Contoh Tulisan di Amplop Lamaran Kerja

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Ternyata masih saja banyak para pelamar kerja yang bingung dengan menulis di amplop lamaran kerja sehingga para pelamar mencari contoh tulisan di amplop lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku, serta bisa menarik perhatian penerima lamaran kerja.

Untuk itu pada pembahasan artikel Media Mustakim kali ini akan fokus membahas pada contoh tulisan di amplop untuk kamu yang akan melamar kerja. Dan silahkan kamu menyimak pembahasan penting ini dengan membaca artikel nya hingga akhir pembahasan.

Sekilas Mengenai Amplop Lamaran Kerja

Tentunya tak terhalang dengan era digital amplop lamaran kerja masih saja digunakan oleh sebagian perusahaan yang membutuhkan bukti fisik dokumen lamaran. Dimana dokumen tersebut di kumpulkan dalam wadah yang dinamakan dengan amplop lamaran kerja.

Hanya saja, membuat tulisan amplop lamaran kerja tentu harus sesuai dengan aturan dan dengan penulisan bahasa yang baik serta rapi, agar di saat HRD perusahaan menerima terkesan menarik dan juga rapi.

Memang perusahaan perusahaan atau lembaga membuat aturan pelamar beragam dengan mengirim soft file, arau hard file, namun ada juga yang meminta di kirim keduanya. Dengan demikian tentu saja menulis di amplop lamaran kerja harus bisa memberi kesan rapi dan menarik.

Alasan menggunakan Amplop Lamaran Kerja

Untuk kerapihan, keamanan, serta rahasia di dalamnya, maka penting sekali menggunakan amplop lamaran kerja untuk dokumen lamaran yang telah kamu buat serta dimasukkan pada satu amplop. Selain itu di amplop biasanya ada keterangan mengenai tujuan pengiriman.

Pengiriman tersebut bisa sampai dengan aman dan selamat apabila petugas pengirim mendapatkan keterangan pengiriman dengan jelas, Dan biasanya keterangan tersebut dibuat oleh si pelamar di luar amplop lamaran kerja.

Selain itu jika tidak menggunakan dokumen maka akan sulit mengidentifikasi identitas kamu, selain tidak terlihat rapi juga kemungkinan kamu tidak akan di notice oleh pihak rekruter. Dan fatal-nya lamaran kamu akan dibiarkan begitu saja.

Ukuran Standar Untuk Amplop Lamaran Kerja

Perlu kamu ketahui, amplop lamaran kerja dengan amplop mengirim surat biasa tentu saja berbeda. Ukuran amplop untuk melamar kerja cenderung akan lebih besar. Dan jika kamu pernah melihat, ada amplop yang putih atau coklat.

Dan untuk kamu yang ingin mengetahui lebih detail mengenai amplop lamaran kerja berikut ini lamaran kerja sesuai dengan standar yang benar.

  • Berwarna coklat polos
  • Memiliki ukuran F4
  • Memiliki perekat atau tali di bagian penutup-nya

Isi Dari Amplop Lamaran Kerja

Dalam membuat lamaran kerja tentunya sedikit banyaknya dokumen yang dikumpulkan tergantung pada ketentuan yang di tetapkan sebuah perusahaan atau lembaga. Dari data – data tersebutlah menjadi terkumpul dan di satukan kedalam satu amplop lamaran kerja.

Namun pada umum nya isi amplop lamaran kerja yang dipinta oleh perusahaan pada umum nya sebagai berikut ini;

  • Surat lamaran kerja
  • Data diri
  • Daftar riwayat hidup
  • Foto copy ijazah legalisir
  • Foto copy transkip nilai legalisir
  • SKCK
  • dan lainnya

Format Tulisan di Amplop Lamaran Kerja

Sebelum masuk pada contoh tulisan di amplop kita akan membahas mengenai format yang harus di tulis dalam amplop lamaran kerja. Dan penjelasan berikut ini kami kutip dari halaman kitalulus.com yaitu;

1. Tulis Posisi yang di Lamar

Cara menulis amplop lamaran kerja yang pertama adalah kamu harus menulis posisi yang kamu lamar di pojok kanan atas di halaman muka amplop. Data ini wajib kamu tulis supaya perusahaan tahu lamaran kamu ditujukan ke posisi apa.

Contoh penulisan amplop lamaran kerja di bagian kanan atas;

Jabatan: Operator

2. Tulis Data Diri Pelamar dengan Benar

Selanjutnya di bagian kiri atas adalah tempat data diri pelamar. Cukup tulis empat hal, yaitu nama lengkap, alamat domisili lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Jangan sampai lupa menulis nomor telepon dan email karena dua hal itu akan membuat HRD menghubungi kamu ketika kamu lolos seleksi berkas.

3. Tulis Alamat Perusahaan Secara Lengkap

Di dalam format penulisan selanjutnya yaitu menuliskan alamat perusahaan secara lengkap di bagian kiri bawah. Tulisannya bisa kamu ikuti seperti pada tulisan dibawah ini;

Yth. Bapak/Ibu HRD

PT Alim Rugi

Jalan Katumiri KM 20.5 RT 011 RW 10, Bandung,

bandung 152768

4. Di Tulis Tangan atau di Ketik

Nah selanjutnya, penulisan dalam amplop lamaran kerja bisa kamu menulis dengan tulis tangan atau juga di ketik, cara kedua nya bisa kamu gunakan. Karena di dalam penulisan nya tidak ada aturan yang mengharuskan. Hanya saja kamu tetap harus memperhatikan syarat yang diminta oleh perusahaan.

Namun jika perusahaan meminta untuk di tulis tangan, tentunya kamu harus mengikutinya. Dan jika tidak ada aturan atau kamu harus mengetik nya maka kamu bisa membuat tulisannya untuk di tempel di amplop lamaran kerja.

5. Pastikan Tidak Ada Typo

Yang terakhir, pastikan kamu selektif dan apik dalam menulis jangan sampai ada kata yang typo. Hal ini agar bisa menarik perhatian perusahaan, selain itu juga agar mempermudah ekspedisi mengirim surat kamu dan memudahkan perusahaan melakukan kurasi pada lamaran kerja

Contoh Tulisan di Amplop Lamaran Kerja

Setelah kita mempelajari mengenai amplop lamaran kerja, langkah selanjutnya yaitu contoh tulisan di amplop lamaran kerja. dan agar kamu langsung memahaminya maka kami akan memberikan langsung gambar tulisannya.

Dan gambar gambar ini di ambil dari artikel yang terpercaya. Seperti pada gambar dibawah ini;

1. Dari halaman cakeresume.com

Contoh Tulisan di Amplop Lamaran Kerja

2. Masih dari halaman yang sama

Contoh Tulisan di Amplop Lamaran Kerja

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai contoh tulisan di amplop lamaran kerja yang bisa media Mustakim sampaikan, semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: