Memahami Dan Mengenal Ketukan Dalam Musik

Memahami dan Mengenal Ketukan dalam Musik

Memahami dan Mengenal Ketukan dalam Musik

Mengenal ketukan dalam musik itu penting bagi penyanyi, konduktor hingga pemain alat musik. Dalam orkestrasi musik, pemahaman tentang ketukan di sebuah lagu memang cukup krusial. Karenanya, pemahaman tentang dasar – dasar ketukan itu harus dikuasai dengan baik.

Jumlah ketukan dalam tiap lagu memang berbeda – beda. Setiap ketukan itu bisa mengarahkan para pemusik dengan baik. Itulah kenapa pengetahuan tentang ketukan dalam musik itu penting. Berikut ini beberapa ulasan serta penjelasan tentnag ketukan dalam seni musik.

Memahami Konsep Ketukan dalam Dunia Musik

Ketukan adalah salah satu bagian penting dalam dunia musik. Berbagai lagu punya ketukan yang akan jadi pedoman buat para pemusik. Ketukan akan berisikan informasi mengenai panjang pendeknya sebuah nada pada lagu.

Ketukan dalam lagu memiliki nilai yang berbeda – beda. Ada ketukan yang punya nilai setengah, seperempat dan ketukan satu penuh. Definisi dari ketukan seperempat dan setengah tersebut digambarkan dalam bentuk not balok. Setiap ketukan memang punya nilai yang berbeda.

Perbedaan ini jadi hal yang lumrah karena tiap lagu mempunyai ciri khas masing – masing. Dengan ketukan yang tepat, lagu bisa disajikan dengan indah dan sesuai dengan nada yang ada. Itulah salah satu kegunaan dari keterangan ketukan dalam musik.

Dalam mempelajari ketukan, seseorang juga perlu mengetahui apa itu birama dan tempo. Ketiganya adalah bagian penting dalam sebuah nada pembentuk lagu. Saat ketiga hal itu dipelajari, seseorang bisa memahami cara bermain musik dengan baik.

Pada intinya, ketukan adalah bagian yang tak bisa lepaskan dari pertunjukkan musik. Pelajaran dan ilmu tentang bagaimana ketukan memang wajib dipahami kalau ingin jadi pemusik yang handal. Sehingga, buat yang mau serius berkarir di dunia musik, pahami seluk beluk tentang ketukan.

Jenis Ketukan dalam Dunia Musik

Mengenali jenis ketuka dalam dunia musik juga amat penting. Ada beberapa jenis ketukan yang bisa dipelajari untuk bisa memahami konsep dari ketukan dalam musik. Berikut ini beberapa jenis ketukan yang ada dalam dunia musik.

1. Ketukan 4/4

Salah saut ketukan yang paling sering muncul di dunia musik adalah 4/4. Ini adalah salah satu ketukan yang paling sering digunakan pada berbagai lagu. Ketukan ini mempunyai empat hitungan dan tiap hitungan bernilai seperempat nada.

Di Indonesia banyak lagu yang memakai ketukan 4/4. Contohnya adalah lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selain itu ada lagu Bintang Kecil, Kupu – kupu, hingga Padamu Negeri. Ketukan 4/4 memang paling dominan dalam berbagai lagu di Indonesia.

2. Ketukan 3/4

Berikutnya adalah jenis ketukan 3/4 yang memiliki tiga hitungan dan masing – masing not mempunyai nilai seperempat. Tanda ketuka 3/4 ini juga sering dipakai dalam berbagai lagu atau tembang populer yang ada di Indonesia.

Contoh lagu yang memakai ketuka 3/4 antara lain adalah Pelangi – Pelangi dan Rasa Sayange. Keduanya adalah contoh dari lagu yang menggunakan sistem ketukan 3/4. Ketukan 3/4 itu mempunya ciri khusus yang berbeda dengan yang lain.

3. Ketukan 6/8

Selanjutnya adalah ketuka 6/8 yang merupakan notasi yang bermaksa enam ketukan dalam satu hitungan. Sama seperti lainnya, tiap ketukan dalam 6/8 mempunyai nilai seperempat not. Ketukan ini cukup langka karena memiliki irama yang khusus.

Ketukan ini bisa ditemui di sejumlah lagu populer yang ada di Indonesia. Contohnya seperti Naik Naik ke Puncak Gunung, Desaku yang Kucinta, Bungaku hingga Di Timur Matahari.

4. Ketukan 2/4

Terakhir ada jenis ketuka musik 2/4. Ini adalah jenis ketukan memiliki nilai dua not seperempat. Di Indonesia tak banyak yang menggunakan ketukan 2/4 ini. Kebanyakan lagu Indonesia merapkan ketukan 4/4.

Contoh lagu yang memakai ketukan 4/4 adalah Ampar – Ampar Pisang yang merupakan ciptaaan dari Hamiedan AC. Ada pula lagu Cik Cik Periuk dari Kalimantan Barat. Lagu – lagu tersebut memiliki ketukan 2/4 yang amat ikonik.

Manfaat dari Memahami Ketukan dalam Dunia Musik

Ketukan dalam dunia musik itu bisa dipelajari dengan mudah. Buat yang mempelajari sistematika dengan tepat, akan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari memahami ketukan dalam dunia musik.

1. Bisa Paham Cara Main Aneka Alat Musik

Salah satu manfaat terbesar dari memahami ketukan dalam dunia musik adalah bisa paham caranya main aneka alat musik. Segala macam alat musik seperti drum, bass, gitar, piano hingga terompet akan bisa lebih mudah dikuasai dengan pahami apa itu ketukan.

Berbagai alat musik yang berbasis ketukan bisa dipelajari dengan lebih mudah. Ini adalah keuntungan jika mau mempelajari ketukan dengan baik.

2. Bisa Bernyanyi dengan Tepat

Buat para penyanyi, memahami konsep ketukan juga penting. Penyanyi akan lebih mudah melantukan sebuah lagu ketika paham dengan konsep ketukan. Kemampuan bernyanyi akan lebih bisa terasah dengan pahami ketukan dalam dunia musik.

Proses bernyanyi bakal berjalan dengan lebih lancar kalau konsep ketukan dipelajari secara cermat. Menyanyi kadang memang membutuhkan panduan dan pedoman. Salah satu pedomannya adalah ketukan.

3. Paham Mengatur Tempo

Memahami konsep ketukan juga akan membuat seseorang bisa paham dengan tempo. Ketika paham dengan proses mengatur tempo secara baik, proses main alat musik ataupun bernyanyi akan lebih rapi. Inilah fungsi utama dari memahami ketukan dalam dunia musik.

Tempo memang jadi bagian penting dalam dunia seni musik. Maka dari itu, pengetahuan tentang ketukan akan memudahkan seseorang dalam mempelajari tempo dalam musik.

4. Bisa Cepat Ahli dalam Mainkan Alat Musik Pukul

Ketahui pula kalau mempelajari bagaimana ketukan itu juga bisa membuat seorang bisa cepat ahli dalam memainkan alat musik pukul. Misalnya seperti drum yang notabene adalah alat musik pukul paling populer.

Seseorang yang ingin pintar bermain drum memang harus memahami seluk beluk tentang ketukan. Proses bermain drum akan jadi lebih mudah ketika seseorang memahami konsep ketukan dalam seni musik.

5. Bisa Mengetahui Kesalahan Hanya Dari Suara

Telinga juga lebih sensitive dengan kesalahan saat dengarkan suara penyanyi ketika pelajari konsep ketukan. Pengetahuan tentang suara fals atau tidak memang jadi kemampuan unik yang bisa dipelajari dengan mudah.

Seseorang yang belajar sistem ketukan dengan baik pasti bisa mudah temukan kesalahan dari sajian musik. Ini tentunya jadi hal yang sangat spesial dalam seni musik.

Kesimpulan

Demikianlah tadi ulasan serta penjelasan tentang ketukan dalam seni musik. Ketukan dalam musik memang jadi bagian yang penting dalam orkestrasi musik. Karenanya, selalu pahamilah seluk beluk tentang ketukan, birama, hingga nada dalam seni musik pertunjukkan.

Kombinasi pengetahuan tentang tempo, birama dan ketukan memang penting sekali dipelajari oleh mereka yang ingin serius dalam dunia musik. Jadi, cobalah pahami apa itu ketukan dalam dunia musik biar bisa lebih ahli dalam seni tersebut.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: