Contoh Pidato Tentang Pendidikan yang Baik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Pidato merupakan kegiatan berbicara di depan publik untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan dengan bahasa yang di buat dan diatur agar dalam penyampaian tersusun dengan rapi. Dan salah satu contoh pidato tentang pendidikan yang tentunya sering kali di gunakan.

Dan jika kamu mencari referensi mengenai pidato pendidikan dan juga pin – poin penting dalam pembuatan teks pidato maka di artikel media mustakim ini akan dibahas. Untuk itu agar kamu memahaminya kamu bisa membaca artikel ini sampai tuntas.

Pengertian Pidato

Pada intinya pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum. Seperti penjelasan yang di sampaikan dari halaman gramedia.com pidato adalah sebuah kegiatan berbicara didepan banyak orang. Pidato dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan dapat di terima oleh pendengar.

Isi pidato yang disampaikan harus mengarah pada ide dan petunjuk. Tak jarang juga orang yang melakukan pidato akan memberikan nasihat – nasihat kepada pendengarnya. Dan ini tentunya tergantung pada konteks atau kondisi pidato tersebut.

Sementara menurut kamu besar bahasa Indonesia pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata – kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Cara Membuat Teks Pidato

Dalam pembuatan teks pidato tentunya bukan untuk sembarang dalam membuat teks pidato, tentunya terdapat beberapa aturan yang harus kamu ikuti agar pidato tersampaikan dengan tersusun. Dan jika kamu akan membuat teks pidato maka kamu harus memperhatikan beberapa hal yang diantaranya:

1. Jenis Pidato

Yang pertama agar pidato yang kamu sampaikan bisa di sesuaikan dengan suasana lingkungan yang sesuai maka kamu bisa memilih jenis pidato untuk disampaikan. Dan ada 4 jenis pidato yang bisa kamu buat untuk di sampaikan.

1.1 Pidato Informatif

Yang pertama pidato berjenis informatif. Dan pidato informatif adalah pidato yang memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah pengetahuan atau informasi penting. Informasi – informasi tersebut akan diberikan pada komunikasi atau pendengaran.

Menurut Monroe Ehniger dan Grobeck pidato informatif dibagi menjadi 3 macam yaitu;

  • Pidato laporan lisan, seperti laporan panitia, laporan proyek, laporan tahunan dan sebagainya
  • Pengajaran atau Oral Instrumen seperti Guru yang sedang menjelaskan, Atasan yang menerangkan sebuah pekerjaan kepada karyawan-nya
  • Informative Lectures atau kuliah. Seperti ceramah umum, presentasi yang dilakukan didepan peserta konferensi, Kegiatan pengajian dan sebuah penyajian makalah

1.2 Pidato Argumentatif

Yang kedua jenis pidato argumentatif yaitu pidato yang didalamnya mengandung beberapa hal seperti dalil, argumentasi, data atau alasan. Dan argumen tersebut digunakan untuk mendukung atau menolak sebuah pernyataan.

1.3 Pidato Reaktif

Pidato reaktif adalah pidato yang sering disebut dengan pidato kekeluargaan. Dan pidato ini akan menyuguhkan sebuah kegembiraan. Selain itu pidato yang disampaikan juga bisa menciptakan keramahtamahan sebuah keluarga, baik bahagia atau juga sedih.

1.4 Pidato Persuasif

Yang terakhir yaitu pidato yang berjenis persuasif atau pidato dengan tujuan untuk mempengaruhi pendengarnya. Cara menyampaikan nya yaitu dengan menggunakan manipulasi psikologi. Tujuan dari pidato jenis ini yaitu untuk meningkatkan aksi atau tingkah laku seseorang.

2. Struktur Pidato

Yang harus kamu perhatikan untuk membuat sebuah teks pidato yaitu harus memperhatikan struktur dalam pembuatan pidato dan pada umumnya struktur dalam teks pidato ini yaitu sebagai berikut ini.

2.1 Pembukaan

Yang pertama haus kamu buat yaitu membuat salam pembuka. Dan ada empat bagian dalam salam pembuka yang diantaranya;

  • Salam Pembuka
  • Memberikan ucapan penghormatan kepada para hadirin yang di susun sesuai dengan jabatan nya
  • Ucapan rasa syukur karena dan juga berterimakasih sudah diberi kesempatan untuk berpidato
  • Yang terakhir membuat kalimat pengantar topik yang akan di sampaikan kepada para hadirin. Tentunya topik yang akan dibicarakan nantinya

2.2 Isi

Yang kedua yaitu bagian isi dari pidato. Dimana yang harus disampaikan dalam isi pidato ini yaitu haruus bersifat informatif, atau menyampaikan informasi yang penting dalam isi pidato-nya. Hal ini agar memberikan suasana yang nyaman dan juga dapat diterima oleh khalayak.

2.3 Penutup

Yang terakhir bagian penutup. Dimana isi dari bagian penutup disini harus menyampaikan sebuah kesimpulan dari pembahasan yang telah disampaikan. Dan juga menyampaikan rasa maaf mengenai kesalahan kesalahan yang sekiranya disampaikan dalam isi pidato.

Setelah itu mengucapkan terimakasih kepada para hadirin dan juga mengucapkan salam penutup.

Contoh Pidato Tentang pendidikan

Setelah kamu memahami mengenai bagaimana cara pembuatan sebuah pidato, maka berikut ini salah satu contoh pidato yang bisa kamu tiru. Dan tentunya isi dari pidato ini berisi tentang pendidikan. Berikut ini contoh pidato yang di ambil dari artikel kumparan.com

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bapak/ Ibu guru serta teman – teman yang saya hormati, pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah kepada kita semua sehingga dapat berkumpul di tempat ini.

Tentunya semua sudah tahu sekolah merupakan tempat pendidikan dan pengajaran bagi para siswa dan tentunya pendidikan tidak lepas dari perbuatan negatif yang sering muncul hal ini sejalan dengan perkembangan dan usia, terutama usia ABG. Apalagi jika kontrol dari sekolah dan keluarga tidak ketat.

Tentunya prilaku negatif muncul sangat di sesalkan yang di tunjukkan oleh prilaku para peserta didik dengan berbagai motif. Seperti penggunaan obat-obat terlarang, bolos sekolah. Dan kenakalan lain yang keluar dari etika dan norma baik sekolah maupun lingkungan.

Dan jika dibiarkan tentunya akan sangat berdampak sangat besar jika dibiarkan. Untuk itu kami pihak sekolah mengajak kepada para orang tua, guru, dan juga tokoh masyarakat untuk memperketat kegiatan siswa demi terbentuknya pribadi yang baik.

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan dan akhir saya ucapkan terimakasih.

Asalamualaiku warohmatullahi wabarokatuh.

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai contoh pidato pendidikan diatas, dapat disimpulkan bahwa

1. Pidato adalah menyampaikan informasi di depan umum

2. Cara membuat teks pidato yang harus kamu perhatikan yaitu;

  • Jenis Pidato
    • Pidato Informatif
    • Pidato Argumentatif
    • Pidato Reaktif
    • Pidato Persuasif
  • Struktur Pidato
    • Pembukaan
    • isi
    • Penutup

Semoga penjelasan yang Media Mustakim sampaikan bermanfaat untuk kamu semua dan akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: