merupakan salah satu contoh dari pembiasan cahaya.

3. Tampak berkilau Saat Melihat Berlian

Contoh selanjutnya yaitu tampak berkilau saat melihat benda berharga yaitu jenis Berlian. Dari kilau cahaya yang di akibatkan oleh berlian merupakan kejadian pembiasan cahaya juga. Berkilau nya berlian disebabkan karena cahaya yang datang dari udara masuk kedalam media yang lebih rapat yaitu berlian.

4. Senter Yang Cahayanya tampak Patah

Selanjutnya terjadi pembiasan cahaya untuk contoh dalam kehidupan sehari – hari yaitu cahaya senter yang tampak patah. Hal ini bisa terjadi pada saat kamu menyenter sebuah kolam atau sungai yang jernih. Dan tentunya cahaya senter tersebut akan terlihat patah.

5. Kolam Dan Sungai Yang Terlihat Dangkal

Terjadinya pembiasan cahaya yaitu pada kolam atau sungai yang memiliki air yang jernih namun pada kolam atau sungai tersebut terlihat dangkal atau tidak dalam. Hal ini karena kolam tersebut terkena sinar matahari dan jika di lihat seperti dangkal padahal hal tersebut hanyalah bayangannya saja.

6. Terlihat Bengkok saat Sedotan Dimasukkan kedalam Gelas Berisi air Jernih

Pembiasan yang umum dan sering terjadi yaitu pada sedotan yang justru terlihat bengkok saat sedotan tersebut dimasukkan kedalam gelas yang berisi air. Hal tersebut bisa terjadi karena cahaya yang berasal dari udara yang bersifat tidak rapat menuju air yang lebih rapat.

Dengan cahaya yang merambat kedalam gelas tersebut menjadikan cahaya tersebut dibiaskan menjauh garis normal di dalam gelas berisi air. Dan bukan hanya sedotan yang akan terlihat bengkok namun barang lain yang jika dimasukkan kedalam gelas berisi air jernih akan terlihat bengkok pula.

7. Kacamata Alat bantu

Contoh pembiasan cahaya selanjutnya yaitu terjadi pada kacamata yang di gunakan sebagai alat bantu. Hal ini sangat membantu bagi mereka yang menderita mata rabun. Dan memang terdapat 2 jenis penyakit mata rabun yaitu rabun jauh dan dekat.

Namun pada dasarnya keduanya sama saja hanya saja jika rabun jauh menggunakan kacamata minus dan rabun dekat menggunakan kacamata plus. Cara kerja kacamata nya yaitu memanfaatkan pembiasan cahaya dengan lensa negatif. Yaitu agar benda yang jauh tetap di depan retina sehingga penglihatan jelas

8. Periskop

Contoh tentang pembiasan cahaya yaitu periskop. Periskop adalah alat yang digunakan untuk membantu mengamati sesuatu dari jarak jauh. Dan biasanya alat ini digunakan kapal selam untuk memantau aktivitas diatas permukaan kapal.

Periskop bekerja dengan menggunakan prima segitiga yang berguna untuk membelokkan cahaya. Cara kerjanya adalah bayangan – bayangan dibiaskan oleh lensa objektif. kemudian dipantulkan oleh prisma segitiga dan kemudian lensa okuler membiaskan bayangan ke mata pengamat.

Kesimpulan

Dari materi pembahasan mengenai contoh pembiasan dalam kehidupan sehari – hari dapat kita simpul-kan bahwa;

1. Pembiasan Cahaya adalah peristiwa pembelokan arah rambat cahaya dan terjadi karena cahaya melewati suatu bidang batas antara dua medium yang berbeda

2. Sifat – sifat cahaya ada 4

  • Cahaya merambat menurut garis lurus
  • Cahaya dapat merambat menembus benda bening
  • Cahaya dapat dipantulkan
  • Cahaya dapat dibelokkan

3. Contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari – hari diantaranya;

  • Pelangi
  • Fatamorgana
  • Berlian
  • Senter yang cahayanya tampak patah
  • Kolam dan sungai yang terlihat dangkal
  • Terlihat bengkok saat sedotan dimasukkan kedalam gelas berisi air bening
  • Kacamata alat bantu
  • Periskop

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: