Konsep Dasar Akuntansi di Bidang Ekonomi

Konsep Dasar Akuntansi di Bidang Ekonomi

Pemahaman tentang konsep dasar akuntansi itu memang sangat penting buat para pelaku ekonomi. Ketika memahami dasar – dasar akuntansi tersebut, banyak hal bermanfaat yang bisa didapatkan. Jadi, kalau mau masuk ke dalam industri bisnis, kenalilah konsep dasar akuntansi.

Akuntansi memang jadi elemen penting dalam sebuah bisnis atau usaha. Setiap pebisnis atau pengusaha harus memahami konsep dasar akuntansi ini. Tak peduli pengusaha besar ataupun kecil. Berikut ini ulasan mengenai konsep dasar dari ilmu akuntansi.

Konsep Dasar Akuntansi

Memahami konsep dasar akuntansi itu memang penting. Pada dasarnya, akuntansi adalah seni pencatatan transaksi keuangan. Dalam akuntansi, seseorang bisa mencatat, meringkas, menganalisis hingga melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi yang dilakukan perusahaan.

Dalam praktek akuntansi, data keuangan memang akan diolah sedemikain rupa. Pengolahan data ini harus dilakukan dengan rinci. Mencatat pengeluaran, pemasukan dan data lainnya harus dilakukan dengan cermat agar data keuangan sebuah perusahaan bisa terlihat dengan baik.

Pada hakekatnya, akuntansi digunakan sebagai metode untuk sediakan laporan keuangan secara rinci. Segala macam transaksi yang dilakukan sebuah perusahaan bisa disajikan dalam bentuk angka. Nantinya bisa dilihat apakah sebuah perusahaan itu bonafit atau tidak.

Secara lebih jauh, akuntansi ini juga digunakan untuk mengukur tingkat kesehatan keuangan sebuah perusahaan. Perusahaan yang tak sehat bisa dilihat dari laporan keuangannya. Semuanya bisa dihasilkan dari perhitungan akuntansi yang tepat.

Mengenal Teori Akuntansi

Ada sejumlah teori akuntansi yang bisa dipelajari secara sederhana. Sejumlah teori akuntansi ini bisa diterapkan dalam proses pencatatan transaksi keuangan. Berikut ini beberapa jenis teori akuntansi dalam praktek ekonomi yang ada di dunia.

1. Teori Positif Akuntansi

Salah satu teori akuntansi yang perlu dipahami adalah teori positif akuntansi. Teori ini sangat sering diterapkan dalam aktivitas ekonomi tiap hari. Teori menjelaskan tentang bagaimana pembuat kebijakan di lembaga atau perusahaan bisa memprediksi konsekuensi ekonomis.

Pada teori ini, pelaporan keuangan ditunjukkan berbasis kebenaran pernyataan atau fakta yang ada di lapangan. Lebih lanjut, teori ini yakin bahwa fenomena empiris terpisah dari penelitian. Teori ini ingin membuat prediki yang baik dan tepat sesuai dengan kenyataan di lapangan.

2. Teori Normatif Akuntansi

Berikutnya adalah teori normatif akuntansi. Teori normatif akuntansi ini memang bisa sering diterapkan dalam banyak hal. Pada teori ini penjelasan atau penalaran merupakan tujuan utama untuk melakukan justifikasi kelayakan terhadap perlakuan akuntansi.

Teori percaya bahwa sebuah informasi akuntansi yang disajikan merupakan masukan dalam pengambilan keputusan investor dan kreditor. Banyak yang menyebut bahwa teori ini berfokus pada preskripsi norma. Pada intinya, teori ini juga akan hasilkan prediksi tentang perilaku akuntansi.

Manfaat Memahami Dasar Akuntansi

Memahami dasar – dasar dari akuntansi memang bisa memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Semua manfaat dan keuntungan itu memang bisa dirasakan secara langsung saat pencatatan transaksi. Ini dia beberapa manfaat dalam memahami dasar akuntansi.

1. Merapikan Keuangan Usaha

Salah satu manfaat utama dari memahami dasar akuntansi adalah agar bisa merapikan keuangan usaha. Dengan mengerti konsep dan dasar akuntansi, seseorang yang terjun ke dunia usaha bisa merapikan keuangannya.

2. Bisa Memahami Cara Sajikan Laporan Keuangan

Saat paham dengan dasar dan konsep akuntansi, seseorang bisa menyajikan laporan keuangan dengan baik. Penyajian laporan keuangan memang ada pakemnya. Semua pakem tersebut sudah diatur dalam ilmu akuntansi.

3. Menentukan Resiko dalam Perusahaan

Kemampuan dalam menentukan resiko dalam perusahaan juga jadi manfaat dalam memahami dasar akuntansi. Jika bisa memahami bagaimana cara membuat dan sajikan laporan keuangan berdasarkan ilmu akuntansi yang tepat, resiko bisa dilihat.

4. Dasar Membuat Kebijakan

Contoh lainnya dari manfaat dalam memahami dasar akuntansi adalah dasar membuat kebijakan. Ketika paham dengan akuntansi dan cara melaporkannya, proses dalam membuat kebijakan memang bisa dilakukan. Ini adalah manfaat dari pelajari ilmu akuntansi dasar.

5. Bisa Memahami Perubahan Ekonomi

Jika mempelajari dasar akuntansi, maka seseorang bisa memahami perubahan ekonomi dalam sebuah perusahaan atau negara. Perubahan ini memang bisa dilihat dengan sangat mudah ketika membuat laporan keuangan.

Hal yang Perlu Dipelajari dalam Ilmu Akuntansi

Dalam ilmu akuntansi itu banyak hal yang bisa dipelajari. Berbagai hal ini sebaiknya dipahami dengan baik agar proses pencatatan keuangan bisa berlangsung dengan lebih mudah. Ini dia beberapa hal yang perlu dipelajari dalam ilmu akuntansi.

1. Membedakan Pendapatan dan Pengeluaran

Hal penting yang perlu dipelajari dalam ilmu akuntansi adalah membedakan pendapatan dan pengeluaran. Dalam laporan keuangan itu memang akan selalu ada informasi mengenai kedua hal tersebut.

Dalam laporan keuangan pengeluaran dan pendapatan akan jadi fokus utama. Hal itu bisa dijelaskan dengan baik pada laporan akuntansi yang dibuat oleh para akuntan.

2. Perpajakan

Hal lainnya yang juga perlu dipelajari dari akuntansai adalah perpajakan. Ilmu perpajakan memang penting untuk dipahami oleh para akuntan. Sebab, besaran pajak ikut mempengaruhi laporan keuangan.

Perlu pemahaman mengenai jenis – jenis pajak yang ada di Indonesia. Mulai dari pajak pendapatan hingga pajak yang objeknya adalah benda mati. Perpajakan ini jadi hal yang krusial dalam akuntansi.

3. Penentuan Laba

Penentuan labar dari sebuah perusahaan juga menjadi hal yang perlu dipelajari dengan baik. Dengan proses penentuan laba yang sangat tepat dan sesuai, pelaporan keuangan akan berlangsung dengan amat rapi.

Dalam perusahaan, laba memang jadi hal yang krusial. Bahkan, laporan keuangan itu difokuskan untuk melihat seberapa besar laba yang akan diperoleh perusahaan atau entitas bisnis.

4. Analisis Keuangan

Hal yang juga perlu dipelajari dalam ilmu akuntansi adalah analisis keuangan. Pemahaman tentang analisis keuangan memang jadi hal yang wajib dipelajari dengan baik. Analisa keuangan yang tepat memang berperan penting dalam ilmu ekonomi.

Untuk itu, perhatikan bagaimana caranya melakukan analisis terhadap laporan keuangan. Melalui proses analisis keuangan yang tepat, pelaporan keuangan berdasarkan teori akuntansi akan lancar.

5. Pengauditan

Hal yang juga bisa dipelajari pengauditan. Jika paham dengan dasar ilmu akuntansi, proses audit bisa dilakukan dengan mudah. Sudah ada tata cara dalam proses audit keuangan yang dijelaskan sesuai dengan studi ilmu ekonomi.

Proses audit memang jadi salah satu bagian penting dalam ilmu akuntansi. Salah satu tugas dari akuntan memang melakukan pengauditan terhadap laporan keuangan dari perusahaan atau entitas bisnis.

Kesimpulan

Demikian tadi ulasan tentang konsep dasar dari ilmu akuntansi. Ketika memahami dan mengetahui konsep dasar dari ilmu akuntansi, para pegiat bisnis bisa lebih mudah dalam mengatur keuangan sekaligus mengembangkan usahanya ke arah yang lebih baik lagi.

Ilmu akuntansi memang jadi sesuatu yang fundamental dalam aktivitas dan kegiatan bisnis. Maka dari itu, ada baiknya para pebisnis dan pengusaha memahami dasar – dasar akuntansi biar bisnis yang dijalankannya lebih berkembang dan maju.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: