Ini Dia Perbedaan Antara Sejarah dengan Ilmu Sosial

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Ilmu sejarah dan ilmu sosial sebetulnya terbilang mirip karena sama-sama mempelajari tindakan manusia dalam kehidupan bersosial dan berbudaya. Namun, apa sih perbedaan antara sejarah dengan Ilmu Sosial?

Nah, untuk mempelajari lebih lanjut kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena Tim Mustakim Media akan menjelaskan apa yang menjadi perbedaan dari sejarah dan ilmu sosial secara lengkap. Simak ya!

Pengertian Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial

Sebelum membahas mengenai perbedaan antara sejarah dengan ilmu sosial berikut pahami dulu apa pengertian dari ilmu sejarah dan ilmu sosial

1. Pengertian Ilmu Sejarah

Jadi, ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian.

Dan bertujuan untuk kemudian menilai secara kritis seluruh penelitian tersebut untuk selanjutnya dijadikan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

Konsep sejarah sebagai suatu peristiwa, membawa gambaran tentang suatu pengalaman masa lampau yang tidak dapat dikaji dan dipahami hari ini, untuk memprediksi kejadian-kejadian sekarang dan akan datang.

2. Pengertian Ilmu Sosial

Sedangkan ilmu sosial adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan lingkungannya atau interaksi manusia dengan individu lainnya, manusia dengan kelompoknya atau kelompok dengan kelompok lainnya.

Dan interaksi manusia dengan lainnya akan terjalin komunikasi sehingga manusia dapat saling mengenal satu dengan lainnya. Selain itu, manusia juga dapat menolong sesama berkat interaksi tersebut hingga terjalin hubungan yang harmonis.

Dan ada beberapa jenis-jenis ilmu sosial yang perlu kamu ketahui dan ilmu sosial ini sebenarnya induk dari beberapa ilmu pengetahuan yang diajarkan baik itu di sekolah maupun di universitas berikut beberapa jenis dari ilmu sosial, diantaranya adalah:

  • Ilmu Antropologi
  • Ilmu sosiologi
  • Ilmu komunikasi
  • Ilmu ekonomi
  • Ilmu pendidikan
  • Ilmu Geografi
  • Ilmu Sejarah
  • Ilmu Politik
  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Psikologi Sosial

Perbedaan Antara Sejarah dengan Ilmu Sosial dalam Pembelajaran

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa sejarah tidak bisa berdiri tanpa ilmu sosial. Walaupun keduanya berbeda, tapi keduanya saling melengkapi dan saling berkaitan.

Perbedaan antara sejarah dan ilmu sosial yaitu ilmu sejarah merupakan bidang ilmu yang membahas mengenai masa lampau khususnya yang terkait dengan kehidupan manusia. Untuk lebih jelasnya berikut ada 3 perbedaan sejarah dengan ilmu sosial dalam pembelajaran diantaranya yaitu:

  • Sejarah berhubungan dengan peristiwa yang sekali terjadi dan unik, terikat dengan konteks ruang dan waktu (ideografhic). Adapun ilmu sosial berusaha mencari hukum umum (general laws), terjadi berulang, lepas dari konteks waktu dan tempat (nomothetics).
  • Perbedaan selanjutnya bhawa sejarah bersifat diakronik, yaitu memanjang dalam waktu, sedangkan ilmu sosial itu sinkronik yakni melebar dalam ruang.
  • Ilmu sejarah merupakan bidang ilmu yang membahas masa lampau, khususnya yang terkait dengan kehidupan manusia, sedangkan ilmu sosial mencakup sosiologi, antropologi, psikologi, ekonomi, geografi, sosial politik dan sejarah.

Jadi, sejarah dan ilmu sosial merupakan dua hal yang beda tetapi saling berhubungan. Untuk menjelaskan fakta, sejarah memerlukan ilmu-ilmu sosial untuk mengetahui mengapa dan bagaimana peristiwa itu dapat terjadi.

Apabila sekadar menampilkan fakta tanpa “Sentuhan” ilmu sosial akan berupa deretan kata-kata yang tidak menarik dibaca dan terasa kering.

Dan perlu diingat pula, perbedaan ilmu sejarah dengan ilmu sosial yakni ilmu sejarah merupakan bidang ilmu yang membahas masa lampau, khususnya yang terkait dengan kehidupan manusia. Semoga bermanfaat!

Jika di atas tadi merupakan perbedaan antara sejarah dan ilmu sosial dalam pembelajarannya sekarang kita bahas apa saja perbedaan antara sejarah dan ilmu sosial secara mendasarnya.

Perbedaan Antara Sejarah dengan Ilmu Sosial Secara Mendasar

Perbedaan antara ilmu sejarah dan ilmu sosial adalah tentang ilmu masa lalu. Sedangkan, ilmu sosial tidak hanya berfokus pada masa lalu, dengan kata lain lebih dinamis. Ada beberapa perbedaan mendasar di antara biang ilmu sejarah dan sosial tersebut.

Ilmu sejarah dan ilmu sosial adalah dua bidang yang berfokus pada aspek manusia dan masyarakat. keduanya sama-sama mengamati fenomena sosial, meskipun fokusnya sedikit berbeda.

Ada beberapa perbedaan antara cabang ilmu sejarah dan ilmu sosial yang penting untuk dipahami. Meskipun begitu, keduanya berkontribusi pada pemahaman kita tentang manusia, masyarakat, dan perubahan sosial.

Keduanya juga sering bekerja sama dan saling melengkapi dalam penelitian dan pemahaman ilmiah. Dan berikut beberapa perbedaan antara ilmu sejarah dan ilmu sosial, yaitu:

1. Fokus Studi

Perbedaan yang paling utama adalah pada fokus studinya. Dalam studinya, perbedaan ilmu sejarah dengan ilmu sosial yaitu ilmu sejarah mempelajari tentang masa lalu. Sementara.

Sedangkan ilmu sosial fokus studinya adalah tingkah laku manusia dan mempelajari manusia sebagai anggota masyarakat.

2. Metode Penelitian

Ilmu sejarah ini cenerung menggunakan metode historis dengan mengandalkan interprestasi sumber-sumber sejarah, seperti dokumen, artefak, dan catatan. Sementara ilmu sosial menggunakan metode penelitian yang lebih beragam termasuk survei, eksperimen, wawancara, dan analisis statistik.

3. Tujuan Penelitian

Selain itu perbedaan dari tujuan penelitian dimana tujuan dari ilmu sejarah adalah untuk merekontruksi peristiwa masa lalu, memahami perubahan sejarah. Selain itu, juga untuk mengeksplorasi pengaruhnya terhadap perkembangan sosial saat ini.

Sedangkan, ilmu sosial bertujuan untuk memahami dan menjelaskan fenomena sosial yang ada di dalam masyarakat serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku dan interaksi manusia.

4. Konteks Penerapan

Hasil dari ilmu sejarah juga cenderung berkontribusi pada pemahaman tentang sejarah, pengembangan penelitian akademik, dan pemahaman kita tentang masa lalu.

Sedangkan sebaliknya, hasil dari ilmu sosial lebih sering berkontribusi pada kebijakan publik, pengembangan program sosial, dan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku manusia dalam konteks sosial saat ini.

Jadi, demikianlah penjelasan mengenai perbedaan ilmu sejarah dengan ilmu sosial. Jika ilmu sosial mempelajari fenomena sosial yang terjadi pada masa lalu dan ilmu sejarah mempelajari tentang masa lalu.

Hubungan Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial

Sosiologi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari manusia dan masyarakat mulai dari interaksi hingga konflik sosial yang mungkin terjadi. Dalam praktiknya ilmu sosial ini tidak bisa berdiri sendiri.

Karena sebagai ilmu sosial, sosiologi membutuhkan ilmu penunjang salah satunya ilmu sejarah. Sosiolodi ada hubungannya dengan ilmu sejarah sebab sosiologi juga mempelajari peristiwa sebagai bagian dari proses kemasyarakatan.

Dan proses tersebut muncul akibat hubungan antar manusia dalam situasi serta kondisi yang berbeda. Jadi, apa hubungan ilmu sosiologi dan ilmu sejarah?

Jika diperhatikan sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa di masa lampau sedangkan sosial merupakan ilmu yang mengkaji sosial manusia.

Hubungan sejarah dengan sosiologi atau ilmu sosial adalah keduanya sama-sama mempelajari fenomena atau peristiwa yang berkaitan dengan masyarakat. hanya saja sudut pandangnya berbeda sejarah menggunakan konsep lampau.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara sejarah dengan ilmu sosial jadi baik ilmu sejarah atau ilmu sosial ini sama-sama memiliki hubungan yang saling menunjang dan mempelajari atau mengkaji sosial manusia hanya perbedaan sejarah masa lampau dan sosial masa kini.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: