Contoh Variabel Dependen Dan Independen Dan Penjelasannya

Contoh Variabel Dependen dan Independen dan Penjelasannya

Di dalam penelitian biasanya mahasiswa akan diajak untuk mengenal variabel baik variabel dependen atau pun variabel independen. Nah, bagi kamu yang masih bingung bagaimana contoh variabel dependen dan independen kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Tim Mustakim Media akan menjelaskan beberapa contoh variabel dependen dan independen serta karakteristik hingga perbedaannya simak sampai akhir ya!

Pengertian variabel Dependen dan Independen

Variabel pada dasarnya merupakan representasi dari konstruk yang dapat diukur dengan berbagai macam nilai. Adapun jenis variabel yang paling sering digunakan dalam penelitian adalah variabel dependen dan independen.

Menurut Nur Sayidah (2018) variabel dependen adalah variabel yang nilainya dipengaruhi atau tergantung dari nilai atau variabel lain. dan nilai variabel ini tergantung pada variabel independen.

Variabel dependen biasanya dinotasikan dengan simbol Y. Tetapi di dalam penelitian, notasi ini bisa di ubah dan disesuaikan dengan nama variabel yang digunakan.

Sedangkan variabel independen sebagai variabel yang nilainya dapat mempengaruhi variabel lain. variabel ini nilainya bebas dan biasanya dinotasikan dengan simbol X. Meski begitu, notasi ini dapat disesuaikan dengan nama variabel yang digunakan.

Berdasarkan pengertian di atas, terlihat bahwa variabel dependen dan independen saling berkaitan. Hal ini karena dalam penelitian, variabel dependen dapat dipengaruhi sekaligus bergantung pada variabel independen.

Konsep mudahnya, variabel dependen adalah kondisi yang ingin peneliti ukur pengetahuan sejauh mana pengaruh yang dapat disebabkan oleh variabel independen.

Jadi, dengan kata lain, variabel dependen adalah apa yang sedang diuji karena bergantung pada faktor lain, yaitu variabel independen.

Contoh Variabel Dependen dan Independen

Contoh Variabel Dependen dan Independen dan Penjelasannya

Setelah memahami pengertian dari variabel dependen dan independen agar semakin paham mari simak beberapa contoh variabel dependen dan independen berikut kami berikan 3 contoh dari masing-masing variabel.

Contoh 1

  • Judul penelitian: Misalkan judulnya Pengaruh Kualitas Good Corporate Governance terhadap kinerja perusahaan
  • Variabel dipendennya adalah Kinerja perusahaan
  • Variabel independennya adalah kualitas corvporate governance

Contoh 2

  • Judul Penelitian: hubungan antara jenis obat yang dikonsumsi terhadap tingkat kesembuhan pasien
  • Variabel dependen: tingkat kesembuhan pasien
  • Variabel independen jenis obat yang dikonsumsi

Contoh 3

  • Judul Penelitian: Pengaruh iklan terhadap peningkatan volume penjualan
  • Variabe dependennya adalah iklan
  • Variabel independennya adalah peningkatan volume penjualan

Contoh 4

  • Judul Penelitian: Gatorade dan Peningkatan Performa Atletik

Seorang peneliti kedokteran olahraga telah dipekerjakan oleh Gatorade untuk menguji pengaruh minuman olahraganya terhadap kinerja atletik. Perusahaan ingin mengklaim bahwa seorang atlet minuman Gatorade, performanya akan meningkat.

Jika mereka dapat mendukung klaim tersebut dengan data ilmiah yang kuat, itu sangat bagus untuk penjualannya.

Jadi, peneliti pergi ke universitas terdekat dan secara acak memilih atlet putra dan putri dari beberapa cabang olahraga seperti bola voli, bola basket, dan sepak bola.

Dan setiap atlet akan berlari di atas treadmill selama satu jam sambil memantau detak jantungnya. Dan semua atlet diberikan jumlah cairan yang sama untuk di konsumsi 30 menit sebelum dan selama lari.

Setengahnya lagi di beri air, namun tidak ada yang tahu diberi apa karena kedua cairan tersebut sudah diwarnai.

Nah, di contoh variabel dependen dan independennya adalah Garotade adalah variabel independennya dan detak jantung adalah variabel dipendennya.

Contoh Pertanyaan Penelitian Variabel Dependen dan Independen

Setelah memahami contoh variabel dependen dan independen kamu juga perlu mengetahui contoh pertanyaan variabel independen dan independen digunakan dalam penelitian eksperimental dan kuasi eksperimental untuk jenis contoh pertanyaan penelitiannya berikut penjelasannya:

Pertanyaan PenelitianVariabel IndependenVariabel Dependen
Apakah tumbuhan tomat tumbuh paling cepat di bawah cahaya neon, lampu pijar atau cahaya alami?Jenis cahaya tempat tanaman tomatKecepatan pertumbuhan tanaman tomat
Apa pengaruh puasa intermiten terhadap kadar gula darah?Ada tiadknya puasa intermiten gula darahKadar gula darah
Apakah ganja medis efektif untuk mengurangi rasa sait pada penderita sakit kronis?Ada atau tidanya penggunaan ganja medisFrekuensi nyeri, intensitas nyeri
Sejauh mana kerja jarak jauh meningkatkan kepuasan kerja?Jenis lingkungan kerja (jarak jauh atau dikantor)Laporan diri kepuasan kerja

Visualisasi Varibel Independen dan Dependen

Dalam penelitian kuantitatif, praktik yang baik adalah menggunakan bagan atau grafik untuk memvisualisasikan hasil penelitian. Dan umumnya variabel bebas berada pada sumbu X (horizontal) dan variabel terikat berada pada sumbu Y (Vertikal).

Jenis visualisasi yang kamu gunakan bergatung pada jenis variabel dalam pertanyaan penelitian kamu, seperti:

  • Diagram batang, diagram batang snagat ideal bila kamu memiliki variabel independen kategorikal.
  • Plot sebar atau grafik garis, ini paling baik digunakan jika variabel independen dan dependen bersifat kuantitatif

Contohnya, seperti kamu mengumpulkan data tekanan darah sebelum dan sesudah pengobatan untuk semua peserta selama jangka waktu 2 bulan.

Dan untuk memeriksa data kamu, letakkan variabel bebas tingkat pengobatan pada sumbu x dan variabel terikat tekanan darah pada sumbu y.

Dan kamu akan memplot batang untuk setiap kelompok perlakukan sebelum dan sesudah perawatan untuk menunjukkan perbedaan tekanan darah.

Dan berdasarkan hasil kamu, kamu akan mencatat bahwa kelompok plasebo dan kelompok dosis rendah menunjukan sedikit perbedaan dalam tekanan darah, sedangkan kelompok dosis tunggu menunjukkan peningkatan yang subtansial.

Perbedaan Variabel Dependen dan Independen

Nah, setelah memahami beberapa contoh di atas kita dapat memahami bahwa perbedaa dari variabel dependen dan independen adalah.

Variabel independen ini merupakan variabel bebas yaitu merupakan variabel yang dipengaruhi atau menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat).

Sedangkan dependen (variabel terikat) merupakan variabel yang dipengaruhi atau menjadi akibat karena adanya variabel bebas.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai contoh variabel dependen dan independen berikut pengertian, visualisasi dan perbedaannya.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: