Laptop Lenovo Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Laptop Lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa disebabkan beberapa hal. Meski begitu, jangan panik ketika mendapati ada masalah pada laptop Lenovo. Sebelum ke tempat servis, kamu dapat mengatasi hal ini dengan langkah sederhana.

Bagi yang belum paham cara mengatasi laptop Lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, simak informasi selengkapnya.

Pemicu Laptop Lenovo Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip

Ada sejumlah pemicu yang menyebabkan laptop tidak bisa nyala tapi lampu indikator menyala. Berikut ini daftar penyebabnya:

1. Laptop Mengalami Overheating

Penggunaan berlebihan tanpa dimatikan dapat menyebabkan perangkat mengalami overheating. Jika hal ini menyebabkan black screen pada perangkat, maka atasi dengan mematikan perangkat dan sering restart.

2. Perlu Update Windows

Sistem operasi windows harus diperbarui supaya lebih stabil serta menghapus sejumlah cache maupun virus di laptop. Jika kamu jarang memperbarui sistem operasi windows, risiko perangkat terkena virus dan malware semakin tinggi.

Bila perangkat perlu update windows biasanya ditandai dengan laptop Lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

3. Baterai Harus Diganti

Masalah lainnya terletak pada baterai, jika komponen yang satu ini sudah rusak sebaiknya segera diganti agar dapat diatasi.

4. Komponen Hardware Kotor

Pemicu lainnya bisa karena komponen perangkat kotor terutama pada bagian RAM, Fan, VGA, maupun sistem lainnya. Bersihkan komponen bagian dalam supaya tidak terjadi black screen saat perangkat dinyalakan.

5. Beberapa Driver sudah Usang

Ada beberapa driver yang perlu diperbarui sehingga terjadi masalah black screen. Periksa hal tersebut melalui Device Manager.

Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hidup

Gangguan laptop Lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dapat diatasi dengan sangat mudah. Kamu bisa gunakan cara sederhana hingga membawanya ke tempat servis untuk memperbaikinya.

Berikut ini beberapa langkah untuk mengatasi laptop Lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

1. Gunakan Tombol Power dan Shift+F8

Ketika laptop nyala tapi layar hitam coba tekan tombol power selama 5 atau 8 detik. Setelah laptop berhasil dimatikan, tekan dan tahan tombol shift serta F8. Dalam posisi masih menekan shift+F8 tekan tombol power.

Ketika laptop sudah menyala, baru lepaskan tombol shift+F8. Jika sudah berhasil mengatasi black screen pada perangkat, maka cara tersebut sudah berhasil. Akan tetapi, kalau masalah ini belum berhasil sebaiknya bawa perangkat ke tempat perbaikan.

2. Update Windows

Gangguan laptop Lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dapat diatasi dengan pembaruan windows. Ini bisa dicoba kalau kamu menggunakan sistem operasi windows 10.

Langkah memperbarui windows sangat mudah, masuk ke menu start, pengaturan, perbarui & keamanan, pembaruan windows, dan periksa pembaruan. Tunggu hingga proses update selesai agar bisa menggunakan laptop Lenovo dengan stabil.

3. Kembalikan Laptop Nyala Tapi Layar Hitam dengan Tombol

Cara mengatasi laptop Lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup yang lainnya bisa menggunakan tombol kombinasi. Langkah ini mungkin saja belum diketahui banyak orang, kalau kamu pengguna Lenovo dan mengalami masalah ini cukup tekan tombol Shift+Ctrl+B.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Jika cara-cara sebelumnya belum bisa mengatasi laptop Lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, coba atasi dengan cara ini.

1. Cabut Kabel Periferal dari Perangkat

Ketika ada masalah laptop nyala tapi layar hitam jangan panik dulu, coba lepaskan beberapa kabel periferal yang terhubung. Kalau kamu menghubungkan laptop ke printer atau hard disk eksternal lepaskan semuanya.

2. Lakukan Hard Reset pada Perangkat

Cara lainnya untuk mengatasi laptop Lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup adalah melepaskan baterai. Saat melakukan ini, pastikan laptop kamu tidak sedang terhubung ke charger.

Setelah itu, lepaskan baterai pada perangkat lalu biarkan laptop selama 30 detik. Setelah itu tekan tombol power hingga 60 detik lalu pasang kembali baterai pada tempatnya. Nyalakan laptop dan pastikan proses booting stabil.

3. Update Graphics Driver

Atasi laptop Lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dengan memperbarui graphics driver. Sebelum memulai prosesnya kamu harus mengaktifkan safe mode terlebih dahulu.

  • Setelah laptop menyala silakan tekan F8
  • Kalau opsi Advanced Boot Options sudah muncul pilih “Safe Mode with Networking” lalu enter
  • Berikutnya tekan windows+R, jika kotak dialog muncul ketik “Devmgmt.msc” lalu tekan enter
  • Setelah itu, masuk ke device manager dan pilih menu “Display Adapters”
  • Klik kanan pada graphics card lalu klik properties
  • Setelah muncul beberapa tab, pilih “driver” kemudian “update driver”
  • Kalau sudah dialihkan ke “Search Automatically for Updated Driver Software” klik opsi tersebut
  • Biarkan laptop download dan memperbarui graphics driver

4. Matikan Fast Start-Up

Fast Start Up mungkin sangat berguna untuk meningkatkan kecepatan proses boot. Akan tetapi, hal ini bisa saja menyebabkan black screen pada perangkat. Kamu bisa mengatasi ini dengan mematikan fast start up.

  • Tekan keyboard windows+R kemudian ketik “Powercfg.cpl”
  • Jika power option terbuka klik pada menu “Choose what the power button do”
  • Kemudian klik “change setting that are currently unavailable”
  • Hapus centang pada bagian “turn on fast start up”
  • Klik pada opsi “save changes” lalu tutup pengaturan

FAQ: Pertanyaan Seputar Laptop Lenovo Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Lenovo tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup?

Kamu bisa coba force shutdown, kembalikan layar, update windows, atau datang ke tempat servis untuk memeriksa kondisi LCD.

Apakah Laptop Lenovo tidak Bisa Nyala Disebabkan oleh Kerusakan Hard Disk?

Hal itu bisa saja terjadi dan harus segera diperbaiki, tanda-tandanya laptop tetap tidak stabil meski sudah di restart.

Artikel Menarik Lainnya: