Pengertian Rule Of Law Menurut Para Ahli: Tujuan dan Contohnya

Pengertian Rule Of Law Menurut Para Ahli

Pengertian rule of law adalah prinsip hukum yang menjamin adanya supremasi hukum dalam suatu negara. Nah, ini adalah pengertian secara singkatnya saja dan masih ada pengertian yang lainnya.

Bagi kamu yang penasaran kamu bisa simak pengertian rule of law menurut para ahli, tujuan, prinsip hingga contohnya pada artikel ini sampai selesai.

Pengertian Rule Of Law

Dunia ini memerlukan peraturan atau hal yang diatur agar tidak melewati batas dan dapat di control agar tetap terjaga keadaannya. Bila tidak ada hukum dan aturan maka dunia akan hancur dengan sendirinya.

Rule of law adalah suatu hukum yang telah muncul sejak abad ke 19. Bersama kelahiran negara konstitusi dan juga negara demokrasi. Lalu hukum ini lahir dan kemudian seiring berjalan dengan pertumbuhan demokrasi dan munculnya peranan parlemen atau senat.

Meningkat peranan dalam upaya penyelenggaraan negara dan juga sebagai reaksi terhadap negara yang bersikap absolute yang sebelumnya itu telah berkembang dengan baik.

Hukum ini adalah merupakan suatu konsep common law atau juga civil law yang dapat membuat seluruh lapisan yang ada di dalam masyarakat.

Serta dari lembaga yang memang mengedepankan supremasi hukum yang dilandasi dengan prinsip keadilan dan juga egalitarian.

Jadi, rule of law ini adalah prinsip hukum yang menjamin adanya supremisi hukum dalam suatu negara. Dan konsep ini menekankan bahwa negara harus tunduk pada hukum dan tidak boleh berkuasa di luar batas hukum.

Rule of law juga menjamin perlakukan yang adil bagi seluruh masyarakat, baik dalam hubungan antar warga negara maupun dalam hubungan dengan pemerintah.

Pengertian rule of law dapat menjadi arti formal dan materiil. Dalam arti formal merujuk pada “kekuasaan umum yang terorganisir” atau kekuasaan negara yang diatur dengan baik. sedangkan dalam arti materiil rule of law membahas tentang hukum yang adil

Secara formal, diartikan sebagai kekuasaan umum yang terorganisasi, sementara secara hakiki, rule of law terkait dengan penegakan hukum dan penilaian terhadap hukum yang adil.

Pengertian Rule Of Law Menurut Para Ahli

Nah, jika kamu telah mengetahui pengertian rule of law menurut para ahli selanjutnya mari kita bahas apa saja pengertian rule of law menurut para ahli dan berikut merupakan beberapa pengertiannya adalah:

1. Menurut T.D Weldon

Suatu negara yang menganut rule of law bukan hanya memiliki sistem peradilan yang sempurna secara teoritis, tetapi juga tergantung pada kenyataan apakah rakyatnya benar-benar merasakan keadilan dalam perlakukan.

Baik dari sesama warganegara maupun pemerintahnya. Prinsip ini pada dasarnya menggambarkan bagaimana sistem hukum beroperasi dalam negara demokrasi.

2. Menurut Fiedman 1959

Hukum ini dibagi menjadi dua bagian yaitu formal dan hakiki.

  • Pengertian formal yaitu sebagai kekuasaan umum yang terorganisasi contohnya adalah negara
  • Pengertian hakiki yaitu sebagai penegakkan menyangkut ukuran hukum yang baik dan buruk

Dan hukum ini berkaitan dengan keadilan dan karenanya maka hukum ini harus dapat menjamin keadaan masyarakat luas

Tujuan Rule Of Law

Nah, setelah kamu memahami pengertian rule of law menurut para ahli maupun secara umum, selanjutnya mari kita bahas beberapa tujuan dari rule of law, diantaranya adalah:

  • Pertama untuk mempertahankan perlakukan adil untuk semua individu dalam masyarakat
  • Selanjutnya untuk mencegah pemerintah dan pejabat publik dari penyalahgunaan kekuasaan
  • Selain itu, untuk melindungi kebebasan individu dalam berpendapat, beragam, berbicara, dan bergerak
  • Kemudian menciptakan lingkungan hukum yang stabil dan dapat diandalkan untuk mengurangi konflik
  • Kemudian mendukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan perlindungan bagi hak miliki dan kontrak
  • Memastikan perlindungan hak asasi manusia, termasuk hak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil
  • Mendorong keasadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum
  • Memastikan bahwa negara berada di bawah hukum dan tidak di atas hukum
  • Membantu menghindari konflik sosial dengan menciptakan kerangka hukum yang jelas
  • Dan menjadi landasan bagi pemerintah yang baik, transparan, dan akun tabel

Nah, itulah beberapa tujuan dari adalah rule of law tentunya memiliki banyak tujuan penting bagi kesatuan bangsa negara RI tercinta ini. selanjutnya mari kita bahas apa saja prinsip rule of law yang perlu kamu ketahui.

Prinsip Rule Of Law

Prinsip-prinsip rule of law dalam penyelenggaraan pemerintah sangat terkait dengan penegakan hukum dan implementasi prinsip-prinsip hukum. Keberhasilan penegakan hukum ini bergantung pada karakteristik nasional masing masing negara.

Rule of law adalah institusi sosial dengan struktur sosiologis yang unik, mencerminkan budaya, dan mengandung gagasan tentang hubungan antara individu, masyarakat dan negara.

Secara kuantitatif, banyak peraturan yang terka itu dengan prinsip hukum telah diterbitkan di Indonesia. Namun, implementasinya belum mencapai hasil optimal, sehingga rasa keadilan yang menjadi perwujudan prinsip hukum belum dirasakan oleh sebagian besar masyarakat.

Secara formal tercantum dalam pasal-pasal UUD 1945 dan berikut merupakan prinsip dari rule of law, diantaranya adalah:

  • Negara Indonesia adalah negara hukum yang mana termaktub pada (pasal 1 ayat (3))
  • Kekuasaan kehakiman adalah kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan (pasal 24 ayat 1)
  • Segala warga Negara memiliki kedudukan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan, dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tersebut (pasal 27 ayat 1)
  • Selanjutnya Hak Asasi Manusia, pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil diatur oleh undang-undang (pasal 28 D ayat 1)
  • Setiap orang berhak untuk bekerja dan mendapat imbalan serta perlakukan yang adil dan layak dalam hubungan kerja (pasal 28 D ayat 2)

Itulah beberapa prinsip rule of law yang perlu kamu ketahui selanjutnya mari kita bahasa apa saja contoh dari rule of law yang terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Contoh Rule Of Law dalam Penyelenggaraannya di Indonesia

Selain mengetahui pengertian Rule of law menurut para ahli kamu juga perlu mengetahui apa saja contoh dari rule of law di Indonesia. Dan berikut beberapa contohnya, diantaranya adalah:

  • Pengadilan di Indonesia harus menjalankan fungsi mereka secara independen tanpa intervensi dari pihak eksekutif atau legislatif
  • Pemerintah Indonesia harus memastikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat melalui kebijakan bantuan sosial dan peningkatan akses pendidikan dan kesehatan
  • Indonesia memiliki undang-undang dan instrumen hukum untuk melindungi hak asasi manusia
  • Lembaga seperti KPK dibentuk untuk mengawasi dan menindak tindakan korupsi
  • Hukum properti memberikan perlindungan hak kepemilikan
  • Warga negara memiliki hak untuk membentuk organisasi sipil sesuai hukum

FAQ| Pertanyaan Seputar Rule Of Law Menurut Para Ahli

Siapa pencetus rule of law?

Konsep rule of law ini dikembangkan dari pemikiran AV Dicey.

Bagaimana konsep rule of law di Indonesia?

Indonesia ini menerapkan rule of law untuk mendorong penegakan hukum tidak hanya menjamin hak secara formal melainkan menjamin keadilan dalam kenyataan hidup setiap orang.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: