Kenapa Aktivasi Shopee Paylater Ditolak? Begini Mengatasinya

Kenapa Aktivasi Shopee Paylater Ditolak

Berencana mau mencicil barang pakai paylater tapi aktivasi Shopee Paylater ditolak? Jangan cemas, kamu bisa mengenali dulu penyebab serta cara mengatasinya.

Saat ini, layanan Shopee Paylater sangat membantu kebutuhan semua masyarakat. Penggunaannya mudah, biaya admin rendah, dan tanpa kartu sehingga menjadi pilihan orang-orang yang mau beli barang secara kredit di shopee.

Apa Itu Shopee Paylater?

Shopee paylater atau Spaylater merupakan salah satu metode pembayaran beli sekarang bayar nanti yang tersedia di aplikasi Shopee. Layanan ini terjamin aman karena sudah diawasi oleh OJK, sehingga salah satu syarat penggunaannya harus aktivasi dengan KTP.

Berbeda dengan uang elektronik, Spaylater sama seperti saldo kredit namun tanpa kartu. Tenor cicilan barang yang disediakan mulai dari 30 hari, 3, 6, 12, 18, serta 24 bulan. Kamu dapat menggunakannya untuk beli barang, kuota, pulsa, bayar listrik, PDAM, serta Shopeefood.

Mengapa Aktivasi Shopee Paylater Ditolak?

Meski menawarkan kemudahan cicilan dan belanja, tak semua pengguna dapat menggunakan layanan ini. Kadang-kadang aktivasi Shopee Paylater ditolak karena beberapa alasan berikut ini.

1. Terdapat Kendala pada Data yang Diajukan

Salah satu syarat mengaktifkan fitur ini adalah memberikan data lengkap di antaranya KTP, nomor handphone, serta kontak darurat. Kamu juga harus verifikasi wajah dengan gambar yang jelas.

Kalau kamu sudah memberikan informasi secara lengkap tapi ditolak, biasanya karena pengguna masih memiliki riwayat kredit yang buruk di OJK. Selain itu, kamu tidak boleh mencantumkan kontak yang aktif bukan nomor bodong.

2. Aplikasi Belum Diperbarui

Supaya dapat menggunakan fitur Spaylater secara maksimal, kamu harus memperbarui aplikasi via App store atau Play store.

3. Akun Belum Memenuhi Kriteria

Shopee akan memberikan limit kredit senilai Rp 750.000 kepada pengguna baru. Kalau kamu melunasi tepat waktu dan nilai transaksi tinggi, limit serta keuntungan lainnya akan terus meningkat.

Bila aktivasi Shopee Paylater ditolak salah satunya bisa disebabkan karena akun kamu belum memenuhi kriteria. Fitur paylater biasanya tersedia kepada member Silver, Gold, serta Platinum. Kalau level member kamu masih Classic, tingkatkan transaksi jadi Rp 500.000 atau lebih.

4. Lokasi di Perangkat Belum Diaktifkan

Kamu wajib mengaktifkan lokasi pada perangkat supaya proses aktivasi lancar. Buka pengaturan lalu pilih GPS lalu aktifkan supaya lancar.

5. KTP atau Nomor HP Kamu Telah Digunakan Transaksi Ilegal

Penyebab Spaylater ditolak bisa juga disebabkan karena riwayat transaksi kamu kurang baik. Hati-hati jika sebelumnya pernah melakukan gestune  atau gesek tunai di berbagai aplikasi lainnya. Hal tersebut akan menyebabkan pengajuan ditolak oleh sistem.

Cara Mengatasi Aktivasi Shopee Paylater Ditolak

Untuk menerima manfaatkan Spaylater, kamu harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh aplikasi. Atasi aktivasi Shopee Paylater ditolak dengan cara berikut ini.

1. Hubungi Live Agent di Customer Service

Jika terjadi kendala akibat aplikasi error pada saat pengajuan Spaylater kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara ini.

  • Buka aplikasi lalu pilih menu “saya”
  • Klik layanan “chat dengan Shopee”
  • Setelah menampilkan menu live chat pilih menu “chat with live agent”
  • Selesaikan kendala dengan bantuan live agent

2. Hubungi Customer Service Shopee via Email

Kamu juga dapat membuat pengaduan melalui layanan help center di situs resmi Shopee. Berikut cara mengatasi aktivasi Shopee Paylater ditolak:

  • Buka halaman help center di situs resmi Shopee
  • Pilih keterangan apakah kamu pembeli, penjual, merchant, atau driver Shopeefood
  • Masukkan alamat email
  • Isi nomor hp lama dan terbaru untuk verifikasi
  • Masukkan nomor KTP/KK/SIM
  • Unggah foto selfie
  • Jelaskan masalah secara rinci
  • Unggah bukti masalah
  • Setelah selesai langsung kirim pengaduan

3. Lunasi Tunggakan di Aplikasi Lain

Untuk menghindari kredit ditolak, kamu harus melunasi semua tunggakan untuk memulihkan BI checking di OJK. Kalau sudah dilunasi, kamu bisa mengaktifkan kembali Spaylater.

Akhir Kata

Aktivasi Shopee Paylater ditolak dapat diatasi dengan mudah. Kalau sudah membuat pengaduan via aplikasi, kamu dapat mengaktifkannya kembali. Layanan dapat diaktifkan langsung via aplikasi.

Akses menu “Saya” kemudian pilih “Spaylater” lengkapi data hingga verifikasi selesai. Akun Spaylater dapat digunakan untuk semua kebutuhan dengan jangka cicilan panjang.

Artikel Menarik Lainnya: