Keuntungan Menerbitkan Buku di Gramedia Dibanding yang Lain

Keuntungan Menerbitkan Buku di Gramedia Dibandung yang Lain

Apa keuntungan menerbitkan buku di Gramedia? Dan kenapa banyak penulis yang menerbitkan karya tulis mereka di Gramedia? Ini adalah sekelumit pertanyaan yang banyak lewat di DM IG ataupun PM akun Facebook saya.

Banyak penulis pemula yang bingung tempat untuk menerbitkan bukunya. Karena Gramedia adalah penerbit yang paling populer, jadi mereka tahunya kalo mau nerbitin buku itu di Gramedia.

Padahal sebenarnya ada banyak lho penerbit buku lainnya.

Namun, ada beberapa alasan kenapa banyak penulis yang lebih memilih Gramedia untuk menerbitkan karya tulis mereka.

Beberapa alasan tersebut sudah saya bahas secara lengkap berdasarkan pengalaman dan opini saya di artikel ini.

Apa Keuntungan Menerbitkan Buku di Gramedia?

Berdasarkan pengalaman serta pemahaman saya, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memilih Gramedia untuk menerbitkan buku, di antaranya:

1. Penerbit Ternama dengan Kredibilitas Tinggi

Gramedia merupakan salah satu penerbit yang paling populer dan paling ternama di Indonesia. Gramedia sudah melahirkan banyak penulis ternama dan populer. Bahkan bicara soal penjualan para penulis top di Indonesia, banyak yang lahir dari Gramedia.

Banyaknya penulis hebat yang lahir dari Gramedia bukan tanpa alasan. Mereka memiliki kredibilitas tinggi. Layanan penerbitan paling profesional yang ada di Indonesia saat ini.

2. Memiliki Jaringan Distribusi dan Pemasaran yang Luas

Selain itu, Gramedia juga memiliki jaringan distribusi yang sangat luas. Gerai Gramedia tersebar di mana-mana di seluruh Indonesia.

Bahkan tempat mereka ini ada di lokasi yang sangat strategis. Dekat dengan jalan raya bahkan ada di mall-mall besar dengan pengunjung yang banyak. Sehingga peluang terjualnya buku yang kita terbitkan di Gramedia akan jauh lebih mudah ketimbang penerbit lainnya.

3. Tim Editor Gramedia Sangat Profesional

Mereka juga memiliki editor yang sangat profesional. Sehingga setiap buku atau karya tulis yang diterbitkan di sana, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Dengan tim editor profesional akan sangat minim terjadi kesalahan dalam penulisan teks ataupun alur ceritanya.

4. Gramedia Memiliki Digital Publishing System (DPS)

Nah, hal menarik lainnya Gramedia itu punya DPS. DPS ini merupakan sebuah portal yang bisa digunakan oleh para penulis untuk menerbitkan karya tulis mereka secara digital.

Gramedia membuka portal ini untuk memudahkan para penulis mengirim naskah dan menerbitkan karya tulisnya secara online.

Para penulis dari mana saja dan kapan saja bisa kirim naskah karya tulis mereka dalam bentuk dokumen sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberikan pihak Gramedia.

Hal ini tentu sangat membantu banget. Karena biaya penerbitan buku akan jadi lebih murah ketimbang harus kirim naskah cetak.

5. Proses Review Naskah Lebih Cepat

Bagi para penulis, hal yang paling menjengkelkan ketika menerbitkan buku itu adalah menunggu hasil review dari penerbit. Karena biasanya hal ini akan memakan waktu yang tidak sebentar.

Kerennya, Gramedia bisa melakukan proses review naskah karya tulis yang kita kirim dengan waktu yang lebih cepat. Jadi kalo misalnya ditolak, kita bisa lebih cepat melakukan perbaikan ataupun kirim ke penerbit lain.

6. Memiliki Layanan Penerbitan yang Lengkap

Gramedia juga punya layanan penerbitan yang lengkap lho. Mulai dari editing, desain sampul, hingga percetakan.

Semua yang dibutuhkan para penulis yang ingin menerbitkan buku atau karya tulis mereka akan dilayani dengan baik karena semuanya sudah tersedia.

7. Sering Ada Event dan Promo

Tidak hanya itu, hal menarik lain yang dimiliki oleh Gramedia adalah seringnya ada promo dan event yang memperkenalkan buku-buku yang mereka miliki.

Artinya, semua buku yang kita cetak di Gramedia akan di promosikan melalui event ini. Peluang buku kita dikenal banyak orang akan jauh lebih besar.

8. Memberikan Royalti yang Kompetitif dan Transparan

Kalo bicara soal keuntungan, tidak akan lepas dari royalti. Gramedia adalah salah satu penerbit yang cukup bagus soal royalti.

Selain proses pembagian royalti yang transparan, mereka juga memberikan nilai royalti yang cukup lumayan lho. Ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi kamu yang ingin menerbitkan buku.

9. Sering Memberikan Penghargaan Kepada Penulis

Hal menarik lainnya yang dimiliki oleh Gramedia adalah mereka sering kali memberikan penghargaan kepada para penulisnya. Gramedia sering kali memberikan penghargaan kepada setiap penulis yang berbakat dan punya potensi bagus.

Ini menjadi salah satu hal paling menarik yang diberikan oleh Gramedia. Karena penerbit lain masih belum ada yang memberikan hal ini.

10. Sering Kali Mengadakan Seminar Penerbitan Buku

Bagi para penulis, Gramedia juga sangat menguntungkan. Karena mereka sering kali mengadakan seminar penerbitan buku.

Sehingga para penulis bisa punya wawasan soal penerbitan karya tulis mereka.

Berapa Royalti Penulis Buku Gramedia?

Besaran royalti penulis buku yang diberikan Gramedia bervariasi dan tidak ada angka pasti. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

  • Jenis buku: Buku fiksi umumnya memiliki royalti yang lebih tinggi daripada buku non-fiksi.
  • Genre: Genre yang populer seperti romance dan young adult biasanya memiliki royalti yang lebih tinggi daripada genre yang kurang populer.
  • Kesepakatan antara penulis dan penerbit: Penulis yang terkenal dan memiliki banyak karya best-seller biasanya dapat menegosiasikan royalti yang lebih tinggi.
  • Jumlah penjualan buku: Semakin banyak buku yang terjual, semakin tinggi pula royalti yang diterima penulis.

Secara umum, royalti penulis buku di Gramedia berkisar antara 5% hingga 15% dari harga jual buku. Berikut adalah perkiraan royalti berdasarkan harga jual buku:

  • Harga jual buku Rp50.000: Royalti 5% (Rp2.500) – 15% (Rp7.500)
  • Harga jual buku Rp100.000: Royalti 5% (Rp5.000) – 15% (Rp15.000)

FAQ

Berapa lama waktu review naskah di Gramedia?

Maksimal proses review naskah di Gramedia adalah 3 bulan. Kalo saat ini proses reviewnya bisa lebih cepat.

Genre apa yang paling mudah diterbitkan di Gramedia?

Semua genre bisa. Tergantung dari originalitas dan seberapa menarik cerita yang ditulis.

Artikel Menarik Lainnya: