Contoh Resume Lamaran Kerja yang Benar Agar Mudah Diterima

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Resume dalam lamaran kerja terkadang di minta oleh perusahaan beserta dengan CV. Dan tentunya antara CV dan Resume berbeda, jika di perhatikan CV menginformasikan data diri lebih lengkap sedang Resume agak singkat. Untuk itu di sini dibahas mengenai contoh resume lamaran kerja.

Dalam artikel pembahasan media Mustakim kali ini, akan terfokus pada materi mengenai contoh resume untuk lamaran kerja. Dan agar kamu tidak gagal faham memahami mengenai materi yang kami berikan, maka silahkan kamu pelajari materi nya sampai akhir pembahasan nya.

Resume Lamaran Kerja

Tidak sedikit orang yang menyamakan antara resume dan juga CV. padahal jika di perhatikan tentunya sangat berbeda. Dan juga banyak di antara perusahaan meminta resume untuk kelengkapan lamaran kerja. Untuk itu apa sih yang di sebut dengan resume lamaran kerja?

Dikutip dari kitalulus.com Resume lamaran kerja adalah ringkasan dari CV. Didalamnya terdapat data singkat, jenjang pendidikan, pengalaman karir, hingga ringkasan yang menjelaskan keunggulan diri. Dan bedanya resume tidak se lengkap data CV.

Didalam CV data yang di Informasikan dengan sangat lengkap dan detail dibandingkan dengan data yang di taut kan di resume. Jika biasanya resume hanya dengan 1 halaman maka CV bisa lebih panjang hingga dua halaman. Hal ini karena data yang di jelaskan secara jelas sesuai dengan pengalaman.

Isi Resume Lamaran kerja

Setelah kamu mengetahui mengenai resume lamaran kerja, maka langkah selanjutnya yaitu mengenai informasi atau data yang bisa ada didalam resume. atau dalam istilah lain yaitu bagian bagian resume. Dan dan berikut ini, bagian – bagiannya;

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Resume

Yang pertama isi dari resume adalah mengenai tempat dan tanggal penulisan resume, dimana tentunya menjelaskan tempat dan tanggal pembuatan. Letak penulisan tempat dan tanggal penulisan di simpan pada bagian kanan atas.

Contoh penulisannya yaitu; Garut, 5 Januari 2024

2. Perihal Dan Lampiran

Yang kedua yaitu terdapat perihal dan lampiran dalam penulisan. dan lampiran disini yaitu sebuah berkas sebagai pendukung atau penguat data yang di Informasikan di dalam resume. Sedang perihal yaitu sebuah tujuan melamar kerja.

Contoh kata – kata dalam penulisannya yaitu;

  • Perihal : Lamaran Kerja
  • Lampiran : 7 Berkas

Posisi penulisannya di bagian sebelah kiri.

3. Nama Perusahaan dan juga Alamat Resume Ditujukan

Setelah adanya perihal dan Lampiran, hal yang sangat penting dalam isi resume yaitu mengenai tujuan surat untuk siapa, dan bisanya jika melamar pekerjaan maka tujuan surat yaitu kepada HRD Perusahaan. Contoh Penulisannya yaitu;

Yth. HRD CV. MAJU MUNDUR

Jl. Kelapa Gading No.305 Jakarta Selatan

4. Salam Pembuka

Selanjutnya penulisan salam pembuka. Gunakan salam pembuka dengan kata – kata yang lazim digunakan seperti kata yang umum di gunakan yaitu Dengan Hormat,atau bisa juga mengucapkan salam

5. Paragraf Pembuka

Yang selanjutnya yaitu menulis paragraf pembuka dimana isi dari paragraf pembuka pada umumnya mengenai maksud lamaran kerja dan posisi yang dilamar serta menjelaskan mendapatkan informasi lamaran kerja.

Contoh kata – katanya yaitu;

Dengan datangnya surat lamaran ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi Cleaning Service. Informasi mengenai lowongan yang kerja ini saya dapatkan dari media sosial di CV. Maju Mundur pada selasa 2 Januari 2024 lalu.

6. Data Diri

Dalam mencantumkan data diri tentunya digunakan pada umumnya, data tersebut yang akan menjadi informasi yang di sampaikan kepada pihak yang berwenang dan menjadi pertimbangan sepintas bagi pihak berwenang, seperti jika perusahaan pihak HRD.

Data yang diberikan bisanya seperti informasi dibawah ini;

  • Nama : Wanhar
  • Tempat, Tanggal Lahir : Garut, 20 Desember 1997
  • Jenis Kelamin : Laki – laki
  • Pendidikan Terakhir : SMA Sederajat
  • Alamat : Kp. Suka Senang 003/002 Desa Simanalagi Kecamatan Pasir Wangi Garut
  • Nomor Telepon/ HP : 0852 444 555 666

7. Keunggulan Diri

Pada bagian ini, penjelasan mengenai keunggulan diri yaitu bisa kamu jelaskan sebuah pengalaman kerja atau juga organisasi dengan penjelasan yang singkat. Dan juga kamu jelaskan mengenai keunggulan atau skil yang kamu miliki.

Contoh kata kata yang bisa kamu gunakan sebagai berikut ini;

Saya berpengalaman untuk pekerjaan menjadi Cleaning Service di perusahaan sebelumnya, untuk itu saya memberanikan diri untuk melamar di perusahaan CV. Maju Mundur. Selain itu saya juga sering mengikuti pelatihan seperti instalasi listrik dan juga perbaikan kecil di gedung atau rumah.

Dengan ikut serta di perusahaan CV. Maju Mundur semoga karir saya bisa meningkat kedepan nya.

8. Daftar Lampiran

Sebelumnya dalam lampiran diatas kamu sudah menautkan mengenai lampiran. Nah, dalam berkas – berkas ini lah mengenai dokumen penting yang akan di berikan di perusahaan kamu tuliskan. Dengan tujuan agar perusahaan mempertimbangkan pelamaran kamu dan dapat diterima karena data lengkap.

Contoh dalam penulisannya yaitu

Dalam resume ini, saya lampir kan berkas – berkas yang di butuhkan seperti;

  • Curriculum vitae terbaru
  • Portofolio terbaru
  • Scan KTP
  • Scan Ijazah
  • Scan Transkip Nilai
  • Scan pengalaman kerja
  • Scan Foto terbaru

9. Penutup

Selanjutnya merupakan paragraf penutup. Dalam paragraf ini isi penulisannya berisi tentang kebenaran data yang diberikan, dan juga menjadi pertimbangan perusahaan untuk pelamaran.

Contoh kata – katanya yaitu;

Semua data yang saya berikan diatas merupakan data yang sebenar benarnya, dan jika di kemudian hari terdapat data yang tidak benar atau data palsu, maka saya siap bertanggung jawab.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, dengan data yang saya sampaikan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan Ibu/ Bapak. HRD CV. Maju Mundur, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

10. Salam penutup

Sebelum nya ada salam pembuka, dan tentunya harus ada salam penutup. Dan salam penutup bisanya dengan kata – kata “Hormat Saya”. Posisi penulisannya yaitu di bagian atas tandatangan atau pada bagian kanan bawah.

11. Tanda Tangan Berikut Nama Pembuat

Yang terakhir tentunya menandatangani surat yang kamu buat, dan dibawah nya nama kamu dengan jelas. Jika data merupakan soft file maka kamu bisa membuat tandatangan dengan cara tandatangan elektronik.

Contoh Resume Lamaran Kerja

Setelah kamu mengetahui metode penulisan resume lamaran kerja, maka tentunya kamu harus mengetahui jenis – jenis resume lamaran kerja. Dan berikut ini jenis – jenis lamaran kerja;

  1. Contoh resume lamaran kerja untuk fresh graduate
  2. Contoh resume lamaran kerja untuk pembuatan di word
  3. Contoh jenis lamaran kerja untuk pembuatan secara online
  4. Contoh resume lamaran kerja dibuat dalam bahasa inggris

Kesimpulan

Demikian informasi yang dapat media Mustakim sampaikan mengenai contoh resume lamaran kerja. Dan dapat disimpulkan bahwa contoh resume lamaran kerja merupakan informasi singkat dari seorang pelamar kerja. Dengan isi dalam surat nya yaitu;

  • Tempat dan tanggal penulisan resume
  • Perihal dan lampiran
  • Nama Perusahaan dan juga alamat resume ditujukan
  • Salam pembuka
  • Paragraf pembuka
  • Data Diri
  • Keunggulan Diri
  • Daftar Lampiran
  • penutup
  • Salam penutup
  • Tandatangan dan juga Nama Pembuat

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: