Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Ada beberapa cara untuk mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Masalah black screen ketika laptop dinyalakan pasti pernah dialami sejumlah pengguna laptop. Hal ini disebabkan oleh masalah ringan seperti kesalahan BIOS hingga kerusakan hardware.

Bagi yang mencari cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, kamu harus mengenal dulu pemicunya. Setelah itu, simak cara mengatasi masalah tersebut agar tidak terulang lagi.

Kenapa Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup?

Ada beberapa hal yang biasanya memicu laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup simak daftar lengkapnya.

1. Terdapat Kerusakan pada Layar Laptop

Penyebab yang pertama adalah adanya kerusakan pada LCD, hal ini pasti saja menyebabkan black screen saat dinyalakan. Masalah ini serius dan tidak dapat diperbaiki sendiri jadi harus mencari servis center sesuai merek perangkat.

2. Baterai Perangkat Sudah Rusak

Pemicu lainnya karena baterai yang rusak, meski banyak yang mempertahankan perangkat dengan baterai bocor tapi kondisi ini tidak boleh dibiarkan. Kalau terus-terusan menghubungkan laptop dengan pengisi daya bisa menyebabkan black screen.

3. Hard Disk Sudah Rusak

Kerusakan pada perangkat hard disk bisa menyebabkan laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Hal ini dapat disebabkan karena laptop terbentur atau terlalu banyak debu di bagian komponen.

4. RAM sudah Penuh dan Kotor

Ketika komponen RAM kotor hal itu bisa menyebabkan black screen. Selain itu, kalau RAM sudah penuh kinerja perangkat pasti terganggu.

5. Ada Kerusakan pada Prosesor

Prosesor merupakan salah satu bagian paling penting di dalam laptop. Jika sudah ada masalah laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup coba periksa prosesor untuk memastikannya.

6. Terjadi Kerusakan pada Komponen Kipas

Laptop sering overheating, nge-freeze, hingga tidak bisa nyala padahal lampu indikator menyala salah satunya disebabkan oleh komponen kipas. Jika kipas berdebu atau rusak, masalah ini pasti terjadi dan memerlukan perbaikan.

Cara Menyalakan Laptop yang tidak Mau Menyala

Sebenarnya gangguan laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dapat diatasi tanpa harus ke tempat servis. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk mengembalikan layar laptop seperti semula.

1. Matikan Perangkat

Ketika masalah ini terjadi, kamu tidak akan bisa memulai program apa pun. Langsung tekan tombol power untuk mematikan perangkat. Setelah mematikan paksa, coba aktifkan lagi dengan menekan tombol power.

Jika masalahnya ringan, biasanya error black screen dapat teratasi dengan mudah. Tapi kalau belum menyala dengan normal seperti sebelum-sebelumnya, sebaiknya periksa perangkat ke tempat servis untuk menganalisis masalah lain.

2. Restart Laptop

Laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa diatasi dengan cara restart perangkat. Caranya sangat mudah cukup tekan tombol Ctrl+Alt+Delete. Ketika menemukan ikon tombol power langsung pilih restart.

3. Lakukan Install Ulang

Laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup juga bisa diatasi dengan cara melakukan install ulang perangkat. Kalau penyebabnya akibat kesalahan install ulang, hal ini dapat mengatasi permasalahan yang terjadi.

4. Jangan Lupa Mengaktifkan Safe Mode pada Laptop

Mengaktifkan safe mode pada perangkat cukup berguna untuk mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Cara masuk ke safe mode sangat mudah berikut panduan lengkapnya:

  • Tekan dan tahan tombol power selama 10 menit untuk mematikan perangkat
  • Setelah itu, nyalakan laptop dengan tombol power
  • Ketika boot sudah muncul, matikan lagi laptop dengan menekan tombol power selama 10 detik
  • Setelah itu, nyalakan ulang perangkat
  • Selanjutnya izinkan proses booting perangkat lalu klik “Advanced”
  • Berikutnya buka Windows Recovery Environment
  • Pilih menu Troubleshoot dan masuk ke Advance Option dan buka Startup Setting
  • Pilih restart untuk memulai ulang perangkat, ketika sudah menyala tekan f5 agar masuk ke safe mode

Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Sama Sekali

Apabila laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup tak bisa diatasi dengan sederhana coba atasi lagi dengan cara-cara berikut.

1. Cek Kondisi Layar Laptop

Untuk mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup coba minta profesional untuk memeriksa kondisi layar laptop. Apabila terjadi kerusakan, kamu bisa menggantinya atau memperbaikinya tergantung kondisi.

2. Lepaskan Baterai

Untuk laptop dengan baterai yang dapat dilepaskan, coba lepaskan baterai untuk mengatasi hal tersebut. Apabila baterai sudah rusak, ganti dengan yang baru supaya tidak terjadi gangguan lagi.

3. Gunakan Hard Disk Baru

Cara lainnya untuk mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup adalah mengganti hard disk dengan yang baru. Kerusakan pada hard disk dapat menyebabkan dampak yang serius sehingga perlu ditangani dengan sangat baik.

4. Ganti RAM

Sesuaikan perangkat laptop dengan RAM yang baru, kalau masalah laptop black screen akibat RAM coba perbaiki terlebih dahulu.

FAQ: Pertanyaan Seputar Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Berapa Biaya Service Laptop yang tidak Mau Menyala?

Biayanya tergantung jenis kerusakan pada komponen, tapi untuk memperbaiki perangkat sebaiknya siapkan modal minimal 1 jutaan. Kalau masalah ringan akibat charger rusak biasanya cukup dengan biaya 500 ribuan.

Berapa Lama Proses Memperbaiki Laptop yang tidak Menyala?

Prosesnya bisa mulai dari 2 jam atau lebih, hal itu diukur dari kerusakan pada perangkat. Kamu harus mendatangi servis center terpercaya untuk menghindari penipuan.

Bagaimana Cara Cepat Mengatasi Laptop yang Tidak Mau Menyala?

Lakukan restart pada perangkat, install ulang, atau masuk ke safe mode untuk mengatasinya. Cara-cara tersebut dapat dilakukan sendiri, kalau tidak ada kerusakan serius perangkat bisa normal kembali.

Artikel Menarik Lainnya: